Program Loyalitas Pelanggan untuk Bisnis Retail

December 14, 2018

Menurut Google, 25% para pembeli yang menggunakan HP lebih sering berbelanja di toko fisik ketimbang online. Ketika membangun aplikasi seluler, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi pebisnis retail adalah membangun kepercayaan para pelanggan bahwa pelayanan mereka dapat membawa nilai bagi kehidupan pelanggan.

 

 

Berikut beberapa program yang bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bagi bisnis retail:

 

 

1. Berbasis lokasi

 

Salah satu cara memberdayakan aplikasi bisnis retail adalah geolokasi. Teknologi ini  dapat membantu perusahaan memahami perilaku offline para pelanggan, memperkaya data profil pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan dari waktu ke waktu.

 

Banyak sistem loyalitas pelanggan modern dirancang untuk mencapai target sebanyak mungkin. Ini adalah kampanye email langsung yang sudah ketinggalan zaman. Geolokasi seharusnya dilihat sebagai peluang untuk memperkaya data profil pelanggan agar perusahaan Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang lebih relevan dan tepat sasaran.

 

 

2. Penargetan yang tepat

 

Manfaat nyata dari geolokasi adalah memungkinkan perusahaan untuk menargetkan pembeli potensial saat mereka di dekat toko. Misalnya, ketika mereka berjarak 500 meter dari toko Retail Anda, aplikasi seluler akan mendeteksi dan mengirim pesan kontektual. Misalnya, Anda bisa menawarkan promo, hadiah atau diskon dengan waktu terbatas.

 

 

3. Teknologi Wi-Fi

 

Salah satu teknologi yang bisa dipakai untuk mendukung penargetan pelanggan adalah marketing Wi-Fi. Anda bisa mengirimkan pesan informatif tentang diskon baju seragam anak – anak menjelang kenaikan kelas atau liburan sekolah.

 

Perusahaan juga bisa menawarkan gamification dalam bentuk pengumpulan poin, lencana, award dan sebagainya untuk menunjukkan keterlibatan dan peningkatan loyalitas pelanggan.

 

 

4. Pengayaan data

 

Dengan geolokasi, pemasar digital dapat memperoleh info penting tentang interaksi pengguna dengan perangkat seluler dan konten apa saja yang dilihat. Hal ini akan memberikan strategi efektif untuk memahami perilaku pelanggan agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan loyalitas dan pengalaman pelanggan.

 

 

5. Promosikan program loyalitas Anda kepada non-anggota

 

Tingkatkan program loyalitas dengan mendorong non-anggota agar ikut bergabung dengan bisnis retail. Gunakan geofencing, atau pemasaran WiFi untuk menjalankan kampanye berdasarkan berapa lama mereka menghabiskan waktu di suatu tempat dan berapa kali mereka berkunjung ke suatu tempat.

Mengotomatiskan promosi loyalitas pelanggan bisa dilakukan dengan cara diskon dan poin. Pemasaran berbasis lokasi memungkinkan Anda mengirimkan pesan seluler yang dipersonalisasi, seperti tiket bioskop atau diskon premium untuk semua member berdasarkan perilaku lokasi mereka.

 

Pada dasarnya, pelanggan yang loyal akan cenderung berbelanja lebih banyak produk atau layanan bisnis Anda jika mereka lebih sering berinteraksi. Seperti pepatah “tidak kenal, maka tidak sayang”, jadi sudah seharusnya bisnis retail menerapkan pendekatan – pendekatan yang lebih relevan dengan konsumen atau calon pembeli potensial.

 

Pemasaran berbasis lokasi bagi bisnis retail memungkinkan pemasaran digital untuk meningkatkan strategi program loyalitas dan membangun hubungan yang lebih kuat dalam jangka panjang dengan pelanggan.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia