Mengelola Data untuk Strategi Marketing

Salah satu komponen dari big data adalah informasi yang sifatnya personal. Bagi perusahaan besar, data konsumen dalam jumlah banyak dapat menunjukkan sebuah pola yang bisa diamati. Pengamatan ini nantinya menghasilkan layanan bisnis yang mampu menarik konsumen untuk membeli.

Mengelola Data untuk Strategi Marketing | Wificolony

Sebenarnya apa saja informasi yang dapat dikategorikan sebagai database user?

Beberapa database konsumen berupa nama, alamat, nomor telepon, tanggal lahir, email, KTP, transaksi, frekuensi transaksi, metode bayar yang dipilih, dan lain sebagainya. Contoh mudahnya adalah, saat Anda mendapatkan email ucapan selamat ulang tahun dari brand yang Anda pernah beli. Ini adalah salah satu fungsi menyimpan informasi user untuk menjalin hubungan yang erat.

Dari segi customer service, adanya database user dapat memandu perusahaan agar terjadi relasi yang baik dengan para konsumen. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai keuntungan mengelola database user.

Sebuah database user sangat erat kaitannya dengan pelanggan.

Database user dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Proses penjualan barang dapat dilakukan secara efektif karena Anda sudah mengenal user dengan baik lewat database-nya. Kecocokan inilah yang membuat bisnis Anda menemukan target yang pas.

Lebih efektif saat memasuki pasar baru

Saat Anda sudah mengantongi database user, perusahaan Anda akan lebih yakin dalam melangkah karena sudah tahu, pasar seperti apa yang akan dimasuki. Hal ini meminimalkan resiko gagal atau rugi saat harus menawarkan produk ke target baru. Strategi marketing yang dimiliki oleh sebuah bisnis bisa dijalankan sesuai hasil analisa database user.

Mudah memilih konsumen

Dengan memiliki database user, Anda memiliki kebebasan untuk mencari customer seperti apa yang ideal untuk produk/jasa Anda. Dalam database konsumen, akan terekam, siapa saja yang melakukan transaksi dan siapa saja yang sering komplain tapi tidak pernah membeli. Database user dapat mengelompokkan para pelanggan Anda sehingga mudah untuk menangani tiap kelompoknya sesuai kategori.

Analisa cepat dan tepat

Saat membuat laporan penjualan, segala Riwayat transaksi tentunya harus dimasukkan. Lalu apa yang harus dilakukan setelah itu? Dengan database user, Anda dapat melakukan evaluasi secara efektif. Misalnya, apakah penjualan bulan ini lebih tinggi atau lebih rendah dari bulan kemarin? Bagaimana dengan rata-rata penjualan di tahun ini? Dengan mengetahui secara detail, Anda dapat segera menindaklanjuti apa saja yang menjadi masalah dan Menyusun strategi marketing secara lebih efisien.

Menjaga hubungan yang baik dengan konsumen

Salah satu cara untuk menjaga hubungan kerja adalah dengan komunikasi yang baik dan efektif. Hal ini juga diterapkan dalam menjaga agar konsumen tetap loyal pada produk atau jasa Anda. Bagaimana cara memahami customer? Dengan mencari tahu apa keinginan mereka lewat database user. Database user juga akan semakin mempererat hubungan Anda dengan konsumen lama sehingga mereka tetap loyal pada brand Anda.

Dalam mengelola database user, seorang pengusaha tidak perlu melakukannya sendiri. Wificolony siap membantu anda mengumpulkan informasi konsumen dan menjadikan database user Anda efektif untuk merencanakan strategi bisnis yang selanjutnya.


Recent Posts