Lima Hal yang Harus Kamu Perhatikan dalam Bisnis Coffee Shop

April 15, 2017

Saat ini bisnis coffee shop adalah salah satu bisnis yang paling diminati oleh sebagian kalangan. Selain karena bisnis ini cukup menjanjikan, hampir setiap orang yang tinggal di daerah perkotaan pasti pernah mengunjungi coffee shop.

 

Biasanya yang mereka lakukan adalah bekerja, berkumpul dengan teman-teman sejawat atau bahkan hanya sekedar menghabiskan waktu luang.

 

 

 

Banyaknya coffee shop tentu saja menuntut kreatifitas dan kejelian pemilik untuk dapat memberikan “sentuhan” pada bisnis coffee shop yang dimilikinya agar banyak dikunjungi dan membuat orang datang kembali.

 

Berikut adalah 5 hal yang yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis coffee shop, yaitu:

  • Kualitas Kopi

Tentu saja dalam bisnis coffee shop yang paling utama adalah kualitas secangkir kopinya. Bagi para penggemar kopi, mereka pasti rela mengantri atau bahkan menempuh perjalanan jauh demi secangkir kopi yang mereka idamkan.

 

Untuk pemilihan biji kopi sendiri, setiap pemilik coffee shop memiliki strateginya sendiri. Hal ini juga dapat dijadikan pembeda untuk setiap coffee shop yang akan membuat bisnis mereka memiliki ciri khasnya tersendiri.

 

  • Keramahan dan pengetahuan staff

Barista lebih dari sekedar pembuat kopi. Barista dan staff merupakan cermin dan wajah dari sebuah coffee shop. Barista yang baik harus dapat mengenali para pelanggan dan tau bagaimana karakter kopi yang diinginkan oleh setiap pelanggan.

 

Banyak pelanggan yang senang datang kembali ke sebuah coffrr shop hanya untuk ngobrol atau berdiskusi dengan para barista. Selain membuat kopi, barista juga harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada para pelanggan.

 

  • Harga dan Varian Menu

Setiap coffee shop, walaupun pada dasarnya menjual barang yang sama, yaitu kopi, harus tetap memiliki segmen target yang akan disasar. Karena hal ini akan menentukan untuk kisaran harga yang akan dipatok.

 

Kisaran harga tersebut juga berhubungan dengan varian menu yang dapat diciptakan oleh para barista. Membuat menu-menu khusus setiap bulannya juga dapat menarik pelanggan untuk datang. Manu dan program bulanan akan lebih menarik untuk pelanggan baru, dimana pelanggan lama biasanya sudah memiliki menu andalan mereka.

 

  • Lokasi

Walopun orang akan rela berburu kopi walaupun lokasinya jauh, namun memilih lokasi yang lebih strategis dan dekat dengan lokasi keseharian para pelanggan tentu akan memberikan dampak yang jauh lebih baik.

 

Selain itu, pemilik bisnis juga perlu memperhatikan akses transportasi dan area parkir bagi para pengunjung. Jangan sampai, mereka yang sudah rela datang jauh-jauh namun harus gigit jari mengetahui lokasi parkir yang tidak memungkinkan bagi mereka untuk memarkir kendaraannya.

 

  • Wifi yang kenceng

Yang satu ini jangan sampai ketinggalan. Password wifi adalah hal pertama yang akan mereka tanyakan setelah mereka memesan kopi mereka.

 

Selain untuk bersoasilisasi banyak juga para pekerja yang melakukan pekerjaannya di coffee shop. Jadi, buat mereka nyaman dengan akses wifi yang mudah dan kenceng.

 

Sukses!

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia