Mengenal Lebih Jauh Seorang Social Media Manager

Pasti tidak asing lagi dengan istilah social media manager, posisi yang selalu ada dihampir seluruh perusahaan, selaras dengan perkembangan social media yang begitu pesat, seorang social media manager yang hebat menjadi penting dan sangat dibutuhkan dalam perusahaan untuk kegiatan marketing dan lainnya.

Social media manager adalah seseorang dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang dipercaya untuk monitoring, eksekusi, filtering, dan mengukur kehadiran media sosial pada sebuah produk, brand, korporasi, atau bahkan individu. Social media manager sering disebut sebagai “voice of the company” atau suara perusahaan. Peran social media manager mungkin juga dapat dipadankan sebagai community manager atau manager komunitas, meskipun sebenarnya istilah ini sudah ketinggalan jaman. Sebelum era internet, posisi yang paling dekat dengan social media manager adalah public relations representative.

Yang Dilakukan Social Media Manager

Social media manager membuat dan memantau brand promotion, informasi perusahaan, dan marketing campaign untuk perusahaan mereka pada berbagai platform media sosial. Mereka juga memantau social media analytic, baik yang gratis atau yang berbayar, serta merespon pertanyaan dan komentar dari customer sesuai dengan standar perusahaan. Social media manager sehari-hari menghasilkan konten, terus berinovasi dengan ide-ide baru dan memastikan ide yang diciptakan memberi pengaruh yang signifikan terhadap perusahaan.

Social media manager langsung memberikan report kepada social media director, jika dalam organisasi besar, atau pada kepala bagian brand atau konten. Mereka berkerjasama dengan tim-tim kreatif yang lain, seperti marketing, humas, dan tim legal, untuk menjalankan program marketing yang sesuai dengan arahan perusahaan. Seorang social media manager diharapakan selalu up to date dengan keadaan pasar dan tren-tren baru yang sedang berkembang, sesuai dengan tujuan perusahaan.

Posisi social media manager kadang membutuhkan paling tidak lulusan sarjana marketing, public relations atau sejenisnya. Berdasarkan situs job portal Qerja, social media manager menghasilkan gaji berbulan 4-5 jt rupiah.

Infografis berikut menunjukkan berbagai tugas yang mungkin dikerjakan oleh seorang social media manager sehari-harinya.

Seorang social media manager juga dapat bertanggung jawab untuk mengatur strategi sebuah peluncuran produk, membuat video, desain grafis, berkordinasi dengan internal tim, menjalankan paid adveretisements dan masih banyak lagi.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia