Trik Mengubah Data Menjadi Alat Pendongkrak Tingkat Penjualan Bisnis

Bagi setiap bisnis, data adalah aset yang sangat berharga. Perusahaan bisa memakai data untuk mengambil keputusan pasar yang lebih akurat. Tren ini semakin menguat pada tahun 2014 – 2019 yang dikenal sebagai Big Data. Big Data merupakan istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan sejumlah besar data yang tersedia di dunia saat ini.

Big Data biasanya diukur berdasarkan tiga hal, yaitu Volume, Variety, dan Velocity. Meskipun data volumenya sangat besar, dan bervariasi, tetapi sangat penting untuk memvalidasi keaslian dan akurasi nilainya. Jadi, mari kita simak trik bagaimana mengubah data menjadi alat peningkat penjualan bisnis Anda berikut ini.

1. Pengayaan Data

Bukan hanya jumlah informasi, kualitas adalah yang paling penting. Itulah sebabnya pengayaan data penting, yaitu proses memilih, memperbaiki, dan meningkatkan informasi mentah perusahaan. Basis data adalah aset penting dari masing-masing perusahaan. Data ini nantinya akan bisa menghasilkan keputusan strategis bagi perusahaan.

2. Cara Menggunakan Big Data dalam Bisnis Anda

Bagaimana cara mengubah data agar dapat membantu penjualan lebih meningkat? Dengan data berkualitas, Anda bisa membuat keputusan yang tepat bagi bisnis dan meningkatkan penjualan.

Menurut Global Data Marketing Alliance, 90,7% perusahaan Amerika Serikat mempertahankan informasi data pelanggan untuk meningkatkan efektivitas tindakan pemasaran.

3. Menjual Produk Berdasarkan Lokasi dan Waktu yang Diinginkan Pelanggan

Bagaimana jika ternyata produk Anda sering dibeli pelanggan melalui telepon ketika jam 03.00 dini hari? Atau, ternyata penjualan terjadi 90% dari email tepat pada event tertentu?

Inilah pentingnya mengetahui kanal pemasaran yang tepat dan waktu paling efisien untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. Semuanya ini bisa terjadi apabila Anda memiliki cukup data dan informasi.

4. Mempercepat Proses Penjualan

Menurut Information Era, rata – rata salesman profesional menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk menyusun strategi sebelum menelepon pelanggan.

Jadi, dalam seminggu dengan 40 jam kerja dan staf penjualan yang produktif, bagaimana caranya agar menciptakan 2 jam yang lebih efisien?

Simpan data yang menghasilkan informasi berharga dan pengambilan keputusan cepat dalam proses penjualan. Salesman umumnya sudah memiliki data profil pelanggan sebelum menghubungi mereka.

5. Manajemen Data

Berapa jumlah penjualan Anda per hari? Apakah kompetitor Anda juga mengunjungi pelanggan Anda? Keunikan apa yang dicari para pelanggan Anda?

Pahami mengapa pelangan tetap loyal dan setia memakai brand bisnis Anda. Hal ini dapat digunakan untuk menganalisis dan memprediksi tren, sehingga Anda selalu unggul dalam persaingan.

6. Tingkatkan Penjualan Menggunakan Data

Jual apa yang diinginkan pelanggan Anda. Dengan data yang Anda miliki, kini Anda sudah tahu fakta – fakta penting seperti: produk apa yang paling disukai, selera pribadi, data konsumen dan faktor – faktor lainnya untuk membuat profil konsumen yang akurat.

Pernahkah Anda memikirkan tentang bagaimana hotel bisa meningkatkan labat setelah mengetahui minuman favorit para tamu? Atau, ada merek sepatu ternama di dunia yang tahu persis seberapa sering pelanggan membeli sepatu?

Dengan memahami pelanggan, maka Anda seolah sedang memahami dan berempati kepada pengalaman pelanggan.

7. Pengalaman Pelanggan

Ubah WiFi marketing Anda menjadi tambang data yang akurat dan kaya. Mengumpulkan data pelanggan tidak sesulit yang dibayangkan. Gunakan WiFi marketing untuk mengumpulkan dan mengakses sejumlah besar datat pelanggan selama pemasaran bisnis.

Teknologi Wificolony siap membantu Anda meningkatkan pemasaran bisnis yang lebih modern dan akurat untuk melibatkan pelanggan di era digital. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut hubungi tim Wificolony sekarang juga.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia