Pentingnya Digital Marketing

Sudah tidak diragukan, dunia sangat cepat berubaha dari analog ke digita. Masyarakat makin sering mengonsumsi konten-konten berbentuk digital setiap harinya, mulai dari akses melalui telpon genggam, laptop, pc kantor, dan lainnya. Perusahaan yang belum menyadari hal ini ada strategi marketing mereka, harus segera beradapatasi dan berubah.

Kenapa digital marketing menjadi sangat penting? Karena itu tidak hanya perubahan yang begitu cepat dalam dunia marketing, tapi akan menjadi masa depan kegiatan marketing, dan nampaknya media digital akan segera menggantikan media-media dengan bentuk yang masih tradisional.

Sementara generasi-genarasi X dan sebelumnya masih bergantung dan menikmati koran, buku-buku cetak, tv, dan radio. Namun mereka yang generasi Y dan Z yang tumbuh dan lahir dengan internet dan telepon genggam, mereka sudah siap untuk menikmati kehidupan dengan konsumsi-konsumsi media digital.

Faktanya adalah bahwa metode komunikasi dan digital marketing lebih cepat, serbaguna, praktis dan efisien, jadi akan menjadi sangat tidak mengherankan jika teknologi telah tersedia, kita akan dengan cepat berpindah ke era digital. Kabar baiknya adalah dunia digital menawarkan potensial yang lebih untuk para pelaku marketing, untuk menyasar pelanggan mereka. Sebelum kita melihat beberapa keuntungan dari digital marketing, berikut adalah beberapa bentuk-bentuk digital marketing yang sudah ada saat ini:

  • Website dan SEO content

  • Blogs

  • Internet banner ads

  • Online video content

  • Pay-per-click (PPC) advertising

  • Email marketing

  • Social media marketing (Faceboo, Twitter, LinkedIn, dll)

  • Mobile Marketing (SMS, MMS, dll.)

Bentuk-bentuk digital marketing tersebut masih jauh dari apa yang telah ada saat ini, termasuk augmented reality, dan yang bentuk-bentuk lainnya yang selalu bermunculan.

Lalu, kenapa digital marketing?

Tentu, digital marketing sangat lebih terjangkau daibandingkan dengan metode marketing offline. Email atau sosial media campaign, sebagai contoh, dapat mengirimkan pesan-pesan marketing kepada para konsumen dengan hampir tanpa biaya jika dibandingkan iklan TV atau selebaran, namund apat berpotensi menjangkau konsumen yang lebih luas.

Keunggulan utama dari penggunaan digital marketing adalah, kita dapat dengan mudah melihat hasil dan memonitornya. Dibanding dengan melakuakn riset pelanggkan, dengan digital marketing kita dapat dengan cepat melihat tingkat respon pelanggan dan mengukur tingkat kesuksesan kegiatan marketing kita secara real-time, sehingga dapat memudahkan kita untuk merencanakan kegiatan marketing selanjutnya menjadi lebih efektif.

Intinya adalah, era digital sudah didepan mata, dan bagi para pelaku bisnis yang masih belum dapat beradaptasi dengan iklim marketing yang baru ini, mereka dalam keadaan yang riskan dan bukan tidak mungkin akan hilang dari kompetisi digital sekarang ini.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia