6 Tips Tingkatkan Jumlah Pendaftar Pada Program Loyalitas Pelanggan

October 12, 2018

Keberhasilan program loyalitas pelanggan restoran sangat tergantung pada kemampuan restoran untuk mendaftar tamu mereka.

 

 

Dengan jumlah pelanggan yang signifikan, program loyalitas pelanggan dapat berfungsi sebagai sarana yang kuat untuk meningkatkan frekuensi kedatangan dan pembelanjaan rata-rata pengunjung sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan restoran Anda.

 

Namun meyakinkan pelanggan untuk mendaftar ke program loyalitas restoran Anda tidaklah mudah. Selain pemilihan tempat terbaik untuk melakukan pendaftaran, berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk meyakinkan pelanggan agar mau mengikuti program loyalitas pelanggan yang Anda tawarkan:

 

 

1. Mempermudah cara mendaftar

 

Fokuslah hanya pada informasi dasar yang diperlukan untuk mengikutsertakan pelanggan pada program yang sudah Anda buat. Semakin cepat dan mudah, semakin besar kemungkinan mereka untuk mendaftar. Misalnya, mintalah alamat sebagai pengganti saat mengisi data mendetail yang lumayan menyita waktu. Informasi tambahan nantinya bisa Anda peroleh setelah pelanggan mendaftar. Menawarkan poin bonus untuk menyelesaikan pendaftaran adalah cara yang efektif untuk mendapatkan detail lebih lanjut dari pelanggan.

 

 

2. Menempatkan pemasaran kolateral di lokasi strategis

 

Tempat paling ideal untuk melakukan pemasaran adalah di mana para tamu mempunyai kemungkinan tertinggi untuk membaca materi dan mengambil tindakan. Pelanggan yang baru saja menyelesaikan pengalaman bersantap yang luar biasa akan memusatkan perhatian pada brand Anda. Waktu antara drop cek pertama dan saat pelayan mengambil kartu kredit adalah kesempatan paling tepat untuk melakukan promosi program loyalitas pelanggan.

 

 

3. Melatih karyawan restoran

 

Karyawan adalah aset pemasaran yang paling berharga karena merekalah yang langsung berinteraksi dengan para tamu. Staf yang terlatih akan mampu menjelaskan rincian program loyalitas secara terampil dan dengan sigap menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan.

 

 

4. Memberikan reward kepada karyawan

 

Tidak dapat dipungkiri bila hadiah dapat memotivasi karyawan untuk lebih giat bekerja. Manfaatkan ini untuk menciptakan persaingan yang sehat diantara para staf restoran. Berikan reward berupa uang atau hadiah lainnya bagi karyawan yang paling banyak mendaftarkan tamu pada program loyalitas pelanggan setiap bulannya. Cara ini akan membuat seluruh karyawan lebih fokus dalam membangun hubungan yang langgeng dengan tamu restoran Anda.

 

 

5. Memberikan insentif kepada pelanggan yang mendaftar

 

Seseorang yang merasakan langsung manfaat program Anda ketika mendaftar akan cenderung melakukan pendaftaran. Tawarkan kupon untuk kunjungan berikutnya atau berikan poin untuk kunjungan saat itu jika mereka mau mendaftar. Anda juga bisa memberikan iming-iming dessert gratis agar pelanggan buru-buru mendaftar.

 

6. Membuat sistem berbasis poin

 

Banyak restoran yang telah berhasil menjalankan program reward dengan cara memberikan pelanggan satu poin untuk setiap jumlah tertentu dari pembelanjaan yang mereka lakukan. Misalnya, Anda memberikan pelanggan 10 ribu rupiah untuk pelanggan yang melakukan pembelanjaan 1 juta rupiah dengan kartu mereka.

 

Program seperti ini akan efektif  diterapkan untuk restoran yang ramah bagi kelompok dan juga keluarga. Untuk restoran berskala lebih kecil, Anda dapat menetapkan jumlah pembelian lebih rendah untuk menerima hadiah.

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, jumlah pelanggan yang akan mengikuti program loyalitas yang Anda buat diharapkan semakin meningkat sehingga bisnis restoran Anda dapat semakin berkembang. Pelanggan akan merasa senang dengan iming-iming hadiah yang ditawarkan dan Anda pun akan mendapatkan untung dengan penghasilan restoran yang makin meningkat.

 

 

Untuk memasarkan brand restoran, Anda dapat memilih wificolony sebagai partner beriklan yang dapat diandalkan. Bersama wificolony, Anda bisa menentukan budget iklan sendiri sesuai kebutuhan brand Anda.  

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia