WiFi Marketing di Rumah Sakit, Seberapa Besar Manfaatnya untuk Pasien?

January 11, 2019

Pertanyaan terbesar para pelanggan secara umum di berbagai pelayanan publik adalah apakah terdapat WiFi gratis? Pertanyaan ini terlontar bukan tanpa alasan. Pasalnya, setiap pelayanan publik yang memiliki ruang tunggu tentu akan lebih menyenangkan jika para pengunjung yang mengantri lama bisa sembari menjelajah internet atau bermain media sosial.

 

 

Salah satunya adalah pelayanan publik di bidang kesehatan. Seperti tempat praktek dokter, klinik kesehatan, puskesmas atau rumah sakit. Berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan bagi para pasien atau pengunjung di rumah sakit dengan WiFi sebagai layanan gratis.

 

 

1. Pasien lebih nyaman saat menunggu atau mengantri

 

Bayangkan bagaimana padat dan ramai ruang tunggu di rumah sakit yang melayani BPJS? Setiap pasien diharuskan bersabar dan rela mengantri hingga minimal 1 jam. Menurut survey oleh Small Biz Trends, hampir 62% pelanggan yang mengakses WiFi gratis akan lebih bersabar saat menunggu antrian.

 

Sama halnya, ketika memberikan WiFi gratis di rumah sakit, hal ini akan membantu pasien dan pengunjung lebih santai dan mengurangi stres karena antrian lama yang melelahkan. Selain WiFi, ruang tunggu juga dapat ditambahkan rak majalah, koran, papan informasi digital, TV atau akuarium ikan hias.

 

 

2. Pasien mendapatkan informasi yang up-to-date

 

Rumah sakit, tempat praktek dokter, klinik pengobatan dan penyedia layanan kesehatan lainnya biasanya mempromosikan program kesehatan atau informasi terkait kesehatan bagi pasien dan masyarakat luas. Melalui WiFi, pasien dan penyedia layanan kesehatan dapat saling berbagi informasi penting mengenai kesehatan pasien dan layanan yang ditawarkan oleh pihak rumah sakit. Misalnya, seperti jadwal donor darah, vaksin, imunisasi, skrining kanker, pemeriksaan tahunan, dan sebagainya.

 

 

3. Pasien terhubung dengan rumah sakit melalui media sosial dan email

 

Laman landas atau landing page untuk pelanggan yang telah login ke WiFi bukanlah satu-satunya opsi untuk memasarkan produk kesehatan kepada pasien. Koneksi WiFi juga memberikan peluang bagus untuk mempromosikan produk dari penyedia layanan kesehatan melalui saluran media sosial dan email maupun pemberitahuan dari pesan singkat atau SMS.

 

Pihak penyedia layanan kesehatan dapat mengundang pasien atau pengguna untuk terhubung di media sosial atau meminta mereka mendaftar dengan akun media sosial ketika melakukan registrasi atau login ke WiFi. Selanjutnya, akun media sosial para pasien dapat dikelola untuk mengirimkan pesan yang informatif. Misalnya, cara mengatasi flu musiman, vaksinasi atau imunisasi dan jadwal pemeriksaan kesehatan tahunan.

 

 

4. Pasien dan penyedia layanan kesehatan dapat saling berbagi informasi

 

Salah satu manfaat utama menggunakan solusi WiFi adalah analitik. Dokter dapat mengidentifikasi kapan waktu puncak terpadat kunjungan pasien di tempat prakteknya. Sehingga layanan kesehatan bisa lebih dimaksimalkan pada jam – jam tertentu.

 

Selain itu, rumah sakit juga dapat melacak informasi penting seperti jumlah waktu rata-rata yang dihabiskan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Selanjutnya, data ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah pihak rumah sakit memerlukan tenaga medis tambahan untuk antisipasi lonjakan pasien.

 

 

5. Pasien dapat lebih sering terlibat dan menyadari pentingnya kesehatan
 

Dengan adanya WiFi marketing, pasien yang sudah login ke dalam akses WiFi gratis akan dapat terus terlibat dengan berbagai program yang dilaksanakan oleh pihak penyedia layanan kesehatan.

 

Sebagai contoh, pasien yang telah sembuh, masih bisa mendapatkan pesan via email tentang bagaimana cara menjaga diet sehat dan pola olahraga yang teratur selama masa pemulihan tubuh. Dengan demikian, pasien yang pernah menjadi pelanggan tetap merasa terlibat dan loyal terhadap rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan tersebut.

 

Nah, jika Anda memiliki bisnis di bidang kesehatan, seperti tempat praktek dokter, klinik pengobatan, apotek, atau rumah sakit, segera wujudkan pelayanan yang lebih relevan bagi pasien di era modern dengan WiFi marketing. Hubungi tim Wificolony untuk mendukung bisnis Anda berkembang ke level selanjutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia