Fitur Apa Saja yang Harus Ada dalam Captive Portal Anda?

Bagi sebuah bisnis yang menyediakan layanan WiFi, keberadaan captive portal sangatlah penting. Captive portal sendiri adalah halaman web sederhana yang diperlukan oleh pengguna untuk mendapatkan akses ke jaringan. Captive portal biasanya digunakan oleh bisnis, bandara, lobi hotel, kedai kopi, restoran dan berbagai tempat yang menawarkan jaringan WiFi gratis.

Fitur Apa Saja yang Harus Ada dalam Captive Portal Anda? | Wificolony

Captive portal sederhana mengharuskan pengguna untuk setidaknya melihat atau membaca halaman kebijakan pengguna. Mereka lalu mengklik tombol persetujuan terhadap persyaratan kebijakan yang dibuat oleh penyedia jaringan. Hal ini bisa membantu membebaskan penyedia jaringan dari tanggung jawab jika pengguna melakukan tindakan kejahatan atau aktivitas yang merugikan dengan jaringan yang mereka pakai.

Saat ini, captive portal bisa dimaksimalkan untuk berbagai kebutuhan. Ada beberapa fitur yang sebaiknya Anda sertakan dalam captive portal Anda agar fungsinya berjalan maksimal.

Registrasi Mandiri

Registrasi mandiri atau self-registration bisa dimanfaatkan oleh tamu dan karyawan untuk mendapatkan akses tamu ke jaringan lewat interface web yang sudah dirancang sedemikian rupa. Adanya kebijakan keamanan khusus memungkinkan proses ini berlangsung tanpa ada keterlibatan IT. Pengguna hanya tinggal memasukkan nama, email dan informasi lainnya untuk bisa mengakses jaringan.

Registrasi Berbasis Sponsor

Di sinilah pengguna yang ingin mendapatkan akses tamu bisa mendaftarkan perangkat mereka ke akses jaringan tertentu, sebut saja perusahan A. Perusahaan B merupakan sponsor yang berwenang memberikan akses jaringan. Setelah pengguna melakukan registrasi, secara otomatis ada pesan yang dikirim ke A, B akan menjadi perusahaan yang memberikan akses kepada pengguna tersebut.

A memberikan izin dan kemudian akses kredensial dikirimkan kepada pengguna lewat SMS atau email. Sekarang pengguna bisa memiliki akses ke jaringan Anda lewat sponsor.

Pra-registrasi

Fitur ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki banyak pengunjung yang datang untuk melakukan rapat, konferensi dan lain sebagainya dengan menggunakan jaringan Anda. Anda bisa membuat daftar tamu ke dalam bentuk SML, CSV atau teks biasa sesuai yang Anda butuhkan. Anda juga bisa menentukan waktu kadaluarsa akses, nama pengguna dan kata sandi ketika mereka secara otomatis akan memiliki akses tamu yang bisa mereka gunakan saat mereka datang ke tempat Anda.

Notifikasi

Anda bisa mengatur pemberitahuan melalui email atau SMS untuk memberi orang lain akses seperti yang disebutkan di atas. Notifikasi dengan menggunakan SMS atau email ini bisa membantu menyederhanakan pendaftaran.

Mengatur Waktu Akses

Captive portal yang Anda miliki harus memiliki kemampuan untuk menentukan batasan hari dan waktu untuk akses tamu. Dengan begitu ketika waktu yang ditentukan sudah habis, aksesnya secara otomatis akan kadaluarsa (putus). Anda tentu tidak mau memberikan akses tanpa batas pada satu pengguna saja bukan? Sebab jika ya, ada kemungkinan orang tersebut akan datang lagi nanti untuk menggunakan jaringan Anda kembali, bahkan memberikan aksesnya kepada orang lain juga. Ini tentu akan merugikan untuk bisnis Anda.

Laporan

Layanan captive portal yang baik harus mampu melacak dan melaporkan aktivitas akun tamu serta karyawan. Anda bisa mendapatkan laporan penggunaan untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik.

Captive portal merupakan layanan yang bisa memberikan Anda banyak keuntungan. Jika ingin mengaktifkan berbagai fitur di atas, Anda bisa menghubungi penyedia jasa yang terpercaya. Semoga informasi terkait captive portal ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan kinerja bisnis Anda.


Recent Posts