Tips Sukses Membuat Iklan OOH yang Melejitkan Penjualan

Iklan OOH (Out of Home) atau iklan di luar ruangan merupakan bentuk iklan yang saat ini dapat ditemukan dengan mudah di tepi jalan. Bukan tanpa alasan, kenapa sih banyak marketer yang memakai iklan OOH atau iklan luar ruangan. Hal ini karena iklan OOH dianggap masih sangat efektif mempromosikan atau meningkatkan branding awareness audiens yang melihat iklan OOH.

Tidak hanya berupa papan iklan raksasa yang ada di tepi jalan, iklan OOH juga bisa meliputi gambar iklan di halte bus, bangku taman, bus, taksi, truk, dan sebagainya. Tetapi, bagaimana sih agar bisa membuat iklan OOH yang efektif untuk melejitkan penjualan dan meningkatkan omset bisnis? Maka itu, yuk baca terus artikel ini untuk menambah wawasan Anda.

Tips-tips Sukses Membuat Iklan OOH yang Efektif

Sama halnya dengan kampanye pemasaran lain, perencanaan yang cermat sangat penting untuk memastikan keberhasilan efektivitas iklan OOH. Di era digital, smartphone terkadang bisa mendominasi perhatian audiens. Jadi, marketer iklan OOH harus selangkah lebih unggul dalam persaingan ini.

Berikut adalah beberapa tips penting untuk memastikan kampanye OOH Anda bisa sukses dan efektif.

1. Manfaatkan data sebagai alat utama

Salah satu alat yang paling signifikan untuk menembus persaingan di dunia periklanan dan pemasaran adalah ketersediaan data. Hal ini akan menghasilkan personalisasi yang lebih baik, penargetan yang lebih baik, dan pengukuran yang lebih akurat. Pastikan untuk mengumpulkan data-data seperti demografi konsumen ini lalu diterapkan dalam kampanye OOH Advertising. Selain itu, sebaiknya gunakan fitur analisis tertentu untuk mengelola data dan melihat sejauh mana keberhasilan kampanye OOH tersebut.

Bagi marketer, iklan OOH sekarang menjadi tempat yang menyenangkan untuk melakukan promosi. Data memicu inovasi dan melengkapi kampanye Digital OOH yang lebih kuat. Di era modern, marketer kekinian memiliki akses ke data besar yang pada beberapa dekade silam, tidak tersedia. Kumpulan data ini telah memungkinkan marketer untuk membuat lebih banyak iklan OOH yang efektif dan kampanye yang lebih sukses. Perlu diingat, jika Anda memperoleh data demografi audiens ini dari pihak ketiga, sebaiknya periksa kembali dengan teliti dan cermat sebelum menjalin kerjasama.

2. Coba kampanye iklan yang mudah viral

Umumnya, kampanye iklan OOH sengaja dirancang untuk memancing keterlibatan atau tindakan dari audiens. Kampanye atau iklan di luar ruangan (OOH) dapat dikatakan berfungsi dengan baik jika orang-orang membicarakannya dan membagikannya, sehingga menjadi viral.

Oke, sebagai contoh yang bagus, ada sebuah iklan OOH menggunakan papan billboard berukuran raksasa di London. Iklan OOH ini menampilkan promosi serial TV BBC, berjudul “Dracula”. Iklan OOH ini bukan papan iklan sembarangan. Meskipun tampak biasa dan tidak ada yang aneh, tapi tunggu ketika papan iklan tersebut dilihat saat malam hari menjelang. Ternyata, papan iklan ini menyembunyikan gambar siluet sesosok bayangan drakula yang hanya bisa tampil atau muncul jika hari sudah menjelang gelap di malam hari.

Tak ayal, iklan OOH ini viral dan dibagikan di media sosial yang pasti menjadi impian bagi setiap marketing. Semua ini karena perpaduan sempurna antara kreativitas dan sharability.

3. Kualitas lokasi pemasangan iklan OOH lebih bagus daripada kuantitas.

Sebagai marketer, mungkin Anda pernah tergoda memasang beberapa iklan OOH di banyak lokasi karena tarif lokasinya yang lebih murah. Tetapi, dengan iklan OOH, akan jauh lebih baik mengambil pendekatan yang berbeda.

Sebelum menempatkan iklan OOH, marketer sebaiknya memilih lokasi yang memiliki traffic atau lalu lintas tinggi. Hal ini bisa menjangkau lebih banyak orang hanya di satu titik lokasi. Ketimbang hanya memasang iklan OOH di banyak tempat, tetapi jarang orang yang melintas atau melihatnya.

Nah, sudah terbukti kan, iklan OOH sangat penting untuk memastikan pesan promosi bisnis Anda tersampaikan secara jelas dan sederhana. Konsep “less is more” jauh lebih efektif, karena biasanya audiens hanya melihat iklan OOH dalam waktu singkat sekitar 2-3 detik pertama.

Inilah sebabnya, Anda membutuhkan iklan OOH yang sangat menarik secara visual dan kreatif.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia