Manfaat yang Perlu Diketahui dari Portal Login Wi-Fi

July 22, 2016

Bagi banyak perusahaan dan organisasi yang menawarkan “guest wireless access”, memiliki portal log in wifi dapat memainkan peran utama dalam strategi mobilitas secara keseluruhan, tidak hanya untuk alasan keamanan jaringan, tetapi untuk banyak manfaat yang  kurang diketahui.

Log-in halaman yang Anda lihat ketika Anda mencoba untuk mengakses jaringan Wi-Fi yang disediakan di hotel, rumah sakit, sekolah, kafe, restoran atau pusat-pusat bisnis. poral log-in wifi adalah halaman web yang digunakan oleh pengguna dari jaringan Wi-Fi.

 

 

 

 

 

Hal ini dapat berbentuk sistem log-in dengan pre-assigned menggunakan User ID dan password atau dengan cara yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan nomor kamar (yaitu hotel, rumah sakit dll) untuk mengakses jaringan.

Fitur lain yang umum ditemukan dengan sebagian besar portal log-in wifi adalah menerima kebijakan penggunaan atau AUP, kebijakan ini mendorong pengguna untuk menerimanya kebijakan tersebut sebelum mereka dapat terhubung.

Berikut adalah 5 manfaat yang kurang dikenal dalam guest wifi:

  • Separating Traffic

Memungkinkan untuk separation dan segregation dari guest traffic. Ini memiliki banyak manfaat keamanan termasuk menjaga pengguna yang tidak dipercaya melalui kebijakan network access control.

Sebagai pengunjung tamu akan memiliki ACL yang berbeda berdasarkan kebijakan keamanan perusahaan, mereka akan memiliki akses terbatas di dalam jaringan perusahaan. Ini akan memberikan pengguna yang tepat dalam jumlah yang tepat dari akses tergantung pada apa yang mereka butuhkan atau apa yang yang telah tersedia.

  • Data Collection

Portal ini menyediakan data accounting berdasarkan waktu, tanggal dan pengguna. Ini adalah fitur standar dalam guest access. Future access untuk log akan memfasilitasi administrator untuk mengetahui pengguna serta apa yang mereka lakukan dalam jaringan tersebut. Dengan ini, anda dapat melakukan pengumpulan data, yang dapat Anda gunakan sebagai keperluan bisnis.

Selain standar data poin yang disebutkan di atas, banyak juga portal log-in wifi menggunakan social log-in sebagai cara lain untuk mengumpulkan data yang berguna dari pelanggan mereka. Dengan mengunakan sosial media untuk masuk ke jaringan Wi-Fi seperti Facebook, Twitter, LinkedIn atau bahkan Google Plus.

Menggunakan jenis otentikasi seperti ini tidak hanya meningkatkan keakraban dengan customer atau memudahkan penggunaan data tersebut tetapi juga menyediakan bisnis dengan banyak data sosial di luar kolom formulir standar (yaitu nama, jenis kelamin, email dll).

Hal ini dapat sangat membantu dalam menambahkan lebih banyak konteks data-base serta untuk membuat lebih terhadap pengalaman bagi pengguna berdasarkan pada kesadaran yang lebih baik dari target audiance anda.

  • Marketing Brand Awareness

Landing page akan berfungsi sebagai sarana untuk mengidentifikasi brand Anda yang dapat digunakan untuk meningkatkan marketing message. Perusahaan dapat mengambil keuntungan dari potensi yang hampir tak terbatas yang mampu untuk meningkatkan brand awareness dengan memanfaatkan kemampuan tersebut.

Misalnya, Anda dapat memiliki waktu injection advertising, yang memastikan bahwa pengguna akhir melakukan tindakan yang diinginkan atau melihat kata iklan untuk waktu tertentu sebelum diizinkan untuk melihat layar lain.

Portal ini juga dapat menampilkan logo perusahaan, memberikan penawaran eksklusif, dan permintaan untuk link ke akun media sosial perusahaan Anda. Namun, penting untuk selalu mengingat tujuan utama dari portal log-in, tidak hanya untuk melihat tentang iklan yang akan ditawarkan, sehingga selalu menjaga pengalaman pengguna agar dapat memberikan pelayanan yang baik dengan iklan yang sederhana dan tidak bersifat “Spam”.

  • Protect From Lawsuits

Menyediakan layanan internet gratis tidak berarti bahwa Anda selalu menyediakan layanan internet yang aman. Sebuah Accepted Usage Policy (AUP) digunakan untuk memastikan bahwa pengguna memahami hal itu.

AUP akan berisi pernyataan yang akan menguraikan kondisi pengguna harus menyetujui sebelum mereka diberikan akses ke jaringan Wi-Fi. Hal ini membantu mengurangi risiko perusahaan dari beberapa kewajiban jika pengguna akhir adalah pelaku atau korban dari kegiatan ilegal pada jaringan wifi Anda.

  • Bandwidth Throttling

Beberapa pengguna jaringan public wireless gratis dapat berulang kali terhubung, menggunakan jaringan secara hampir terus menerus untuk memonopoli bandwidth kegiatan seperti men-download musik, video, atau file besar lainnya.

pemrograman tambahan di portal log-in ini dapat meminimalkan kegiatan dengan mengendalikan kecepatan download, membatasi ukuran file yang dapat didownload, membatasi jumlah download yang dapat terjadi dalam satu sesi, atau memblokir koneksi ke web situs yang biasa digunakan untuk men-download file besar.

Hal ini disebut bandwidth throttling atau traffic shaping yang dapat menghemat banyak kuota.

 

 

 

Sumber : https://www.securedgenetworks.com/blog/5-lesser-known-benefits-captive-portals-offer-your-guest-wi-fi-network

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia