WiFi Marketing dan Peningkatan Loyalitas Pelanggan, Bagaimana Caranya?

Menurut platform WiFi marketing dari Amerika Serikat, pemasaran dan pelanggan dapat terhubung melalui perangkat seluler untuk meningkatkan loyalitas dan penjualan bisnis.

Dalam 3 tahun sejak didirikan, platform WiFi marketing ini sudah berkembang hingga 25.000 tempat di lebih dari 40 negara bagian.

Caranya sederhana, mereka meningkatkan 3 fungsi utama WiFi marketing sebagai: Analisis Pelanggan, Sosial WiFi, dan Kampanye.

1. Analisis Pelanggan

Pelanggan yang memiliki smartphone yang dilengkapi WiFi tentu tidak akan segan menggunakan WiFi gratis yang sudah disediakan bisnis Anda.

Entah itu, toko, restoran, kafe, kantor atau apa pun, umumnya para pelanggan sangat senang menggunakan WiFi secara cuma – cuma alias gratis.

Nah, kesempatan ini bisa Anda integrasikan dengan aplikasi WiFi yang selanjutnya akan mendeteksi smartphone pelanggan dan memberikan info analisa yang menarik.

Informasi ini bisa Anda pakai untuk mengidentifikasi jumlah pengunjung, frekuensi kunjungan dan durasi kunjungan berdasarkan lokasinya atau karakter demografis lainnya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa dengan WiFi marketing, Anda juga bisa mengenali perilaku para pelanggan untuk mempersiapkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

2. Sosial WiFi

Saat pertama kali mengakses WiFi, pelanggan akan diarahkan ke laman landas (landing page) yang mewakili brand dan bisnis Anda.

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk login dengan akun sosial media, email bisnis atau akun lain yang dapat menetapkan hubungan penting antara profil digital pelanggan dan perilaku fisik setiap pengunjung.

3. Kampanye

Setelah mendapatkan dan mengelola data pelanggan dari perangkat seluler, selanjutnya platform WiFi marketing dapat digunakan untuk mengirimkan pesan via SMS atau email.

Komunikasi yang memicu hubungan ke setiap pelanggan ini bisa disesuaikan berdasarkan demografi dan pola perilaku atau kebiasaan pelanggan. Misalnya saja, jika pelanggan sudah ketiga kalinya mengunjungi toko Anda, maka ia berhak mendapatkan kupon atau voucher gratis.

Fungsi ini akan membuat pelanggan lebih loyal karena mereka mendapatkan penghargaan atas “kesetiaan” mereka menggunakan brand Anda.

4. Mengubah Pengalaman Pelanggan

Pada umumnya, para konsumen tidak hanya ingin bisnis Anda menyediakan WiFi gratis. Tetapi, mereka juga ingin mendapatkan pengalaman yang lebih istimewa.

Sebagai contohnya, saat pelanggan Anda berkunjung ke toko dan membeli sebuah produk. Maka, mereka bisa mendapatkan lebih banyak diskon berdasarkan durasi atau seringnya mereka membeli.

Hebatnya lagi, dengan platform WiFi kini hal itu bisa dilakukan secara otomatis. Karena platform WiFi marketing sudah terintegrasi dengan sebagian besar jaringan bisnis.

Platform WiFi akan merekomendasikan produk – produk yang relevan kepada pelanggan berdasarkan perilaku belanja mereka yang sudah terekam di masa sebelumnya.

Atau, platform WiFi akan menampilkan ulang produk – produk tertentu yang paling diminati dengan penawaran online yang harganya lebih spesial.

5. Platform WiFi Marketing di Masa depan

Dengan menggunakan platform WiFi marketing, pemasar dapat menyampaikan pesan kampanye langsung ke pelanggan di dalam toko.

Perangkat seluler sangat ideal dijadikan saluran pemasaran untuk ritel dan berbagai brand karena saat ini hampir semua orang memiliki smartphone.

Persaingan bisnis saat ini sudah semakin ketat. Bisnis toko offline ataupun toko online sama – sama terus berkompetisi merebut hati pelanggan.

Platform WiFi marketing bisa menjadi solusi terbaik bagi bisnis untuk meningkatkan bisnis ke level selanjutnya di masa mendatang.

Hubungi tim Wificolony untuk menyediakan platform WiFi management yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia