Memastikan Pelanggan Mengingat Merek Anda, Begini Triknya

January 4, 2019

Bagi perusahaan atau bisnis apa pun, membuat slogan atau tagline khusus bagi merek yang unik hanyalah bagian awal dari proses pemasaran. Ada bagian selanjutnya yang lebih menantang lagi. Yaitu, bagaimana untuk memastikan para konsumen atau pelanggan dapat mengingat pesan dalam konten untuk membuat mereka memakai atau membeli produk Anda.

 

 

Seberapa bagus sebuah konten dibuat oleh tim desain visual, akan terasa percuma bila ternyata para pelanggan tidak mampu mengingatnya. Jangan biarkan pelanggan yang keluar dan masuk dari toko Anda berlalu tanpa terkesan pada merek bisnis Anda. Berikut adalah tips untuk menciptakan kesan dan membuat pelanggan mengingat merek Anda.

 

 

1. Membuat merek yang unik dan mencengangkan

 

Ketika orang-orang melihat brand baru muncul dengan unik, mereka akan berhenti sejenak untuk melihatnya. Kebanyakan konsumen mungkin melihat berbagai jenis iklan sepanjang hari yang tidak penting dan kurang menarik. Sehingga, apabila konsumen ditunjukkan konten merek Anda yang dramatis dan sulit dilupakan, mereka akan tetap mengingatnya sepanjang hari.

 

Jika Anda ingin produk atau pesan merek Anda melekat di benak pelanggan, maka kontennya harus unik. Sebagai contoh, bila Anda bergerak di bidang kuliner, Anda bisa meluncurkan produk makanan yang unik. Seperti pizza, wafel atau martabak pelangi untuk menciptakan efek “gebrakan”. Keunikan ini akan membuat pelanggan tetap mengingat merek atau brand Anda di tengah bombardir iklan lainnya.

 

 
2. Tingkatkan retensi pesan dengan pengulangan

 

Pengulangan adalah kunci sukses dalam pemasaran. Bukan hanya memudahkan untuk mengingatkan para pelanggan, tetapi pengulangan menciptakan sugesti pikiran untuk meyakinkan pelanggan bahwa konten yang disampaikan benar adanya.

 

Sebagai contoh, tagline terkenal “Just Do It” atau “Connecting People”, adalah contoh pengulangan dengan keyakinan. Tanpa melihat merek pun, orang pasti segera memikirkan tentang Nike dan Nokia. Pesan ini melekat ketika pelanggan mendengarnya beberapa kali saat berbelanja, dan pembeli lebih cenderung akan mengingat serta mempercayainya meski sudah pergi dari toko.

 

 
3. Mudah diingat dan diucapkan

 

Prioritas penting sebagai dasar menciptakan sebuah slogan yang mudah diingat adalah pesan yang menarik dan mudah diingat atau diucapkan. Slogan atau ide yang membingungkan orang akan membuat iklan gampang diabaikan atau dilupakan.

 

Salah satu cara Anda dapat memastikan pesan Anda mudah diingat adalah dengan memasang signage digital yang diintegrasikan dengan WiFi marketing.

 

 

4. Tambahkan emosi ke dalam pesan merek

 

Manusia pada dasarnya sering bereaksi berdasarkan emosi dan persepsi mereka. Ketika bisnis Anda ingin pelanggan mengingat merek, maka fokuslah pada pesan-pesan yang mengandung emosional kuat untuk menciptakan perasaan sedih, marah atau harapan.

 

Misalnya, iklan tentang satwa Orang Utan yang terancam punah di Kalimantan, penuh dengan pesan emosional untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk berdonasi ataupun mencintai lingkungan alam bebas.

 

Brand terkadang juga dapat memanfaatkan memori yang berkaitan dengan penggunaan musik. Bersamaan dengan pesan pemasaran Anda, pilih backsound atau musik yang memanfaatkan nostalgia, ingatan, atau sekadar perasaan umum untuk membuat masyarakat mengaitkan merek Anda dengan suara-suara tertentu.

 

Nah, itulah beberapa tips untuk membantu pelanggan dan masyarakat umum mengingat brand Anda. Beberapa pesan mungkin dapat disampaikan dan diingat dengan baik dalam bentuk visual yang unik, modern dan berbeda. Pertimbangkan untuk menguji pesan atau konten iklan di berbagai platform untuk melihat efektivitasnya.

 

Jika Anda ingin memastikan brand yang tetap unggul dalam benak pelanggan, hubungi tim Wificolony untuk mendapatkan keuntungan maksimal dalam pemasaran produk dan merek bisnis Anda. Kami memiliki banyak solusi media pemasaran untuk menyampaikan pesan bisnis kepada para pelanggan secara efektif dan efisien.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia