Cara Meningkatkan Kualitas Customer Database

Jika sebelumnya Wificolony telah membagikan tips untuk membuat database customer yang efektif, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana mempertahankan dan meningkatkan kualitas customer database yang sudah Anda miliki.

Tidak diragukan lagi bahwa customer database adalah sumber daya paling berharga dalam bisnis Anda. Tapi kadang jumlah yang besar saja tidak cukup. Penting bagi Anda untuk memahami data dengan benar dan menerapkan sistem yang sesuai agar data yang dimiliki benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi bisnis Anda.

Data pelanggan sangat cepat dan mudah berubah. Orang-orang mengganti alamat email, pekerjaan dan pindah rumah. Perubahan data ini bisa menurunkan kualitas database yang Anda miliki. Lalu, bagaimana langkah mempertahankan dan meningkatkannya? Simak ulasan berikut ini!

Cara Meningkatkan Kualitas Customer Database | Wificolony

Manfaatkan Kampanye Terprogram

Dengan menggunakan database yang saat ini Anda miliki, lakukan kampanye terprogram. Rancang kampanye kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat dengan konteks yang tepat. Hasil dari kampanye ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda tentang seberapa baik kualitas database yang Anda miliki.

Buat Konten yang Dinamis

Konten yang dinamis atau dynamic content merupakan istilah yang merujuk pada konten yang selalu berubah-ubah. Perubahan ini biasanya dilakukan karena ada perubahan kebutuhan, preferensi dan perilaku audiens. Membuat konten yang berubah-ubah sejalan dengan data yang juga dinamis.

Dynamic content bisa dipersonalisasi sesuai dengan minat dan durasi pengguna ketika mengakses situs dan platform Anda. Lalu, bagaimana peran konten yang dinamis ini terhadap kualitas database pelanggan yang Anda miliki. Ketika pengguna merasa apa yang Anda sajikan sesuai dengan harapan, mereka tidak akan segan untuk berbagi informasi lain yang berhubungan dengan minat mereka.

Tujuannya adalah agar mereka bisa memperoleh pengalaman pelanggan yang lebih baik lagi. Pembaruan data pelanggan ini bisa menjadi cara untuk memperbaiki dan mempertahankan kualitas database yang ada.

Lakukan Kontak dengan Database Anda Sesering Mungkin

Ibarat daftar nama dalam ponsel Anda, beberapa di antara nomor-nomor yang Anda simpan mungkin sudah tak bisa lagi dihubungi. Untuk mencegah menumpuknya ‘data dingin’ yang tidak berguna lagi, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengontak database Anda sesering mungkin.

Anda bisa menanyakan kabar pelanggan atau memberikan informasi terkait perubahan layanan Anda. Bisa juga memberikan informasi terkait produk baru yang akan Anda luncurkan.

Tingkatkan Customer Reviews untuk Dapat Feedback

Salah satu cara paling ampuh untuk membangun database yang lebih baik adalah dengan mendengarkan segala keluhan dan pendapat pelanggan. Ini bisa dilakukan dengan meningkatkan customer review. Sayangnya, tidak semua pelanggan mau menuliskan ulasan meskipun mereka puas atau bahkan tidak puas dengan layanan Anda. Lantas, bagaimana caranya mengajak mereka untuk mau memberikan ulasan?

Langkah paling mudah adalah bertanya langsung. Tanyakan kepada pelanggan apa pendapat mereka tentang layanan Anda. Minta mereka memberikan masukan mengenai apa yang harus diperbaiki dari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Biarkan Pelanggan Anda Memperbarui Datanya Sendiri

Ini mungkin terdengar sulit. Tapi Anda tetap bisa melakukannya dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan mengirimkan email survei yang mengharuskan mereka memasukkan kembali detail data pribadi yang baru atau mengirimkan pesan kepada pelanggan dan meminta mereka menginformasikan pada Anda jika ada informasi yang berubah.

Karena memiliki peran yang sangat krusial dalam pengembangan bisnis, customer database harus selalu diperbarui agar kualitasnya tidak menurun. Dengan database yang berkualitas, Anda memiliki data konsumen yang valid dan relevan untuk dianalisa. Dengan menggunakan beberapa langkah di atas, Anda bisa memaksimalkan kualitas data pelanggan yang Anda miliki untuk memaksimalkan strategi pemasaran yang lebih terarah. Hubungi Wificolony untuk memperoleh informasi seputar customer database apa yang tepat bagi perusahaan Anda.


Recent Posts