Ini Lho yang Sering Dikeluhkan Oleh Para Tamu Hotel

Hasil riset yang dilakukan oleh Social Wifi menemukan bahwa tamu hotel dari berbagai penjuru dunia hampir memiliki kesamaan soal keluhan yang mereka sampaikan kepada pihak hotel seputar WiFi.

Survey ini juga menyebutkan bahwa 92% pelancong mengharapkan WiFi gratis di dalam kamar. 86% dari para tamu juga tidak segan untuk pindah hotel jika mereka menemukan review yang jelek tentang WiFi di hotel mereka. 97% responden mengungkapkan bahwa mereka akan komplain ke resepsionis jika WiFi di kamar tidak dapat digunakan.

Ini lho yang sering dikeluhkan oleh para tamu hotel | Wificolony

1. “WiFi-nya tidak bisa”

Mungkin Anda pernah menjadi salah satu tamu hotel yang mengeluh karena WiFi hotel tidak bisa digunakan di kamar. Setelah bepergian sepanjang hari, para tamu hotel yang merasa lelah hanya ingin rebahan sambil mengecek media social atau membuka email mereka dari kamar hotel. Tentu akan sangat menjengkelkan ketika WiFi hotel tidak dapat digunakan.

Apa penyebabnya?

WiFi kamar hotel yang tidak bisa tersambung umumnya berkaitan dengan infrastruktur hotel itu sendiri. Hotel yang memiliki banyak tembok dan setiap ruangnya dipisahkan oleh kongkret tebal serta kurangnya ruang terbuka adalah beberapa alasan mengapa masalah ini terjadi.

Koneksi yang lemah dan access point yang kurang menyebabkan koneksi WiFi tidak dapat menembus tembok ini sehingga ada beberapa kamar yang tidak dapat menggunakan WiFi. Jika ini permasalahannya, maka sebaiknya pihak hotel tidak menyediakan kamar-kamar yang tidak dapat tertembus oleh WiFi karena dapat mengurangi kenyamanan konsumen.

Penting untuk memiliki WiFi management yang mendokumentasikan semua instalasi teknis di dalam hotel. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mencari titik mana yang kekurangan access point sehingga teknisi WiFi dapat dengan cepat menemukan sumber permasalahannya.

Sinyal WiFi juga dapat terdistrupsi oleh gelombang radio, bahkan peralatan dapur seperti microwave dan oven juga dapat mengganggu sinyal WiFi. Jika hal ini terjadi, maka teknisi perlu menambahkan peralatan internet lain yang membuat sinyal jadi lebih kuat.

2. “WiFi-nya lambat”

Keluhan lain seputar WiFi yang sering diungkapkan oleh tamu hotel adalah WiFi yang lambat. Ternyata meskipun WiFi sudah terhubung di kamar, namun WiFi yang lambat dapat mengganggu kenyamanan para tamu hotel.

Apa penyebabnya?

Masalah ini terjadi akibat kurangnya kecepatan internet dari ISP. Standar kecepatan transfer WiFi setidaknya 120 kB/detik untuk tiap tamu yang menginap. Namun WiFi Colony menyarankan adanya limit untuk bandwidth untuk menghindari pelanggan yang mengunduh file besar dari situs-situs tidak resmi yang bisa membahayakan jaringan WiFi dan keamanan hotel.

Lambatnya jaringan WiFi juga dapat terjadi karena karyawan hotel dan tamu memakai satu network yang sama. Solusi untuk masalah ini adalah menyiapkan network WiFi management yang berbeda untuk para karyawan dan tamu.

3. “Sinyal WiFi terputus”

Tak jarang kita menemui sinyal WiFi yang putus nyambung dan tentunya sangat mengganggu kenyamanan browsing dan streaming lagu favorit.

Apa penyebabnya?

Sinyal WiFi yang putus nyambung bisa jadi dikarenakan oleh setting software yang tidak tepat. Perangkat elektronik umumnya menggunakan 2 frekuensi, 2.4 GHz atau 5GHz. Microwave dan oven menggunakan frekuensi 2.4 GHz sehingga semakin dekat lokasi perangkat ini dengan router maka ada kemungkinan sinyal WiFi putus nyambung.

Selain itu, sinyal yang terputus juga bisa disebabkan oleh firmware router yang sudah lama dan tidak pernah diganti.

Mengapa WiFi penting untuk bisnis hotel?

Hampir semua hotel menggunakan wireless access sebagai salah satu layanan yang ditawarkan kepada para tamu. Namun tak hanya itu saja, dengan WiFi management yang baik, koneksi internet juga dapat digunakan untuk menerima umpan balik dari para tamu sehingga Anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka.


Recent Posts