Wifi - Marketing Tools Baru Untuk Bisnis Retail

Marketing adalah suatu kegiatan yang penting dalam roda bisnis, marketing diperlukan untuk memenangkan persaingan bisnis retail yang kompetitif. Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca tentang strategi 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion, tetapi seiring berkembangnya zaman, teknologi seakan mengambil alih strategi pemasaran retail.

Menawarkan jaringan wifi gratis bukan hanya untuk kepuasan konsumen saja tetapi banyak pemilik restoran dan pebisnis hotel menggunakan wifi sebagai alat marketing mereka. Marketing dengan menggunakan jaringan wifi gratis memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data contact pelanggan, mengoptimalisasi pemasaran dengan email dan sms marketing supaya mereka dapat kembali lagi, melakukan segmentasi pemasaran dan target yang tertuju.

Know Your Customer

Dalam Toko retail, wifi dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi pelanggan dengan cara pelanggan masuk ke toko Anda kemudian terhubung dengan jaringan wifi gratis. Ketika terhubung, pelanggan akan dialihkan ke platform website untuk melakukan login menggunakan alamat email, nomor telepon, atau akun social media mereka.

Menanyakan informasi pelanggan saat melakukan pembayaran di kasir mungkin akan membuat mereka tidak nyaman karena tidak ingin informasinya diketahui oleh orang lain tetapi ini akan berbeda apabila memberikan informasi dengan cara mengetik di handphone milik mereka sendiri. It’s Complicated but It’s Honest, Pelanggan menyadari bahwa mungkin Anda akan menghubunginya sesudah mereka memberikan informasi.

Promo & Feedback

Setelah mendapatkan informasi pelanggan, Anda dapat segera mengirimkan kupon atau reward melalui email maupun sms. Ketika pelanggan terkoneksi, Anda dapat menunjukan content promo atau produk baru, mengumpulkan feedback dengan survey atau menuntun mereka ke webpage yang diinginkan.

Customer’s Loyalty

Bukan hanya sebagai alat marketing, wifi juga dapat mendeteksi seberapa banyak smartphone yang terhubung dengan wifi dan yang tidak terhubung di dalam lokasi toko. Apabila pelanggan melakukan koneksi dengan memasukan contact mereka, Anda akan mendapatkan data seberapa lama mereka berkunjung, berapa kali mereka melakukan kunjungan dan waktu kapan mereka berkunjung. Ini merupakan informasi yang kuat, bukan?

Para ahli marketing akan mengirimkan content marketing dengan mensegmentasikan pelanggan. Misalnya, mereka akan mengirimkan content promo season big sale untuk mereka yang datang tidak lebih dari 1 kali dalam sebulan dan content promo yang berbeda untuk pelanggan setia yang datang lebih dari 3 kali dalam sebulan.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia