Customer Engagement Marketing

March 6, 2017

Strategi pemasaran telah bergeser selama bertahun-tahun dari pemasaran massal ke pemasaran yang ditargetkan sebagai salah satu cara dari Customer Engagement Marketing (CEM), proses dari CEM sendiri merupakan proses menciptakan dan memberikan pesan tepat waktu kepada prospek dan pelanggan.

 

 

 

Namun sebagian besar dari brand besar saat ini masih bekerja dengan strategi “carpet bombing” prospek dengan satu pesan. Namun beberapa telah menggunakan cara marketing yang lebih modern dengan menargetkan prospek dan pelanggan berdasarkan parameter yang sangat luas (misalnya, menikah atau belum menikah), namun strategi tersebut, lebih baik digunakan pada pemasaran massal yang sederhana. Bahkan, segmentasi, konten personalisasi, rekomendasi, dan masuknya database yang dikustom pada email dapat mendorong konversi 360% lebih tinggi dari pesan email generik secara personal.

 

Berikut adalah 5 tips efektif mulai transisi dalam upaya pemasaran untuk melakukan Customer Engagement Marketing

  • Pendekatan Personal

Untuk mengkonversi seseorang yang mungkin membeli dalam satu waktu namun memiliki kesan yang berharga, loyal, dan berlangganan untuk membuat message stream terikat personalisasi pembeli untuk lebih spesifik dalam rangka menciptakan respons emosional yang mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

  • Mengetahui Apa Yang Dinginkan Pembeli

Untuk memahami apa yang pembeli Anda inginkan, pertama Anda harus melihat perilaku mereka, bukan hanya melihat dari data demografi saja. Anda harus tau, Bagaimana mereka berinteraksi dengan brand Anda? Apa topik atau produk yang mereka gunakan?. Anda bahkan dapat mengambil data perilaku utama ini dengan menggunakan jasa pihak ketiga ke dalamnya, menciptakan lebih dalam data personal dari masing-masing kelompok pembeli. Dengan mengelola pengalaman pelanggan untuk memahami isu-isu yang mendorong perilaku pembeli yang berbeda, Anda dapat menyampaikan pesan tertentu, gambar dan mengambil tindakan yang menghasilkan keuntungan tertinggi.

  • Mengoperasikan Integrasi Layanan Strategi Multichannel Customer Service

Pasar saat ini mencari customer engagement marketing – sebuah proses yang terintegrasi yang menggabungkan unsur tradisional dari pemasaran dan kontak pelanggan pusat secara langsung, termasuk analisis data, manajemen kampanye, e-commerce dan pemenuhan, untuk memberikan interaksi pelanggan yang relevan, personal dan tepat waktu di semua saluran. Tujuannya adalah untuk menciptakan one to one pengalaman pelanggan di setiap titik sentuh, dengan setiap komunikasi tunggal secara mulus.

  • Memajukan personalisasi menggunakan Data

Personas pembeli dan pesan dikembangkan dengan analisis data yang ditingkatkan dengan menggunakan sumber-sumber internal dan eksternal, menambahkan data perilaku dengan demografi tradisional untuk lebih erat mendefinisikan “siapa Anda.” Anda tidak hanya menikah. Anda sudah menikah dengan anak-anak dari usia tertentu; tinggal di daerah tertentu negara; dan memiliki pembelian tertentu dan perilaku online secara detail.

  • Membangun Pelanggan Setia Dengan One to One Percakapan

Dengan customer engagement marketing, teknik pemasaran personalisasi digunakan untuk memaksimalkan hasil, dan memungkinkan Anda untuk mengubah orang baru menjadi orang lama dan menjadi pelanggan setia. Yang penting adalah untuk mendapatkan ratusan komunikasi setiap hari dan untuk membuat serta menyampaikan pesan yang tepat secara personal, relevan, nyaman dan ditindaklanjuti.

 

 

 

 

 

Sumber : Customer Engagement Marketing: A New Strategy for Today’s Economy

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia