Informasi Lebih yang Bisa Didapat dari WiFi Management Platform

April 10, 2020

Menghadirkan WiFi gratis sebagai fasilitas di dalam tempat bisnis era digital saat ini bukan konsep baru. WiFi gratis menjadi fasilitas standar yang diharapkan kebanyakan pelanggan milenial. Namun, ternyata WiFi marketing tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan. Bisnis Anda juga akan mendapatkan keuntungan, dari segi peningkatan penjualan dan promosi brand bisnis.

 

 

Dari sederet penelitian melaporkan bahwa pelanggan lebih senang berkunjung jika tempat bisnis itu memiliki WiFi gratis. Pebisnis juga melaporkan angka penjualan yang lebih tinggi saat menyediakan WiFi gratis. Inilah sebabnya, mengapa WiFi Marketing harus menjadi bagian dari tempat bisnis Anda. Menyediakan WiFi gratis akan membuka pintu bagi sejumlah analisa di dalam toko atau tempat bisnis yang bisa dipakai dalam strategi pemasaran dan operasional bisnis. Berikut adalah 5 hal yang mampu diketahui WiFi Marketing tentang pelanggan bisnis Anda tanpa Anda harus repot-repot bertanya.

 

 

1. Jumlah Pelanggan yang Mengunjungi Toko Anda Setiap Hari

 

Metrik pertama yang dapat dilacak dengan WiFi marketing adalah jumlah rata-rata orang yang mengunjungi toko atau tempat bisnis Anda setiap hari. Perlu diingat bahwa, tidak semua orang yang mengunjungi tempat bisnis Anda akan membeli sesuatu. Atau, terkadang mereka membayar jumlah besar, namun digabung dalam satu struk.

Inilah mengapa WiFi marketing diperlukan karena mampu menciptakan gambaran jelas tentang jumlah orang yang hanya memasuki pintu dan persentase jumlah pembeli.

 

 

2. Pelanggan Baru vs. Pelanggan Setia

 

Semua pelanggan memang diibaratkan raja. Tetapi, hanya pelanggan setia yang mendukung dan peduli dengan kualitas brand atau produk Anda. Maka itu, Anda harus memiliki data analitik yang jelas tentang berapa sebenarnya jumlah pengunjung yang keluar dan masuk di toko atau tempat bisnis Anda.

Secara spesifik, Anda juga perlu menggali informasi lebih dalam untuk melihat manakah yang pelanggan baru atau sekadar mampir, dan mana yang benar-benar pelanggan loyal. Ingat, pelanggan setia adalah roti dan bisnis Anda adalah mentega. Lebih dari 60% pelanggan loyal akan membeli lebih banyak produk Anda jika diperlakukan dengan benar.

Dengan WiFi marketing, Anda mendapatkan data analitik di dalam toko tentang pelanggan baru dan pelanggan loyal. Jadi, Anda perlu pendekatan yang berbeda untuk menyambut setiap pelanggan yang datang.

 

 

3. Informasi Demografis tentang Pelanggan

 

Melalui analisa WiFi marketing, Anda dapat mempelajari tentang jenis kelamin, usia, dan minat pengunjung tempat bisnis atau toko Anda. Kemudian, sistem WiFi marketing diintegrasikan dengan Facebook atau Twitter yang dapat mengumpulkan detail data demografis para pelanggan. Sehingga, Anda dan tim dapat mempelajari apa yang disukai pelanggan dan bagaimana mereka dapat merespon produk atau layanan tertentu.

Data demografis ini sangat berguna untuk strategi pemasaran bisnis. Sebagai contoh, apabila target pasar Anda adalah kalangan anak muda usia 20-an, maka Anda bisa membuat jenis produk yang sedang hits saat ini. Entah itu menu baru atau menambahkan musik-musik terkini yang populer. Ini akan membuat pelanggan tertarget lebih mungkin membeli karena terhubung secara emosional dan merasa cocok dengan brand Anda.

 

 

4. Jam Tersibuk

 

Metrik ini memberikan Anda wawasan mengenai operasional tempat bisnis yang dijalankan. Dengan mengetahui jam – jam mana yang populer dan kapan waktu yang lebih lengang, Anda bisa menemukan waktu terbaik menjadwalkan staf.

Pada saat shift jam tersibuk, tambah beberapa jumlah pegawai. Upaya ini dapat menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Sehingga, pelanggan akan tetap dilayani dengan baik. Di sisi lain, staf juga tidak terlalu capek atau repot karena kewalahan menghadapi pelanggan di jam – jam tersibuk.

 

 

5. Keterlibatan Pelanggan di Media Sosial

 

Seiring dengan penawaran iklan dan gambar di landing page WiFi Platform, Anda bisa memakai WiFi gratis untuk terhubung dengan pelanggan di media sosial. Anda bisa mencoba mengajak pelanggan di media sosial untuk mengikuti akun resmi media sosial bisnis atau check-in agar mendapatkan diskon maupun voucher.

Ketika pelanggan mulai menjadi follower akun bisnis Anda di media sosial, mereka berkomitmen terhadap brand Anda. Ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa mereka akan segera beralih dari semula pelanggan baru ke pembeli loyal yang potensial. Dari sini, mulailah membuat konten media sosial yang luar biasa untuk menarik pelanggan dan follower baru setiap hari.

 

 

Gunakan WiFi Marketing untuk Mengambil Keputusan Bisnis Ideal

 

Banyak pemilik tempat bisnis yang hanya mengandalkan intuisi dan spekulasi untuk menjalankan operasional bisnis mereka. Padahal, masih ada cara yang lebih akurat dan jelas berdasarkan data-data analisa yang aktual dan obyektif di tempat bisnis.

Beralihlah ke WiFi Marketing untuk penerapan strategi promosi yang lebih optimal dan selaras dengan perkembangan teknologi masa kini. Wificolony siap membantu dan menunjukkan kepada Anda tentang bagaimana cara meningkatkan pemasaran dan keterlibatan pelanggan.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia