top of page

Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Social Media Manager

Setelah pada artikel sebelumnya dijelaskan tentang tugas dan kegiatan social media manager, artikel ini akan menjelaskan keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan-pekerjaan tersebut dan menjadi social media manager yang hebat.

Wificolony - Keahlian yang dibutuhkan seorang social media manager

Berikut beberapa skill yang harus dimiliki dengan baik oleh social media manager:

Copywriting

Social media manager menulis begitu banyak tiap harinya, bahkan sampai puluhan post perhari. Setiap social media yang berbeda, membutuhkan perbedaan dalam gaya penulisan. Sebagai contoh Linkedin, membutuhkan nada yang lebih formal dan professional, sementara Facebook bisa sedikit ringan dan menghibur. Disini pentingnya pengetahuan tentang SEO copywriting yang akan sangat membantu nantinya. Seorang social media manager harus mampu membuat pesan yang dapat dengan mudah dipahami oleh audience, sehingga dapat memberikan sentimen positif bada brand yang dipromosikan. Beberapa tipe penlulisan yang efektif dan komunikatif meliputi penulisan headline yang singkat dan jelas, intro yang menarik, struktur penulisan yang mudah untuk dibaca.

Research

Social media manager harus tetap up-to-date dengan perubahan pada kondisi sosial dan media digital, seperti tools terbaru apa yang digunakan oleh kompetitor dan apa yang diposting oleh kompetitor setiap harinya. Kadang para social media manager dengan jam terbang tinggi memasang Google Alerts pada topik-topik populer, juga menggunakan tool seperti Feedly dan BuzzSumo agar tetap update dengan konten yang sedang tren. Tren sidebar pada Twitter dan Facebook, dan juga hashtag juga membantu untuk tetap up-to-date.

SEO Knowledge

Meskipun SEO sering dianggap bagian terpisah dalam suatu organisasi, tapi SEO memiliki pengaruh yang besar terhadap bagian lainnya, khususnya pada tim konten dan sosial media. Faktanya, berdasarkan Hootsuite, SEO memiliki dampak yang luar biasa pada social media strategi. Social media manager yang hebat pasti mengetahui tentang hal ini, dan akan selalu membuat konten pada media social dengan cara berpikir SEO. Ketika menerapkan SEO dalam social media strategi, kemungkinan untuk menarik audien yang besar akan semakin tinggi, dan akan lebih mudah mendapatkan konsumen potensial.

Social Media Expertise

Sudah pasti sebagai social media manager harus memiliki social media skill. Meskipun hal ini dapat dipelajari seiring berjalannya waktu melalui berbagai riset dan percobaan. Skill dan pengetahuan yang harus dimiliki seorang social media manager termasuk mengetahui konten seperti apa dan cocok untuk platform yang mana, memahami bagaimana mengoptimasi konten berdasarkan platformnya, dan kemampuan menarik perhatian audien melalui sebuahu post.

Customer Services Skills

Sebanyak 34,5% dari para konsumen menggunakan social media sebagai solusi keluhan mereka, maka social media manager membutuhkan keahlian dalam menghadapi konsumen. Konsumen sering menggunakan social media untuk bertanya mengenai suatu produk dan jasa, dan jika para konsumen tidak mendapatkan jawaban atau response, impresi konsumen tersebut akan langsung buruk pada sebuah perusahaan atau brand.

Recent Posts
bottom of page