Situasi New Normal, Saatnya Restoran Memakai Cara Pemasaran yang Lebih Efektif

August 15, 2020

Pandemi COVID19 yang melanda secara global, turut memukul industri kuliner dan bisnis restoran. Pada Maret – April, banyak restoran yang terpaksa harus ditutup sementara dan menjadikan usaha kuliner lumpuh.

Dapat dikatakan setelah era New Normal, persaingan bisnis restoran kini berada di puncak tertinggi sepanjang masa. Pemilik restoran dan marketer harus berjuang keras untuk kembali merebut perhatian konsumen. Mereka perlu menggunakan setiap senjata terbaik mereka untuk kembali meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan.

 

 

Banyak pemilik toko, pemasar, dan manajer yang sadar akan potensi kelebihan WiFi Marketing.

 

Juga dikenal sebagai WiFi Sosial, teknologi WiFi marketing mengubah koneksi WiFi gratis yang Anda tawarkan kepada pelanggan menjadi alat pemasaran efektif. Ini karena, dengan WiFi Marketing, memungkinkan pebisnis untuk membangun dafttar profil atau data pelanggan serta informasi data yang krusial. Contohnya, alamat email dan nomor HP. Hebatnya lagi, data pelanggan ini bisa dibuat dengan sangat cepat.

 

 

Mengapa pemasaran tradisional saja tidak cukup?

 

Alasannya sederhana, pemasaran dengan cara lama tidak akan meningkatkan pendapatan dan laba bisnis.

Dibutuhkan perpaduan antara pemasaran baru dengan analitik yang canggih untuk mengembangkan bisnis restoran di era digital.

 

 

WiFi Marketing untuk Restoran di era New Normal

 

Dengan WiFi marketing, Anda bisa membangun sebuah bisnis yang relevan dengan teknologi digital. Hal ini tentunya sejalan dengan kebiasaan masyarakat milenial yang sangat lekat dengan internet.

Pelanggan yang berkunjung ke restoran bisa mengakses WiFi gratis selama bersantap atau minum kopi. Ketika pengunjung login, WiFi marketing akan mengarahkan ke laman “Landing Page”. Di laman ini, pengunjung akan didorong untuk:

  • Mendaftarkan akun dengan alamat email.

  • Mengikuti atau follow akun sosial media bisnis Anda.

  • Memberikan rating atau ulasan tentang bisnis Anda.

 

Membuat call to action

 

WiFi Marketing dilengkapi WiFi Analisis yang bisa menangkap informasi tentang kinerja toko dan perilaku pelanggan. Bahkan, ketika pelanggan tidak pernah login ke koneksi WiFi sosial tersebut. Strategi WiFi Marketing yang bisa dilakukan adalah mengambil data-data seperti jumlah lalu lintas pejalan kaki tiap jam, dan rata-rata durasi waktu kunjungan pelanggan, maka Anda bisa mendapatkan analisa terbaik kinerja bisnis Anda. Data yang berhasil diperoleh ketika pelanggan login mampu menunjukkan analisa yang luar biasa tentang operasional bisnis restoran Anda serta sejauh mana kampanye pemasaran yang dilakukan berjalan efektif.

 

 

Keuntungan Memakai WiFi Marketing untuk Bisnis Restoran

 

Memperoleh data demografi pengunjung dari jumlah pelanggan yang login ke WiFi marketing mungkin tidak sulit. Tetapi, bagaimana dengan menghitung berapa jumlah pelanggan yang tidak login? Hal ini tentu bukan perkara mudah. Agar bisnis restoran bisa menggunakan WiFi Marketing secara maksimal, Anda harus membuat WiFi Marketing lebih mudah diakses.

 

Kemudian, pastikan juga bahwa WiFi sosial dapat menangkap serta menghitung data sesuai demografi pelanggan yang berbeda-beda. Antara lain;

  • Perputaran omset restoran

  • Jumlah pelanggan loyal dan pelanggan baru

  • Jumlah pejalan kaki harian, mingguan, dan bulanan

  • Waktu kunjungan pelanggan dan waktu kunjungan per jam

Dengan begitu, kampanye pemasaran melalui WiFi Sosial bisa lebih optimal dan dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan Anda.

 

 

Restoran di seluruh dunia berjuang melewati badai pandemi

 

Era New Normal menjadi bukti bahwa dengan komitmen untuk berjuang menghadapi COVID19, perlahan-lahan bisnis restoran dan bisnis lainnya akan tetap optimis untuk pulih seperti semula.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Recent Posts
Please reload

Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Message Us

0811 218 7007

hello@wificolony.com

Copyright © 2019 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia