top of page

Manfaatkan Wifi untuk Meningkatkan Sales Bisnis Anda

Dewasa ini dapat dipastikan hampir setiap orang mempunyai setidaknya satu device smartphone, tablet atau mobile device lainnya. Bahkan anak kecil berusia dua tahun sudah bisa menggunakan gadget atau sekedar mengakses internet untuk menonton tayangan favorit mereka di Youtube.

Yeap, dunia berubah dengan cepat dan banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi tanpa bisa diprediksi. Masih ingatkah Anda, dulu untuk mencari nomor telepon harus membuka buku telepon, mensortir berdasarkan abjad dimana halaman berwarna putih memuat nomor telepon pelanggan perumahan, lembaga negara, dan perusahaan, dan halaman kuning memuat informasi bisnis. Sekarang, untuk mencari nomor telepon dapat mudah dilakukan dengan bantuan mesin pencari di internet.

Secara statistik, rata-rata durasi penggunaan smartphone dalam mengakses internet dalam satu hari adalah 5,5 jam. Selama mobile device Anda aktif dan memiliki akses internet, dapat dipastikan dimanapun Anda dapat mengakses internet, tapi untuk mengakses internet dibutuhkan biaya untuk membeli kuota internet. Para milenial umumnya memilih untuk menggunakan fasilitas internet gratis melalui jaringan wifi. Bukan hal yang baru, tempat seperti cafe maupun mall menyediakan fasilitas internet gratis untuk pengunjung mereka. Bahkan, wifi gratis sudah menjadi salah satu alasan customer datang ke tempat tersebut.

Berikut 5 alasan mengapa fasilitas wifi gratis dapat meningkatkan sales Anda:

1. Mengenal Pelanggan Anda

Di Wificolony kami menyebutnya Customer Engagement Tools, dengan fitur ini Anda dapat mengumpulkan data pelanggan dan menganalisanya secara mudah dan efektif. Anda dapat mengetahui jenis kelamin, usia, waktu kunjung, atau Anda dapat melakukan survey mengenai produk favorit pelanggan Anda. Data ini akan otomatis tersimpan di database dan dapat Anda analisa untuk perencanaan marketing yang efektif.

2. Mystery Shopper

Mystery Shopper adalah test kualitas pelayanan yang di survei oleh seorang Mystery Shopper. Langkah ini cukup efektif tetapi memerlukan biaya dan tentu penilain mereka akan berbeda dengan pelanggan regular Anda. Dengan sistem survey ini, Anda dapat mengumpulkan opini tentang kualitas layanan pegawai Anda, hal ini dapat dijadikan acuan untuk evaluasi layanan yang Anda berikan.

3. Meningkatkan pendapatan dan informasi

Menyediakan fasilitas wifi gratis merupakan aset tambahan dalam menarik perhatian pelanggan. Selain itu, penelitian menunjukan dengan adanya fasilitas wifi gratis dapat menambah setidaknya 2% dari revenue Anda. Dengan layanan wifi, Anda dapat memberikan informasi mengenai menu atau promo terbaru. Tentu hal ini dapat membuat bisnis Anda semakin kompetitif.

4. Menghubungkan online dengan offline

Jika Anda memiliki toko online dan offline, Anda dapat mengambil keuntungan dalam hal ini. Contoh, pelanggan Anda mengunjugi toko Anda dan menghabiskan beberapa waktu disana tetapi tidak membeli produk Anda. Tentu hal ini akan menjadi perhatian anda dalam usaha meningkatkan sales. Tapi apabila Anda menggunakan fitur pada Wificolony, Anda dapat menggunakan data yang dikumpulkan dan mengirimkan penawaran yang sesuai dengan kriteria. Misalnya, Anda mengirimkan email penawaran atau pemberitahuan tentang promo terbaru ke kepada mereka yang menghabiskan 5 menit di toko untuk memastikan mereka adalah pelanggan Anda bukan hanya pejalan biasa. Anda dapat mengarahkan pelanggan untuk membeli secara online atau dengan membeli di toko langsung tergantung dengan pesan yang Anda kirimkan.

5. Membangun keunggulan kompetisi dan kesetiaan pelanggan

Menyediakan fasilitas wifi gratis hampir menjadi suatu standar untuk semakin menarik perhatian pelanggan setia. Apabila Anda ingin membangun keunggulan lebih dibanding kompetitor, Anda dapat menggunakan cara seperti loyalty program yang menarik dan lebih efisien dibandingkan dengan kartu. Misalnya, melalui koneksi wifi untuk registrasi dan memberikan pesan singkat pop-up “Terima kasih telah berkunjung, kami telah menyiapkan promo menarik khusus untuk Anda”.

Recent Posts
bottom of page