Aplikasi Login WiFi dengan Social Media untuk Database Konsumen Anda

Saat ini internet menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terpisahkan lagi dari kehidupan sosial kita. Tidak heran jika banyak bisnis baik toko, cafe, restoran maupun hotel yang menyediakan layanan WiFi gratis untuk para pelanggannya. Meskipun sekilas ini hanya terlihat seperti sebuah layanan biasa, menyediakan WiFi gratis ternyata memiliki manfaat untuk sebuah bisnis yakni untuk mengumpulkan database user.

Aplikasi Login WiFi dengan Social Media untuk Database Konsumen Anda | Wificolony

Bagaimana Cara Memanfaatkan WiFi Gratis untuk Mengumpulkan Database User?

Jika sebelumnya Anda pernah berkunjung ke sebuah cafe atau restoran dan Anda diminta login agar bisa mengakses internet gratis yang mereka sediakan, itu dilakukan bukan tanpa alasan. Ketika pengguna diminta untuk login sebelum mengakses internet, secara otomatis mereka akan diminta memasukkan data. Data inilah yang menjadi sumber penting yang sangat menguntungkan jika dikelola dengan baik.

Salah satu informasi yang bisa Anda dapatkan dari halaman login WiFi gratis yang Anda sediakan adalah informasi sosial media dari pengguna. Ketika pengguna masuk ke jaringan internet dengan menggunakan social media, Anda akan mendapatkan informasi yang penting dari jejaring sosial pengguna. Jika dikumpulkan, data social media login ini akan membentuk database user yang memiliki banyak kegunaan antara lain sebagai berikut:

  • Mengetahui interests/kesukaan dari pengunjung Anda. Media sosial adalah tempat yang digunakan untuk mencurahkan pikiran dan kesukaan. Dari media sosial pengunjung Anda bisa mengetahui ketertarikan mereka termasuk alasan mereka mengunjungi Anda

  • Berkomunikasi secara personal. Ketika pengguna masuk ke jaringan internet gratis Anda dengan social media login, Anda bisa melakukan pendekatan secara lebih personal dengan masing-masing pengguna. Misalnya saja dengan mengucapkan selamat ulang tahun di halaman media sosial mereka, memberikan penawaran sesuai dengan kesukaan mereka dan lain sebagainya

  • Merancang promosi yang sesuai dengan data pengguna Anda. Dari data pengunjung, Anda bisa memperoleh statistik dan demografi mereka. Dari data ini Anda bisa merencanakan program dan cara promosi yang paling sesuai. Ini merupakan salah satu cara untuk menentukan langkah bisnis Anda ke depan.

Menggunakan Social Media Login untuk Membatasi Bandwidth

Percaya atau tidak, adanya WiFi gratis adalah salah satu alasan utama pelanggan untuk datang ke sebuah tempat komersial. Sebuah cafe yang memiliki WiFi dengan kecepatan tinggi umumnya akan segera menjadi favorit meskipun dari segi menu kurang bervariasi. Sebaliknya, cafe yang menyediakan menu yang cukup beragam bisa jadi sepi pengunjung hanya karena jaringan internet nirkabel yang disediakan tidak cukup memadai.

Tapi, menyediakan internet berkecepatan tinggi saja ternyata tidak cukup. Pasalnya, Anda tidak tahu berapa banyak orang yang akan menggunakannya di hari itu. Terlalu banyak orang yang datang bisa membuat internet jadi lemot dan ini bisa jadi biang keladi sebuah bisnis kehilangan pelanggan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membatasi bandwidth.

Bandwidth sendiri merupakan kecepatan yang disediakan oleh jaringan internet untuk mentransfer data dalam setiap detiknya. Semakin banyak pengguna, bandwidth akan terbagi-bagi dan inilah yang menyebabkan koneksi menjadi lambat. Untuk menghindarinya, Anda harus membagi berapa kecepatan yang bisa diakses oleh setiap pengguna.

Agar lebih mudah melakukan limitasi atau pembatasan bandwidth, Anda bisa menggunakan autentikasi login untuk setiap pengguna. Informasi yang dibutuhkan untuk autentikasi biasanya adalah username dan password. Sebagai ganti username dan password, Anda bisa menggunakan social media login yang lebih simpel dan tentu saja memberikan keuntungan lebih bagi bisnis Anda.

Ubah WiFi Gratis Jadi Keuntungan Berlipat

Banyak pemilik bisnis yang mungkin masih berpikir panjang untuk menyediakan layanan internet gratis sebagai bagian dari fasilitas mereka. Umumnya biaya menjadi alasan utama. Padahal jika dioptimalkan dengan baik, menyediakan internet gratis justru bisa mendatangkan banyak keuntungan meskipun hasilnya tidak bisa dilihat saat itu juga.

Menyediakan layanan internet gratis dengan memanfaatkan social media login akan membuka kesempatan bagi Anda mengenal pengguna Anda dengan lebih baik. Anda juga bisa menjalin komunikasi yang lebih personal. Secara tidak langsung, ini akan meningkatkan citra bisnis Anda yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan materil yang lebih besar lagi dibanding sekadar membayar biaya internet bulanan.


Recent Posts