Digital Divide dan Cara Menjembatani Kesenjangan Digital dengan WiFi

March 27, 2020

Hampir setiap hari, internet dapat membantu jutaan bisnis dan perusahaan meraih goal yang ingin dicapai. Berbagi miliaran ide, menciptakan karya inovatif dan memberdayakan serta mengubah hidup setiap pelanggan. Hanya dengan sekali klik  tombol “posting”, konten dapat dibaca jutaan orang dalam hitungan detik.

 

 

Inilah peran istimewa dari jangkauan media sosial dan internet di seluruh dunia. Sayangnya, tak semua orang bisa mengakses internet secara teratur dan stabil. Masih banyak masyarakat di tanah air yang harus berjuang setiap hari agar bisa mendapatkan konektivitas yang berkualitas. Situasi ini umumnya dikenal dengan istilah Digital Divide atau kesenjangan digital.

 

 

Apa itu Digital Divide?

 

Secara umum digital divide merupakan istilah yang menggambarkan distribusi atau penggunaan teknologi yang tidak merata pada kelompok tertentu. Kelompok tersebut dapat didefinisikan berdasarkan status sosial, ekonomi, dan geografis. Sebagai contoh, di Amerika, orang – orang yang dianggap kelas menengah ke atas, cenderung memiliki akses internet yang stabil dan cepat. Semakin kaya, maka besar kemungkinan mereka mampu membeli teknologi maupun layanan penyedia internet. Sementara, orang yang miskin mengalami kesulitan dalam mengakses layanan internet.

 

 

Dampak Negatif dari Kesenjangan Digital

 

Internet adalah teknologi yang sangat berguna untuk berbagai jenis bisnis, perusahaan, dan institusi. Jadi, tidak mengherankan bagi mereka yang sulit mendapatkan akses internet akan tertinggal dalam kemudahan hidup sehari – hari.

 

Menurut studi Research Center Pew, sekitar satu dari lima remaja tidak bisa menyelesaikan PR jika tidak ada akses internet di rumah. Kini semakin banyak sekolah yang menambahkan aspek digital dalam kurikulum belajar.

Selain itu, dari segi ketenagakerjaan, menurut penelitian lain menunjukkan mayoritas pencari kerja berburu lowongan pekerjaan secara online. Tentunya, jika tidak dapat mengakses internet akan sulit mendapatkan pekerjaan.

 

Sementara, dari segi ekonomi, internet secara konsisten sangat dibutuhkan dalam setiap lini bisnis. Beberapa strategi B2B dan B2C paling efektif diselesaikan melalui situs web. Usaha mikro, UKM, atau bisnis lain yang terjebak digital divide karena kurangnya akses internet akan berisiko kehilangan peluang bisnis dan kalah dalam persaingan.

 

 

Menemukan Solusi dengan WiFi

 

Dengan menggunakan jaringan WiFi yang stabil dan cepat, para pengguna dapat terhubung layanan internet secara konsisten. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Antara lain: mempromosikan layanan dan produk bisnis, menambah pengetahuan dan menyelesaikan tugas, hingga menganalisa demografi calon pelanggan.

 

Para pengguna jaringan WiFi bisa login ke website dengan bantuan platform Wificolony. Pengguna WiFi mendapatkan akses login cukup dengan memakai jenis akun media sosial seperti email atau Facebook, Twitter dan Instagram. Dengan begitu, terjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan antara pebisnis dan pelanggan.

Sudah sepatutnya di era milenial, tidak ada lagi kesenjangan digital yang terjadi di masyarakat luas. Setiap bisnis harus menyediakan akses internet yang memadai dengan menciptakan jaringan WiFi yang mudah diakses kapan saja.

 

Untuk itu, bisnis Anda membutuhkan jaringan WiFi marketing yang berkualitas dan stabil untuk membantu bisnis terus tumbuh dan berkembang. Apabila Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana WiFi marketing mampu mengembangkan bisnis dan mendukung komunitas masyarakat tanpa mengorbankan sisi keamanan, Wificolony siap membantu Anda. Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang juga dan bersiap meningkatkan bisnis Anda ke level berikutnya.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia