Cara untuk “Engage Your Customer”

August 23, 2016

Dalam meningkatkan kepuasan dan kesenangan pelanggan merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh setiap bisnis usaha untuk lebih meningkatkan dan memperluas pangsa pasar. Dari pengalaman akan kepuasan pelanggan dapat membantu dalam meningkatkan penjualan yang dilakukan oleh pelanggan sendiri, misalnya pelanggan tersebut akan memberikan informasi terkait produk dan secara tidak langsung membantu anda dalam memasarkan produk anda.

Namun, tampaknya bahwa banyak bisnis yang membuat kesalahan dengan menutup penjualan dan kemudian melupakan pelanggan yang sudah ada. Sehingga mereka harus membuat upaya lagi untuk tetap berhubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

 

 

 

Berikut adalah lima tips sederhana yang dapat membantu dalam mengikat hubungan dengan pelanggan yang ada:

  1. Be Sociable Online

Apakah Anda memanfaatkan kekuatan internet untuk mengikat hubungan dengan pelanggan yang berada di rumah menggunakan smartphone? media sosial memudahkan untuk mengembangkan koneksi secara menyatu dengan mudah. Maka coba cara berikut untuk bersikap ramah dengan pelanggan:

 

Mendengarkan – Memantau percakapan terjadi di online, terutama pada profil media sosial Anda dan menggunakannya riset pasar bebas.

 

Buat Komunikasi Dua Arah – Komentar atau postingan yang update dari orang lain untuk menunjukkan bahwa ada seseorang yang berada di balik profil perusahaan.

 

Alamat Ulasan Negatif – Berusaha untuk mengkonversi hecklers menjadi penggemar. Hal ini sederhana ini dapat menawarkan sebuah permintaan maaf atau menemukan solusi baru untuk masalah.

 

2. Give Customer a Say

 

Dengan memberikan memberikan pelanggan untuk menyampaikan pendapatnya maka anda bukan hanya bisnis tetapi lebih kepada bisnis yang dapat mendengarkan dan mengambil tindakan dari pendapat pelanggan yang dikatakan. Berikut adalah dua tips bagaimana untuk memberikan kebebasan pelanggan dalam menyampaikan pendapatnya:

 

Biarkan Pelanggan Anda Desain Produk Anda – Gunakan survei, pendapat online atau email untuk meminta pendapat tentang apa yang harus dimasukkan sebagai fitur produk baru. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui apa yang pelanggan butuhkan.

 

Ambil Pre-order – Masukan sebuah situs pendaftaran bagi mereka yang ingin pre-order produk yang sedang dikembangkan.

 

3. Create Contests and Giveaways

 

Kontes d apat menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan semua kemampuan produk baru.

Hadiah lebih kearah promosi produk dan siapa saja bisa menjadi bagian untuk mendapatkannya. Berikut adalah beberapa contoh dari kontes dan hadiah yang menarik:

 

Social Media Kontes – ini dapat dilakukan secara online di Facebook, Instagram, atau situs media sosial lainnya. Dengan memberikan poin yang dilihat dari line atau komentar, berbagi, dan sejenisnya.

 

Talent Kontes – Jenis kontes juga mensyaratkan bahwa peserta menciptakan sesuatu, seperti foto atau video, yang menunjukkan cara-cara kreatif untuk menggunakan produk Anda. Memberikan poin untuk tagging dan berbagi.

 

Easy Giveaways – Jika Anda mencoba untuk melibatkan orang sebanyak mungkin dalam keterlibatan pelanggan, maka tidak ada yang mengalahkan giveaway sederhana. Dapat dengan memberikan kupon diskon untuk semua orang yang mendaftar alamat email mereka, baik melalui formulir online atau di toko. Anda kemudian dapat menggunakan alamat email yang didapat untuk mengirim update dan promosi produk.

 

4. Reward Loyalty

 

Biasanya apabila ada sebuah member maka akan ada fasilitas yang lebih yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Hal ini dilakukan untuk mendorong pelanggan untuk menjadi bagian dari sebuah kelompok eksklusif. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

 

Buat Loyalty Card – ini cukup mudah dilakukan dengan banyak bisnis online yang menawarkan layanan untuk melacak loyalitas poin pada kartu member. Anda dapat menawarkan fasilitas untuk volume pembeli berdasarkan sistem poin. Semakin banyak mereka membeli, semakin banyak poin yang mereka peroleh, dan akhirnya akan semakin banyak keuntungan yang diperoleh.

 

Mempublikasikan Konten Eksklusif untuk Members Only – Jika Anda ingin menciptakan loyalitas pada daftar email, pastikan email Anda berisi informasi yang tidak tersedia di situs web. Coba dengan mengirimkan hasil dari studi kasus atau promosi kupon khusus yang hanya untuk pelanggan newsletter Anda.

 

Reward Fans Anda Terbesar – akan ada beberapa suara yang akan memberikan informasi lebih dibandingkan orang banyak lainnya. Pastikan untuk menjangkau mereka secara pribadi dan menghargai mereka atas kesetiaan mereka. Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan berterima kasih kepada mereka secara terbuka.

 

5. Build Community

 

Penting untuk membangun sebuah komunitas brand yang akan menumbuhkan rasa memiliki. Berikut adalah beberapa ide bagaimana melakukannya:

 

Buat Membership Site – Memiliki situs keanggotaan tidak hanya akan membantu Anda membangun sebuah komunitas, tetapi juga akan membentuk cara mudah untuk menghargai loyalitas. Anda dapat mempublikasikan informasi ada dan hanya anggota yang dapat melihat, mengomentari dan berbagi.

 

Host Online Events – acara online seperti webinar adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pelanggan yang ada. Mereka pergi jauh dalam mencapai khalayak luas dan pada saat yang sama mempertahankan sentuhan pribadi sebagai peserta yang dapat berkomunikasi dengan host melalui chatting.

 

Hadiri Acara Offline – Jika Anda memutuskan untuk tidak berurusan dengan biaya penyelenggaraan acara, bisnis Anda masih bisa membuat penampilan di acara-acara lokal atau industri. Setelah Anda berada di sana, pastikan untuk berbaur dengan pelanggan dan mempromosikan semua saluran bisnis yang ingin dipromosikan mulai dari lokasi, website bisnis resmi dan profil jaringan sosial.

 

 

 

 

 

Sumber : http://www.contextualstrategygroup.com/5-simple-ways-to-engage-your-customers/

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia