Strategi Menerapkan Season dan Tema pada Marketing

April 24, 2020

Strategi marketing bisnis sesuai perubahan musim, memberi Anda kesempatan untuk memanfaatkan situasi yang sedang terjadi untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan musim yang berganti untuk menemukan inspirasi dari segi desain dekorasi ruang, promosi, hingga menyediakan produk atau layanan baru. Menjadi pebisnis memang harus selalu peka dan kreatif menghadapi perubahan. Termasuk, dalam perubahan musim. Namun, perubahan musim bisa berarti biaya mahal dan memakan waktu. Kecuali, apabila Anda memiliki strategi pemasaran di dalam tempat bisnis yang membuat perubahan musiman berjalan mulus dan mudah. Alat pemasaran seperti papan digital hingga WiFi gratis bisa membuat pengalaman pelanggan di dalam toko berjalan lebih baik selama perubahan musim.

 

 

 

1. Mengubah Cepat Konten Pemasaran Dengan Papan Digital

 

Agar strategi pemasaran musim menjadi lebih efektif, beritahu pelanggan tentang promosi, event / acara khusus atau penawaran spesial di waktu tertentu. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah memakai papan digital di dalam toko yang langsung menarik perhatian pelanggan. Hanya butuh beberapa klik, Anda sudah bisa memperbarui konten spesial mengikuti perubahan trend dan musim.

 

 

2. Mengubah Suasana Memakai Video Digital

 

Seiring perubahan musim, biasanya banyak tempat bisnis yang menyesuaikan desain dan dekorasinya di dalam toko. Ini bisa mengatur suasana hati pelanggan dan menawarkan kunjungan yang terasa baru dan tepat waktu.

Tempatkan layar yang menampilkan video digital sebagai penutup dinding. Sehingga, Anda dapat dengan cepat menyesuaikan trend dan musim ke dalam tempat bisnis Anda. Cukup ubah konten video klip musik atau video iklan sesuai musim untuk menciptakan suasana baru bagi pelanggan.

 

 

3. Ciptakan produk dan layanan baru

 

Fitur lain yang bisa diubah sesuai musim adalah produk dan layanan unggulan Anda. Misalnya, restoran Anda bisa menambahkan menu seperti durian ketika musim buah durian. Atau saat musim hujan, toko retail ban dapat menawarkan promo diskon untuk jenis ban-ban tertentu yang anti selip dalam rangka mengantisipasi genangan air hujan.

 

 

4. Bagikan promo di halaman WiFI

 

Layar digital yang ditempelkan ke dinding menunjukkan satu-satunya layar yang dilihat pelanggan saat berada di area bisnis Anda. Tetapi, jangan lupa mereka juga sering melihat layar smartphone mereka setiap saat, bukan? 

Inilah saatnya memanfaatkan koneksi digital sambil menawarkan WiFi gratis kepada pelanggan. Saat menawarkan akses WiFi gratis, Anda bisa meluncurkan strategi WiFi marketing.

  • Membuat landing page sesuai musim atau trend terkini saat pengguna login.

  • Mengumpulkan data dan info kontak pelanggan untuk pemasaran.

  • Kirim promosi yang sensitif waktu.

 

5. Membuat event atau informasi melalui email

 

Ada satu elemen marketing bisnis yang terhubung dengan pelanggan sebelum mereka tiba di tempat bisnis Anda. Salah satunya adalah melalui surat elektronik atau email. Pelanggan sering merespon event atau informasi yang diberikan brand melalui surat elektronik, tepat dari smartphone mereka. Bisnis Anda dapat memanfaatkan email untuk mengirimkan informasi atau acara tertentu yang dilaksanakan secara berkala atau musim tertentu. Misalnya, selama liburan sekolah atau liburan tahun baru.

 

Menawarkan informasi penting seperti kapan waktu event atau cara mendapatkan promo diskon akan sangat menyenangkan bagi pelanggan. Anda juga bisa memberikan ucapan atau pesan liburan yang menggembirakan dan memotivasi. Setiap musim, surat elektronik dapat dikirimkan dengan tema-tema yang berganti dan kreatif. Sehingga, pelanggan tidak akan pernah bosan menerimanya.

 

 

6. Memutar musik tertentu untuk mengubah mood pelanggan

 

Tidak hanya layar monitor yang bisa membuat para pelanggan terhubung dengan tempat bisnis Anda. Suara juga ternyata mempengaruhi mood (suasana hati) dan memori pelanggan. Jika Anda ingin menciptakan sebuah nuansa menyenangkan misalnya ketika musim liburan Lebaran atau Tahun Baru, putar musik yang iramanya membuat bersemangat.

 

Selama musim liburan atau ketika ada event tertentu, Anda bisa mengatur play list lagu yang ingin diputar di dalam toko maupun tempat bisnis Anda. Sebagai contoh, ketika bulan Ramadhan, beberapa tempat bisnis memilih lagu bernuansa religi yang terbaru sesuai target pembeli mereka. Di lain waktu, Anda bisa mengembangkan play list lagu lain yang sesuai dengan suasana musim sedang berlangsung. Dari mulai lagu berirama ceria, hingga lagu dengan beat slow yang santai.

 

 

Bersiap Merilis Strategi Pemasaran Musiman Terbaik

 

Saat musim berganti lebih cerah atau mendung, selalu bersiap siaga dengan alat pemasaran yang tepat.

Mari mempelajari bagaimana WiFi Marketing dan pemasaran apa yang tepat bagi bisnis Anda. Wificolony siap membantu dan menjawab pertanyaan Anda. Hubungi tim marketing kami hari ini untuk mengambil langkah inovatif selanjutnya dan membawa strategi pemasaran baru yang lebih efektif ke dalam bisnis Anda.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia