Belajar dari Strategi Digital Marketing dan Inovasi Airbnb

September 7, 2017

Airbnb merupakan marketplace untuk beriklan, mencari, dan memesan tempat akomodasi diseluruh dunia untuk waktu singkat. Akomodasi yang dimaksud termasuk apartement, villa, rumah, atau bahkan hunian mewah untuk pengalam traveling yang berbeda. Airbnb menyediakan akomodasi yang murah dan nyaman bagi para traveller yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya budget si traveller. Hal ini membuat Airbnb menjadi lebih unggul dan disukai oleh traveller jika dibandingkan dengan hotel atau hostel konvensional yang juga sudah ada dimana-mana. Perusahaan yang bermarkasa di San Francisco, California, Airbnb sekarang telah memiliki lebih dari dua juta listing dari 34 ribu lebih kota, 190 lebih negara diseluruh dunia, dan terus tumbuh, dan sudah menerima lebih dari 60 juta tamu hingga saat ini.

 

Airbnb sedang berencana untuk melanjutkan kekuatannya di kancah international, dengan membuat kota-kota yang ada menjadi lebih mudah dijangkau oleh layanan Airbnb, sehingga makin banyak traveller yang mengunjungi lokasi tersebut dan warga lokal yang menyewakan fasilitasnya akan memperoleh penghasilan tambahan.

 

 

Dibalik kesuksesan Airbnb seperti sekarang ini, tentu terdapat strategi-strategi jitu yang dilakukan perusahaan tersebut, salah satunya adalah strategi digital marketing. Airbnb teridiri dari dua komponen utama, yaitu host dan traveller. Tujuan strategi marketing yang dilakukan untuk menggaet semaksimal mungkin orang-orang diseluruh dunia untuk bergabung mejadi host atau pun traveller. Berikut, startegi-stragegi digital marketing cerdas yang dilakukan oleh Airbnb:
 

 

Craiglist Integration

 

Craiglist, situs untuk iklan baris, telah digunakan orang-orang untuk menawarkan dan mencari tempat tinggal untuk waktu singkat. Airbnb memutuskan untuk mengintegrasikan dengan Craiglist. Kapanpun seseorang memasang iklan di Airbnb, mereka akan dapat memilih untuk membuat postingan di Craiglist secara otomatis. Hal ini meningkatkan peluang si pengiklan untuk mendapatkan penyewa, dan juga menambah traffic Airbnb.

 

 

Google Display Network Partnership

 

Airbnb memutuskan untuk membuat iklan yang mereka tawarkan lebih menarik secara visual, untuk menarik pelanggan. Mereka berkolaborasi dengan Google dan berinvestasi pada Google Search Ads. Hal ini membantu Airbnb meningkatkan iklan mereka dari kurang dari 10ribu sampi 80ribu. Mereka membuat banner ad campaign yang berisi gambar nyata dari kamar dan apartemen yang diiklankan. Hal ini pun membantu mereka meraih perhatian  masyarakat international yang sebelumnya cukup susah.

 

Airbnb terus menggunakan digital marketing tools to ekspansi basis customer mereka. Perusahaan ini menekankan pada membangun relasi pada para host yang beriklan. Perusahaan menciptakan konten-konten yang relevan tentang suatu lokasi atau kota, dengan berkolaborasi dengan host lokal.

 

 

Social Media Marketing

 

Airbnb adalah pengguna aktif diseluruh situs sosial media populer, seperti Facebook. Airbnb sudah memperoleh sekitar 3 juta likes. Marketing team mereka, secara rutin memposting foto dan video dari iklan-iklan yang unik, dan menarik para traveller untuk berkunjung ke tempat tersebut. Mereka memposting konten-konten yang relevan, contohnya pada saat World Earth Day, mereka membaginakan video inspirasi untuk mengajak semua orang menjaga sumber daya alam. Hampir semua postingan yang dibagikan menarik dan atraktif. Baru-baru ini Airbnb mengiklankan apartemen dengan tema Teenage Mutant Ninja Turtles atau Kura-kura Ninja, di Tribeca, New York. Tempat ini merupakan tempat favorit para remaja untuk mengadakan pesta, demain hampir selalu sold out.

 

 

Blog

 

‘Blog.airbnb.com’ adalah sebuah gudangnya informasi untuk para traveller. Pada bagian Local Lens di blog tersebut, didedikasikan khusus untuk orang-orang yang ingin membagikan cerita pengalaman pribadi mereka. Terdapat postingan-postingan  yang berisi fotografi, ulasan suatu kota dan keunikan budayanya, must-visit dan must-dos pada setia kota. Ada juga postingan yang berupa “30 hal terbaik yang dapat dilakukan disetiap kota”.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia