top of page

Mengenal Marketing Automation

Dalam beberapa tahun terakhir, marketing automation telah menjadi komponen yang semakin menyatu dengan digital campaign. 91% dari pengguna setuju bahwa marketing automation sangat penting bagi keseluruhan keberhasilan kegiatan marketing mereka di berbagai media.

Wificolony - Mengenal marketing automation

Marketing automation memberikan fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan membuatmu dapat melakukan hal yang lebih banyak dalam waktu yang singkat. Namun, agar dapat memaksimalkan pemanfaatannya, kamu harus memahami dengan baik apa itu marketing automation dan bagaiamana cara menggunakannya.

Apa itu marketing automation?

Marketing automation adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan platform yang tujuan utamanya adalah untuk mengotomatisasi kegiatan pemasaran di berbagai media. Umumnya mencakup dari kegiatan marketing yang dilakukan berulang ulang, seperti mengirim email, posting ke media social, dan mengelola informasi kontak.

Jika digunakan dengan baik, marketing automation memungkinkan mu untuk secara efisien dan efektif menghasilkan prospek disetiap tahap pendekatan pelanggan dan membantu dalam mengahasilkan revenue dan memaksimalkan ROI, semuanya dilakukan tanpa perlu mengorbankan kualitas dari pekerjaan yang dihasilkan. Melalui penerapan alur kerja yang efisien, marketing automation dapat membantumu menghasilkan lebih banyak dan lebih cepat.

Penting untuk diketahui bahwa marketing automation bukan untuk menggantikan keahlian yang kamu miliki, namun akan meningkatkan kemampuan yang ada.

Lalu, seperti apa marketing automation bekerja?

  • Bayangkan pengguna mengunjungi situs perusahaanmu, dan mengunduh brosur untuk sebuah produk dan layanan tertentu.

  • Rincian informasi mengenai pengguna yang telah diisikan sebelumnya, akan masuk ke CRM perusahaanmu. Dari sini, kamu dapat mengakses informasi dan interaksi pengguna terhadap perusahaan.

  • Kemudian sebuah email dapat dikirimkan ke mereka, mengucapakan terima kasih karena telah mengunduh brosur perusahaan. Konten dalam email dikirimkan secara personal berdasarkan informasi yang kamu miliki terkait dengan pengguna.

  • Email follow up dapat dikirimkan secara otomatis ke pengguna yang sama, semuanya berdasarkan tindakan dan interaksi sebelumnya.

Dengan cara ini, marketing automation dapat membantumu untuk dengan mudah meningkatkan peluang konversi dengan usaha yang minim.

Recent Posts
bottom of page