5 Cara Cerdas Memakai Wi-Fi Marketing di Bisnis Perhotelan

October 26, 2018

Para tamu hotel atau resort selalu berharap fasilitas kenyamanan selama menginap. Tidak hanya kenyamanan, di era milenial akses Wi-Fi gratis sudah menjadi fasilitas yang lumrah bagi tamu untuk melakukan berbagai aktivitas digital di media sosial atau sekadar memeriksa email pekerjaan.

 

 

Oleh karena itu, setiap bisnis perhotelan sudah seharusnya memanfaatkan Wi-Fi sebagai penawaran terbaik yang mengundang lebih banyak tamu hotel. Pemasaran Wi-Fi di industri perhotelan memberikan sejumlah manfaat untuk meningkatkan bisnis hospitality. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dimanfaatkan oleh hotel dengan memberikan akses Wi-Fi gratis kepada para tamu:

 

 

1. Mengumpulkan Data Demografi Tamu

 

Sewaktu menggunakan pemasaran Wi-Fi di industri perhotelan, para tamu harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan akses. Sistem login dengan menggunakan Facebook, akan memungkinkan para tamu mendaftar Wi-Fi melalui akun Facebook mereka.

 

Dengan begitu, Anda bisa mendapat data pelanggan dan mempelajari demografi tamu berdasarkan minat atau kebiasaan bertransaksi. Data berharga ini dapat diolah untuk menyusun berbagai pesan iklan yang efektif menyasar pelanggan atau tamu sesuai karakteristik mereka.

 

 

2. Buat Profil Tamu dan Lacak Efektivitas Branding Hotel

 

Wi-Fi marketing di industri perhotelan juga dapat dipakai untuk membuat profil para tamu. Misalnya, profil tamu ini dirancang dengan mengambil laman Facebook pengguna atau terhubung dengan sistem data pendukung lain yang menambahkan rincian profil. Seperti berapa lama mereka menginap? Seberapa sering mereka menginap? Atau durasi antara waktu menginap, dll.

 

Dengan pemasaran Wi-Fi, Anda juga dapat meminta alamat email atau nomor telepon bagi para tamu yang ingin mendaftar. Kemudian, Anda dapat memakai detail profil pelanggan untuk menentukan iklan yang paling sesuai dan efektif untuk branding hotel Anda.

 

 

3. Bagikan Pesan Pemasaran di Laman Login

 

Sebagian besar tamu yang menginap di hotel tidak akan segan jika ditawari akses Wi-Fi gratis. Saat mereka mengunjungi halaman landing Wi-Fi yang ditentukan untuk login, Anda bisa memasang iklan yang sesuai.

Anda juga bisa menggunakan halaman ini untuk promosi fasilitas berbayar dan penawaran penting lainnya

Desain halaman ini harus informatif dan menampilkan berbagai fitur secara detail atau event yang sensitif waktu. Misalnya seperti promo atau diskon terbatas dalam waktu 24 jam.

 

 

4. Promosi Menggunakan Laman Pengalihan yang Dipersonalisasi

 

Setelah login, tamu akan diarahkan ke laman khusus yang bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan promosi hotel. Dengan memakai data dan info profil tamu, Anda bisa mengatur laman redirect ini berdasarkan program loyalitas pelanggan yang sesuai demografi pelanggan.

 

Misalnya, jika tamu yang login terdeteksi merupakan tamu kali pertama berkunjung ke hotel (tamu pemula), Anda bisa mengirimkan laman redirect yang menawarkan tour virtual lokasi hotel. Pengalaman ini akan memberikan kesan yang istimewa di benak para tamu.

 

 

5. Mulai Menggunakan Pemasaran Wi-Fi di Industri Perhotelan

 

Jika  Anda berpikir menawarkan Wi-Fi gratis untuk tamu di hotel dan resort hanyalah sekadar menyenangkan para tamu, Anda harus berpikir ulang. Pasalnya, lebih dari itu, Wi-Fi marketing bisa menjadi salah satu alat atau senjata ampuh untuk meningkatkan pelayanan hotel.

 

Nah, apabila Anda ingin menggunakan Wi-Fi gratis untuk meningkatkan pelayanan bisnis Anda, hubungi tim Wificolony Whatsapp: 0811 218 7007 atau hello@wificolony.com, untuk mendapatkan informasi selengkapnya yang dapat membantu hotel atau bisnis Anda berkembang ke level selanjutnya.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia