5 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Masa Pandemi

Peran konsumen menjadi salah satu aspek penting bagi kelangsungan setiap usaha di berbagai golongan. Maka tidak heran apabila loyalitas konsumen dapat dikatakan sebagai manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan konsumen dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan, serta untuk tetap menjadi konsumen perusahaan tersebut. Menurut Kotler, Hayes dan Bloom dalam bukunya, ada enam alasan mengapa suatu usaha perlu mendapatkan loyalitas pelanggannya.

  • pelanggan yang ada lebih prospektif artinya pelanggan loyal akan memberi keuntungan besar kepada institusi

  • biaya mendapatkan pelanggaran seri pelanggan baru jauh lebih besar berbanding menjaga dan mempertahankan pelanggan yang ada

  • pelanggan yang sudah percaya pada institusi dalam suatu perusahaan akan percaya juga dalam urusan lainnya

  • biaya operasi institusi akan menjadi efisien jika memiliki banyak pelanggan loyal

  • institusi dapat mengurangkan biaya psikologis dan sosial dikarenakan pelanggan lama telah mempunyai banyak pengalaman positif dengan institusi

  • pelanggan loyal akan selalu membela institusi bahkan berusaha pula untuk menarik dan memberi saran kepada orang lain yang menjadi pelanggan

Berkaca pada masa transisi ke era new normal saat ini, tentunya para pemilik usaha perlu memikirkan beberapa alternatif cara untuk menjaga dan membentuk loyalitas pelanggan. Beberapa alternatif usaha ini tentu harus menyesuaikan dengan situasi yang ada saat ini, seperti penerapan protokol kesehatan. Berikut alternatif yang dapat dilakukan:

Bisa Cepat Beradaptasi dengan Situasi

Jangan panik dan hindari berasumsi terlalu buruk dalam melewati masa ini merupakan alternatif penting yang dapat memupuk kepercayaan pelanggan terhadap institusi. Fokuslah untuk terus melakukan yang terbaik dan meningkatkan kualitas. Memang, situasi ini mungkin tidak akan kembali normal dalam waktu dekat. Namun, Anda harus tetap berinovasi agar bisa beradaptasi dan tetap mempertahankan kualitas untuk pelanggan.

Memantau Pasokan Bahan

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memantau pasokan bahan. Saat ini, beberapa wilayah telah melakukan pelonggaran PSBB, namun tetap menggalakkan protokol yang ada. Tidak menutup kemungkinan beberapa ekspedisi akan mengalami penundaan. Hal ini perlu diantisipasi oleh setiap pemilik usaha. Salah satu bentuk antisipasi tersebut dengan mencari pasokan bahan lokal. Selain menghemat waktu yang seharusnya dihabiskan di ekspedisi, kalian juga dapat membantu UMKM lokal.

Menjalankan Protokol Kesehatan

Di masa saat ini, memperhatikan protokol kesehatan menjadi aspek penting lainnya yang dapat membentuk loyalitas pelanggan. Pelanggan akan melihat institusi mana yang sangat memperhatikan kebersihan dan menerapkan protokol dengan ketat, terutama bagi usaha offline. Kini, protokol kesehatan pun menjadi salah satu aspek penting untuk meningkatkan rasa nyaman dan aman yang dimiliki pelanggan. Selain fasilitas Kesehatan, kesehatan para karyawan juga perlu diperhatikan. Menjaga satu sama lain antara pemilik dengan karyawan maupun karyawan dengan pelanggan adalah bentuk kepedulian satu sama lain yang dapat membentuk kepercayaan pelanggan pada suatu usaha.

Terus Menjalin Interaksi dengan Pelanggan Melalui Berbagai Media Digital

Interaksi dengan pelanggan cukup penting untuk membangun loyalitas pelanggan. Di masa seperti ini interaksi tersebut dapat dilakukan dengan mengoptimalkan peran digital.

Memanfaatkan peran digital sebagai salah satu cara pemilik usaha dan pelanggan berinteraksi di masa pandemi ini. Di masa transisi ini, masyarakat tidak lagi merasa bebas untuk keluar rumah. Maka tidak heran apabila kebanyakan masyarakat saat ini menghabiskan waktu, baik itu untuk berkomunikasi dalam bekerja atau sekedar menghilangkan kebosanan, menggunakan smartphone mereka.

Agar usaha Anda tetap bertahan saat pandemi, Anda perlu memikirkan startegi komunikasi yang tepat ketika berhadapan dengan pelanggan. Bila ada informasi baru, infokan dengan detail kepada pelanggan Anda, baik melalui media sosial, email, atau kanal komunikasi lainnya. Di sisi lain, pastikan Anda mengetahui apa saja feedback yang diberikan pelanggan terkait bisnis Anda saat ini. Kemudian, berikan bantuan dan solusi terbaik untuk mereka.

Anda juga dapat menerapkan suatu usaha dalam menyediakan jembatan strategis antara strategi pemasaran dan teknologi informasi, yakni Customer Relationship Management. Dengan Customer Relationship Management, para pemilik bisa menjalin hubungan dengan pelanggan demi meningkatkan profitabilitas dari suatu usaha.

Fokus terhadap Layanan Home Treatment

Seperti yang diketahui, imbauan untuk tidak keluar rumah adalah sesuatu yang harus diindahkan, sebab hal ini terbukti ampuh untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona. Bagi Anda yang memiliki outlet offline, akan sangat mungkin outlet Anda sepi karena memang pelanggan lebih memilih di rumah saja. Agar bisnis tetap bertahan saat ini, ada baiknya menerapkan online food delivery guna memudahkan pelanggan untuk tetap bisa menikmati santapan dari restoran atau kedai Anda.

Apabila Anda tidak memiliki jasa delivery langsung, daftarkan saja restoran atau kedai Anda di layanan online yang tersedia. Memanfaatkan penetrasi pasar melalui marketplace Di Indonesia telah tersedia beberapa marketplace untuk pemasaran produk Anda. Seperti yang disampaikan Menteri Koperasi dan UMKM, bahwa pemerintah akan bekerja sama dengan beberapa marketplace untuk mendorong agar penjualan produk UMKM serta warung dapat terfasilitasi dengan baik saat ini. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk melakukan pemasaran melalui marketplace.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia