Pentingnya Captive Portal untuk Wireless Guest Access

August 1, 2016

Pernahkah anda melakukan login melalui jaringan publik wi-fi yang biasanya berada ditempat umum seperti cafe maupun restoran. Jika ia, pasti anda pernah melihat halaman log yang biasa dikenal sebagai “captive Portal Page”. Ini merupakan halaman web standar yang sudah digunakan oleh banyak public place dan guess public untuk mengakses internet yang disediakan. Dengan cara mengklik log pada proses ini maka akan sangat mudah dapat melakukan akses internet tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyediakan wireless guess access secara gratis, karena banyak usaha kecil yang memberikan wireless tersebut secara gratis tanpa menggunakan solusi captive portal.

 

 

Penggunaan Captive Portal dapat memiliki banyak konsekuensi negatif bagi pengguna akhir pada tempat bisnis Anda. Dari masalah hukum, untuk bottom-line, menerapkan captive portal akan menjadi bagian integral dari strategi bisnis secara keseluruhan.

Berikut tiga alasan penting jaringan nirkabel tamu Anda perlu menyertakan captive portal.

  • Diperlukan halaman untuk mengidentifikasi Bisnis dan Jaringan Wi-Fi anda.

Pengguna tidak terhubung ke jaringan hacker:

Salah satu cara termudah hacker mencuri data adalah dengan menyamar sebagai jaringan nirkabel yang sah. Cara yang digunakan hecker ialah dengan mengambil data atau informasi pengguna akhir pada saat pengguna tersebut log in pada jaringan.

Jadi, jika bisnis Anda adalah sebuah kedai kopi atau bahkan rumah sakit yang menyediakan guess Wi-Fi accsess bagi pelanggan, maka dibutuhkan identifikasi jaringan secara benar untuk pengguna akhir.

 

Take Credit:

Dengan meminta mereka untuk terhubung dengan Anda di Facebook atau twitter. Ini semua adalah hal yang fantastis untuk bisnis dan benar-benar dapat membuat biaya guest wifi network dapat berharga.

  • Melindungi bisnis Anda dari yang digugat

Identitas atau Pencurian Kartu Kredit:

Kemungkinannya adalah Anda menyediakan “open guest access” yang berarti Anda tidak memberikan otentikasi pengguna dan enkripsi data. Maksudnya, informasi pengguna yang mengirimkan data melalui jaringan Wi-Fi tidak aman.

Anda harus meminta user untuk memeriksa kotak yang mengatakan mereka memahami bahwa Anda tidak bertanggung jawab jika mereka melakukan sesuatu seperti mengirim informasi kartu kredit mereka ke situs web “spam”.

 

Jika tamu Anda atau pelanggan melakukan sesuatu yang ilegal:

Kenyataannya adalah, bahwa ketika Anda membeli akses internet dari operator, mereka in-turn memberikan Alamat IP. Alamat IP bekerja seperti alamat fisik untuk mengidentifikasi lokasi di mana ada sesuatu yang terjadi.

Jika seseorang membajak musik atau film dari jaringan anda, maka perusahaan yang bersangkutan akan mencari anda untuk menuntut tampilan “Source IP”, yang berarti mereka memiliki potensi untuk melacak ke lokasi Anda.

Sebuah portal Captive memungkinkan Anda menyertakan aturan Anda ke dalam hal kebijakan penggunaan, dan memaksa tamu Anda untuk menerimanya.

Yang akan membantu Anda membatasi tanggung jawab Anda untuk semua itu hal-hal buruk yang disebutkan di atas.

  • Menggunakan data untuk meningkatkan pengalaman pengguna

Captive portal tidak hanya dapat memberikan Anda dan pelanggan Anda dalam memberikan pengalaman nirkabel yang aman dan menyenangkan, mereka juga dapat menyediakan data berharga yang kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan produk untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membiarkan tamu Anda untuk menggunakan login sosial mereka di captive portal Anda untuk mendapatkan akses ke jaringan Anda. Dalam pertukaran untuk opsi ini tamu Anda akan otorisasi Anda untuk memiliki akses ke berbagai titik data sosial.

Misalnya, jika seseorang menggunakan log captive portal Anda dalam menggunakan akun Facebook mereka, Anda bisa memiliki izin untuk mengumpulkan informasi seperti, usia, tanggal lahir, apa kepentingan mereka dll. Dengan informasi ini Anda dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal, berdasarkan informasi yang sebenarnya.

 

 

 

 

Sumber : http://www.securedgenetworks.com/blog/Why-is-a-captive-portal-important-for-wireless-guest-access

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia