Fungsi Captive Portal untuk Penyedia Layanan WiFi

Ada beberapa manfaat menggunakan captive portal bagi para pemilik bisnis yang menyediakan layanan internet gratis antara lain:

Fungsi Captive Portal untuk Penyedia Layanan WiFi | Wificolony

1. Meningkatkan Keamanan

Penggunaan router ini secara otomatis akan meningkatkan keamanan jaringan WiFi Anda. Halaman otentikasi dapat dikonfigurasi untuk meminta pengguna memasukkan kata sandi atau data pribadi sebagai imbalan untuk akses jaringan. Ini akan menjadi cara yang menguntungkan, terutama jika Anda hanya ingin menawarkan akses WiFi ke segmen pengguna tertentu.

2. Mengumpulkan Data Pengguna

Penggunaan ‘gerbang’ khusus ini juga bisa menjadi cara bagi penyedia layanan WiFi untuk mengumpulkan data mengenai pengguna. Misalnya saja, Anda ingin melakukan survei tentang menu baru apa yang cocok untuk kafe Anda. Anda bisa menyertakan kuesioner yang harus dijawab sebelum pengguna mendapatkan akses internet gratis.

Saat ini captive portal bahkan menyediakan otentifikasi yang bisa dilakukan lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Media sosial merupakan salah satu sumber data yang kaya tentang konsumen Anda. Dengan memiliki data berupa media sosial pengunjung kafe Anda, Anda bisa mengetahui kebiasaan dan kesukaan mereka. Dari sini, Anda bisa membangun komunikasi secara lebih personal sekaligus memberikan penawaran yang paling sesuai dengan masing-masing individu.

3. Memberikan Perlindungan Hukum

Ketika menyediakan layanan internet gratis, Anda juga dituntut memberikan jaringan yang aman dan bebas dari peretas. Menerapkan jaringan yang hanya bisa ditembus dengan menggunakan kata sandi atau halaman login akan mencegah pengguna yang tidak bertanggung jawab masuk ke dalam jaringan Anda. Dengan begitu, Anda bisa melindungi diri dan bisnis Anda dari kemungkinan tuntutan hukum akibat jaringan yang tidak aman.

4. Sebagai Pengatur Jaringan

Untuk memberikan layanan yang maksimal, Anda tentu tidak ingin penggunaan jaringan WiFi yang Anda sediakan tidak seimbang. Adanya captive portal ini memungkinkan Anda membagi bandwidth antara penggunaan untuk keperluan bisnis dan untuk konsumen. Anda juga bisa membagi rata berapa kecepatan internet yang dapat diakses oleh setiap device. Dengan begitu semua pengguna bisa menikmati internet dengan kecepatan yang sama dan koneksi internet untuk bisnis Anda juga tidak akan terganggu.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda pernah login ke halaman WiFi gratis yang disediakan oleh sebuah lembaga atau bisnis, Anda pasti akan melihat logo perusahaan di bagian atas. Ini juga merupakan salah fungsi yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan captive portal untuk jaringan WiFi Anda. Dengan menempatkan logo pada halaman login, bisnis Anda akan lebih diingat dan secara langsung ini akan meningkatkan brand awareness untuk perusahaan Anda.

6. Mendatangkan Keuntungan

Ketika Anda memberikan kecepatan internet yang stabil ditambah promosi melalui halaman login WiFi, secara tidak langsung ini akan menjadi media promosi yang mumpuni. Kalau ingin, Anda bahkan bisa menjual halaman tersebut untuk mengiklankan produk orang lain. Ini akan menjadi tambahan pundi-pundi yang tentu saja akan sangat menguntungkan.

Tertarik menggunakan captive portal untuk bisnis Anda? Hubungi Wificolony sekarang juga!


Recent Posts