Validasi Email Pelanggan, Apa Manfaat dan Bagaimana Wifi Marketing Bisa Membantu?

July 5, 2019

Beberapa tahun lalu, ketika pengiriman pesan instan (whatsapp/LINE) dan media sosial umumnya mulai hits, banyak kalangan yang memprediksi pesan email akan segera ditinggalkan. Namun, faktanya, email telah mampu melewati ujian zaman dari waktu ke waktu dan tetap menempati posisi istimewa di dunia IT.

 

 

Email tetap menjadi salah satu kanal komunikasi yang paling andal untuk berbagai perusahaan, instansi, dan khususnya para pemasar. Berkat media sosial, email masih terus difungsikan sebagai penyampai informasi dan menjadi “pintu gerbang” memasuki dunia media sosial. Sebenarnya, apa pentingnya menggunakan email dan mengapa Anda harus melakukan validasi email pelanggan? Mari simak terus ulasan berikut.

 

 

Email Sebagai Saluran Komunikasi
 

Dari sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dari semua jenis kanal komunikasi, email mempunyai peran yang paling signifikan. Email menghasilan antara 21% - 23% pengembalian investasi pemasaran.

Menurut MarketingSherpa, perusahaan riset dan pemasaran, menunjukkan bahwa ada 72% pemasaran di Amerika Serikat yang memakai email sebagai saluran komunikasi pilihan mereka dengan perusahaan – perusahaan klien. Sedangkan, hanya ada sekitar 20% yang menggunakan SMS dan media sosial.

 

 

1. Apa yang membuat validasi email begitu penting?

 

Meski berperan penting sebagai saluran komunikasi, email tidak akan berguna jika tidak bisa dibaca oleh siapa pun. Ada beberapa penyebabnya, antara lain karena langsung tereliminasi ke kotak SPAM, tajuk berita tidak menarik, atau daftar alamat Anda adalah alamat email palsu.

Pemasaran melalui email memang gratis. Tetapi, jika banyak pesan email iklan Anda yang terkirim ke akun email palsu dapat menghambat upaya pemasaran bisnis dalam skala besar.

 

Sejumlah penyedia layanan email terkemuka seperti Yahoo atau Gmail telah menggunakan metrik yang disebut “Skor Reputasi Pengirim” untuk mencegah hal ini. Skor Reputasi Pengirim akan berdampak negatif jika Anda berulang kali mengirim pesan ke akun email fiktif. Selanjutnya, Skor Reputasi Pengirim akan turun ke level yang rendah dan berimbas pada hasil pemasaran email yang sia – sia tanpa pernah dibaca siapa pun.

Inilah alasan mengapa sangat penting untuk menerapkan langkah-langkah validasi email untuk memastikan setiap alamat email yang Anda miliki adalah akun email asli dan nyata.

 

 

2. Bagaimana Anda bisa memvalidasi email Anda?

 

Ada dua cara utama untuk memvalidasi alamat email yang Anda miliki, yaitu:

  1. Membaca dengan teliti daftar email Anda

  2. Menggunakan platform atau layanan untuk memeriksa validasi email

Periksalah apakah daftar alamat email sudah ditulis dengan benar seperti karakter “@” sudah dimasukkan dengan benar. Terutama bagi Anda yang menggunakan milis atau newsletter untuk iklan.

Cara kedua dan yang sering diandalkan adalah memakai layanan atau platform untuk memeriksa validitas email sebelum diunggah ke database Anda.

 

 

3. Apa solusi validasi email yang dimiliki para pemasar?

 

Bisnis offline, di masa lalu, mengalami kesulitan untuk membangun daftar email. Tapi sekarang tidak lagi, berkat Wifi Marketing. Dengan Wifi Marketing, atau Social WiFi, bisnis offline dapat membangun daftar email yang mengesankan dan otomatis. Untuk setiap pelanggan Wifi Marketing yang baru saja login, email akan ditambahkan ke dalam database Anda secara otomatis.

 

Social WiFi atau Wifi Marketing  juga bisa ditambahkan metode login yang terintegrasi dengan akun media sosial seperti Facebook, Google, Instagram, email, dll. Karena profil akun media sosial hanya bisa diaktifkan dengan memverifikasi kartu identitas dan nomor HP, maka validasi email akan lebih mudah. Anda bisa 100% yakin alamat email ini sah dan aktif.

 

Siap meningkatkan layanan Wifi Marketing Anda yang lebih maksimal? Hubungi tim Wificolony sekarang juga.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia