5 Cara Mengurangi Tingkat “Churning” Pelanggan

February 1, 2019

Hampir semua bisnis pastinya menginginkan lebih banyak pelanggan dari waktu ke waktu. Jadi, tentu akan sangat mengecewakan apabila ada pelanggan baru yang berkunjung hanya satu atau dua kali, kemudian tak pernah datang lagi ke toko Anda. Inilah yang lebih dikenal dengan istilah churning. Untuk mengatasinya, perusahaan  perlu melakukan banyak perubahan dalam strategi pemasaran.

 

 

Jadi, bagaimana Anda mengurangi dan mencegah churning pelanggan? Berikut adalah strategi yang dapat dipertimbangkan.

 

 

1. Pastikan Anda menargetkan audiens yang tepat.

 

Churning pelanggan seringkali hanya karena hasil bisnis yang tidak cocok dengan pelanggan. Sebagai contoh, ada keluarga yang datang ingin memeriksakan gigi anak mereka, kemudian mendapati ruangan klinik gigi yang dirancang untuk kalangan profesional bisnis kelas atas, pastinya merasa tidak cocok dan mungkin tidak akan pernah kembali lagi.

 

Jadi, untuk mengurangi tingkat churning pelanggan, pastikan Anda sudah menargetkan audiens yang tepat sejak awal. Fokus dalam materi pemasaran sehingga pelanggan atau klien yang tepat bisa menemukan Anda.

 

 
2. Buat kesan pertama yang luar biasa.

 

Ada pernyataan populer, "Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama." Ini adalah konsep yang sangat penting karena Anda bertujuan ingin  mengurangi churn pelanggan.

 

Salah satu cara tercepat untuk mendapat pelanggan baru adalah dengan memberikan kesan pertama yang luar biasa. Anda bisa menggunakan strategi seperti memasang monitor besar di dalam toko untuk ruang pamer. Atau memamerkan produk Anda dan menyediakan area tempat duduk. Siapkan juga situs web, akun profil media sosial dan konten iklan yang menarik serta video informatif yang update.

 

Tak ketinggalan, latih staf Anda untuk memberikan pelayanan luar biasa kepada pelanggan. Cara staf Anda berinteraksi dengan pelanggan selama kunjungan pertama akan membekas dan bisa jadi tolak ukur kesan seumur hidup bagi pelanggan.

 

 
3. Berikan hadiah dari program loyalitas pelanggan.

 

Untuk menjaga pelanggan tetap setia, beri mereka alasan agar memilih bisnis Anda. Menawarkan program loyalitas pelanggan dan reward adalah dua poin penting agar mendorong pelanggan dan klien Anda selalu berkunjung dan membeli produk Anda, ketimbang memilih pesaing Anda.

Program loyalitas pelanggan ini bisa berupa:

  • Sistem Poin

  • Klub VIP

  • Fasilitas Wi-Fi gratis

  • Promosi ulang tahun dan acara khusus

  • Kartu punch atau aplikasi loyalitas

  • Souvenir gratis/ goody bag, dll

 

4. Menawarkan kontrak atau diskon jangka panjang.

 

Insentif lain yang membuat pelanggan bertahan dan setia dengan bisnis Anda adalah kontrak jangka panjang. Agar kontrak jangka panjang dapat berfungsi, sudah pasti harus menguntungkan pelanggan dan bisnis Anda.

Pelanggan harus menerima semacam diskon atau hadiah sebagai “barter” karena berkomitmen untuk tetap setia dengan bisnis Anda selama periode waktu tertentu.

 

 
5. Tetap berkomunikasi dengan pelanggan dan klien sebelumnya.

 

Sama seperti menjalin hubungan yang harmonis antara pasangan, demikian halnya dengan bisnis dan pelanggannya. Diperlukan komunikasi yang “nyambung” agar bisa menjalin kedekatan dan menguntungkan satu sama lain.

Komunikasi antara bisnis dan pelanggan, dapat terjalin dengan beberapa trik, misalnya:

-        Email buletin

-        Mailer dan kartu pos pengingat

-        Posting media sosial

-        Acara khusus member

 

Selain itu, tetaplah aktif di media sosial dan berikan pelanggan Anda komentar atau balasan terkait keterlibatan mereka di akun media sosial bisnis Anda. Terkadang, cara terbaik untuk mengetahui apa keinginan pelanggan adalah langsung bertanya dan mendapatkan umpan balik dari si pelanggan tersebut.

 

Untuk itu, jangkaulah pelanggan Anda dan mintalah saran dari mereka. Pertimbangkan memberi mereka diskon atau kupon jika mereka bersedia memberikan umpan balik untuk meningkatkan pelayanan bisnis Anda.

 

Sudah siap meningkatkan pelayanan bisnis Anda lebih baik lagi ke depannya? Segera hubungi tim Wificolony untuk membantu Anda dengan teknologi Wi-Fi terkini dan efektif menunjang pemasaran. Hubungi kami di hello@wificolony.com atau di 0811 218 7007 untuk info lebih lanjut.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia