Strategi Marketing dalam Memanfaatkan Batasan 280 Karakter Twitter

January 12, 2018

YouGov, sebuah perusahaan riset pasar dan analisis data yang berbasis di London, mensurvei pengguna Twitter bulan lalu dan mengetahui bahwa mereka terbagi atas keputusan Twitter untuk mengubah batas karakter tweets 140 menjadi 280. Twitter, raksasa media sosial berbasis di San Francisco, dari 1.200 pengguna Twitter yang telah menggunakan jejaring sosial di bulan tersebut menyusul perubahan karakter Twitter, 38 persen mengatakan kepada YouGov bahwa mereka menyukai tweet menjadi 280 karakter sementara 32 persen mengatakan bahwa mereka merindukan kembalinya 140 karakter. 30 persen lainnya mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak tahu.

Kami berhasil menanyai beberapa marketer dan pemimpin media sosial untuk mendengarkan pemikiran mereka tentang bagaimana perubahan tersebut telah mempengaruhi strategi dan tweet mereka.

 

 

Remaining 'Snappy and Pithy'

 

Charney Weiss, direktur media sosial di agen Dailey yang berpusat di Los Angeles, mengatakan kepada CMSWire bahwa ketika Twitter menawarkan 140 karakter, tujuannya adalah menjadi "tajam dan bernas." Bersihkan salinannya, katanya, hanya menjadi pesan utama dan pilihan kata penting, sambil tetap menyertakan semua tag dan tautan yang diperlukan. "Kecuali dilarang oleh klien kami, kami sangat lunak dalam memanfaatkan singkatan atau bahasa sehari-hari yang terkenal untuk menghemat ruang karakter yang berharga. Tujuan utama kami adalah membuat tweet yang ringkas dan mudah dipahami, namun tetap menangkap minat pembaca," katanya. .

 

Sekarang dengan 280? Weiss dan timnya telah mempertahankan strategi asli untuk tetap "tajam dan bernas" tapi juga memanfaatkan kemewahan tertentu yang diberikan dengan karakter tambahan. Misalnya, mereka sekarang dapat menempatkan kepentingan yang lebih tinggi untuk menjadi benar secara tata bahasa, serupa dengan strategi penulisan tulisan tangan untuk posting di saluran media sosial lainnya. "Kami sekarang menyimpan singkatan atau bahasa sehari-hari untuk merek tertentu, bukan hanya untuk menghemat ruang," kata Weiss.

 

 

Little KPI Difference

 

Hasil pasca penerapan 280 tidak menunjukkan sesuatu yang dramatis bagi Weiss. Dailey sebagai perusahaan telah memperhatikan hasil dalam hal mengurangi waktu pengeditan dan stres, bukan kinerja tweet terukur. "Kami telah melihat perbedaan yang sangat kecil dalam hasil KPI di akun Twitter manapun yang kami kelola sejak update. Namun, copywriter dan manajer media sosial kami telah menyatakan bahwa mereka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menyalahgunakan satu atau dua karakter untuk menyampaikan pesan tersebut," katanya.

 

 

How Impactful has the Character Change Been?

 

Beberapa tim pemasaran telah menemukan peningkatan karakter dengan sedikit dampak pada strategi Twitter mereka yang ada. Lynn Sladowski, mitra senior dan direktur senior di Wavemaker, mengatakan kepada CYPWire's Dom Nicastro bahwa kunci utama strategi Twitter-nya adalah menemukan saat-saat di mana pesan sebuah brand "benar-benar sesuai dengan ciri khas yang sesuai dengan platform"

 

Meningkatkan jumlah karakter menjadi 280 belum banyak mengubah bagaimana dia menggunakan platform (Twitter). "Jumlah karakter adalah format yang kreatif yang membantu kami menceritakan sebuah brand, namun hal tersebut tidak memengaruhi pada keputusan kami tentang  bagaimana kami menggunakan platform tersebut," kata Sladowski.

 

Brands, Sladowski menambahkan, telah lama dengan kreatif mengatasi batas 140 karakter dengan citra atau tweet-threading untuk berbagi gagasan lebih besar. Perubahan ke 280 hanya akan menciptakan hal yang lebih mudah dalam menggunakan Twitter.

 

 

More Hashtags, the Merrier

 

Joshua Feinberg, wakil presiden dan salah satu pendiri SP Home Run Inc., mengatakan timnya telah menjalankan tes untuk menggunakan karakter Twitter tambahan untuk hashtag tambahan. Selain hanya melihat judul artikel dan subjudul untuk gagasan hashtag saat mereka berbagi konten, tim sekarang akan melihat beberapa paragraf pertama. Atau, mungkin, bahkan seluruh artikel jika artikel tersebut relatif singkat. Ini akan membantu mereka mengambil ide 5 samapi 15 hashtag lainnya di luar yang sudah jelas. "Ini tidak hanya memperluas daya tarik dan ketepatan konten, namun bisa membuka peluang di mana ada sedikit persaingan untuk mendapat perhatian, mirip dengan bagaimana SEO menggunakan kata kunci panjang yang lebih spesifik dan biasanya kurang kompetitif," kata Feinberg.

 

 

More Focus on Messaging

 

Meski mengalami peningkatan karakter, Twitter tetap menyukai ketepatan dan kecepatan. Rosen melaporkan selama masa percobaan selama dua bulan dengan 280 karakter, hanya 5 persen tweet melebihi 140 karakter dan 2 persen lainnya lebih dari 190 karakter. Dan hanya 1 persen tweet yang mencapai batas 280 karakter yang baru.

 

Jay York, ahli strategi pemasaran digital senior, mengatakan bahwa dia belum menyadari adanya perubahan signifikan dalam keseluruhan kebiasan di Twitter. "Saya masih mendapati diri saya hampir tidak melewati hitungan 140 karakter asli, karena format 140 begitu mendarah daging," katanya.

 

York menambahkan bahwa penambahan hashtag yang relevan, emojis, dan lain-lain jauh lebih tenang karena ada lebih banyak ruang gerak dalam tweet. "Saya menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menulis ulang dan mengedit kata-kata yang tidak perlu, atau mengubah 'dan' menjadi '&' dan dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk pesan itu sendiri.

 

 

Better Content Promotion

 

David Erickson, wakil presiden pemasaran online Karwoski & Courage, mengatakan timnya telah memanfaatkan 140 karakter tambahan dalam beberapa cara.

 

Berbagi konten yang dimiliki

Saat berbagi tautan ke entri blog, halaman arahan, dll., Mereka dapat menambahkan teks deskriptif yang menjelaskan secara lebih mendalam isi konten yang mereka maksudkan. "Ini menyediakan lebih banyak teks dan konteks semantik untuk algoritme penelusuran Twitter (dan Google) untuk memahami, yang pada gilirannya menciptakan lebih banyak peluang agar tweet dapat ditemukan," kata Erickson. Dia juga menambahkan bahwa karakter tambahan memberi ruang lebih besar untuk meyakinkan pembaca untuk mengkliknya. "

 

Merekrut

Anggota tim juga menggunakan ruang ekstra untuk memperluas lowongan kerja saat ini. Inilah contoh bagaimana mereka menuntut batas karakter baru untuk menghadirkan bakat baru.

 

Berbagi episode podcast

Erickson menjadi co-hosts podcast mingguan Beyond Social Media Show mingguan, di mana dia membahas kisah-kisah terbaru di dunia pemasaran. Dia sekarang bisa mencantumkan semua topik yang dibahas dalam episode minggu yang lalu dan mentwit tentang setiap cerita yang didiskusikan selama episode minggu yang lalu, memberikan tautan ke cerita itu dan seruan ke reporter.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia