Sudahkah Anda Mengantongi Skema Loyalitas Pelanggan?

March 8, 2019

Fakta melaporkan biaya bisnis untuk meraih pelanggan baru jauh lebih besar 5 hingga 10 kali lipat ketimbang mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Terlebih lagi, pelanggan saat ini menghabiskan uangnya lebih banyak, rata – rata 67% daripada pelanggan baru.

 

 

Mengingat fakta yang berbicara, bagaimana Anda bisa membuat pelanggan tetap loyal pada bisnis Anda? Salah satu cara terbaiknya adalah membuat skema loyalitas. Apa itu dan bagaimana cara membuat skema loyalitas pelanggan yang tepat? Simak terus ulasan menariknya berikut ini

 

 

Apa itu skema loyalitas?

 

Umumnya, skema loyalitas pelanggan akan ditawarkan oleh bisnis kepada pelanggannya yang sering berkunjung untuk berbelanja atau membeli. Program ini menawarkan hadiah untuk pembelian reguler.

Bentuk hadiah bervariasi bisa berupa souvenir, hadiah gratis, voucher uang, diskon, atau mengundang ke acara eksklusif produk, dan lainnya.

 

Pada saat yang sama, Anda bisa memanfaatkan program ini untuk mengumpulkan informasi berharga tentang pelanggan. Seperti siapa mereka? Apa, kapan dan bagaimana mereka membeli? Dan info demografis lainnya yang tentu akan berguna dalam perkembangan bisnis Anda.

 

Contoh yang sederhana. Pelanggan bisa mendapatkan secangkir kopi gratis, setelah pembelian yang ke-10. Atau, setelah lima kali melakukan perawatan spa atau memotong rambut di salon, maka pelanggan bisa mendapatkan voucher potongan harga. Semakin banyak usaha kecil menengah yang melirik skema loyalitas bagi pelanggannya.

 

 

Bagaimana cara membuat skema loyalitas pelanggan yang tepat?
 

Skema loyalitas yang sukses memang tidak sesederhana memberi pelanggan kartu dan menyuruh mereka mengumpulkan poin. Anda perlu membuat program yang relevan dan berharga bagi pelanggan Anda sehingga mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

 

Hal ini berawal dari mengidentifikasi atau memahami apa yang dibutuhkan dan ingin dibeli para pelanggan? Apa yang membuat mereka berinteraksi dan menyukai merek Anda? Apakah mereka suka potongan harga atau diskon? Atau mereka suka hadiah langsung berupa souvenir atau merchandise? Jika Anda masih belum yakin, lakukan survey sederhana untuk mengetahuinya.

 

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian atau mengumpulkan poin. Antara lain:

 

1. Membuat kartu loyalitas

Buat kartu loyalitas atau kartu member yang bisa ditunjukkan ke kasir. Kartu ini bisa dimanfaatkan pelanggan yang ingin mendapatkan diskon 10% atau gratis satu kali pembelian setelah minimal 5 atau 10 kali pembelian. Untuk mendesain kartu member ini, Anda bisa melihat berbagai ide desain secara online.

 

 

2. Gunakan sistem poin sederhana

Setiap satu kali pembelian, maka pelanggan akan mendapatkan satu poin yang bisa ditukarkan hadiah. Skema loyalitas jenis ini membutuhkan kartu keanggotaan plastik, yang dapat digesek pelanggan pada setiap pembelian. Anda juga bisa memakai cara lain untuk mendapatkan poin. Misalnya, memberikan hadiah kepada member atau pelanggan yang menulis ulasan, berbagi posting di media sosial, dan mengajak teman memakai produk Anda.

 

 

3. Buat pelanggan Anda merasa istimewa

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari skema loyalitas Anda, libatkan member dan buatlah mereka merasa istimewa. Undang mereka ke acara VIP khusus misalnya pesta makan malam, pertunjukkan seni musik atau olahraga jalan santai. Berikan mereka penawaran eksklusif. Sekali lagi, Anda perlu mencari tahu siapa saja para pelanggan setia Anda.

 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar anggota program loyalitas akan menghabiskan uang lebih banyak dan berbelanja lebih sering jika mereka dapat membagikan souvenir atau merchandise mereka kepada orang lain.

 

Jadi, pada dasarnya membuat skema loyalitas pelanggan tidak harus rumit atau mahal. Luangkan waktu untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan. Tunggu apalagi? Manfaatkan platfrom Wificolony untuk memudahkan Anda membuat skema loyalitas yang efektif dan efisien bagi pelanggan. Untuk info selengkapnya hubungi kami.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia