top of page

Promosi Konten di Media Sosial – Part 1

Leonardo da Vinci bisa menulis dengan satu tangan dan menggambar dengan tangan yang lain pada waktu yang sama. Akan tetapi apa yang dilakukan Leonardo da Vinci tidak bisa kita lakukan hal yang sama. Tapi dengan perbedaan yang tidak bisa lakukan itu, masih banyak hal yang bisa kita lakukan secara terampil, yaitu ketika kita dapat mengelola beberapa strategi dan konten pemasaran dalam satu waktu.

Dalam melakukan proses pemasaran secara bersamaan membutuhkan begitu banyak persiapan, seperti menentukan ide-ide yang datang, penyusunan konsep, mengedit untuk kesempurnaan, rancangan visual, penerbitan, mempromosikan dan mengukur keberhasilan.

Promosi adalah salah satu bagian dari proses pemasaran. Belajar kapan, bagaimana dan di mana untuk mempromosikan produk yang kita jual di media sosial membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan pengujian.

Perlukah saya mempromosikan konten saya di media sosial?

Ada sisi benar-benar teknis, di mana saya menyarankan Anda untuk mempublikasikan konten pada hari Sabtu pada siang di Facebook. Sebagai pemasar, memiliki kecenderungan untuk mendapatkan begitu banyak hal yang menjadi kendala tentang spesifik bahwa kita kehilangan gambaran besar. (Seperti misalnya banyak dari para pemilik usaha sama-sama sedang menerbitkan konten dengan segmen yang sama dan pada saat yang sama, maka hal ini akan membuat media sosial akan merasa sangat membosankan).

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan publikasi konten promosi di media sosial:

  • Pada hari yang sama anda menekankan pada proses “publikasi”

Yang satu ini cukup jelas. Anda ingin mulai mempromosikan konten baru Anda segera. Segera setelah Anda melepaskan sebuah konten, mulai berbagi pada saluran media sosial Anda. Misalnya anda melakukan penyebaran konten melalui media sosial seperti facebook.

  • Mempromosikan lagi dihari setelahnya

Jangan takut untuk berbagi konten Anda di media sosial lebih dari sekali. Sepertinya orang terpaku pada hanya berbagi satu waktu. Pergi ke depan dan berbagi lagi keesokan harinya, karena tidak mungkin bahwa semua pembaca Anda, atau bahkan mayoritas, melihatnya pertama kali.

  • Berbagi konten sekali lagi seminggu kemudian

Minimal, Anda ingin berbagi ketiga kalinya, maka lakukanlah pada satu minggu kemudian. Karena kalau dengan menyebarkan konten di setiap waktu yang sama dan selalu berulang, ini akan membuat audiance akan merasa benar-benar bosan terhadap konten. Maka berhentilah melakukan oversharing, terutama ketika anda telah mencapai tingkat ini.

  • Dorong batas dengan beberapa saham

Saya ingin memastikan Anda memahami bahwa rekomendasi dalam melakukan pemasaran konten melalui media sosial hanya bersifat minimal dari efek yang akan diberikan. Anda dapat melakukan jauh lebih banyak bila Anda berinvestasi dalam beberapa kali pada pemasaran yang anda lakukan melalui media sosial yang sama atau mulai melihat media sosial laiinya, atau bahkan mencoba cara lain yang terkait dengan media sosial.

Sumber : When, How and Where to Promote Your Content on Social Media

Recent Posts
bottom of page