Pentingkah Peran Sosial Media dalam Bisnis Anda?

Pengaruh media sosial nyatanya kini semakin terasa, terutama pada perkembangan bisnis. Mulai berjamurnya berbagai macam bisnis online hingga media jual beli online dikalangan masyarakat tidak terlepas dari pengaruh media sosial.

Pentingkah Peran Sosial Media dalam Bisnis Anda? | Wificolony

Media sosial adalah bagian yang sangat penting dari Pemasaran Digital karena berperan dalam memperluas ruang lingkup pemasaran. Misalnya saja facebook. Facebook telah diunduh oleh lebih dari miliaran masyarakat di dunia. Bayangkan saja, jangkauan yang bisa diraih apabila memasarkan produk usaha Anda di platform ini. Disamping itu, ada pula platform lainnya seperti Instagram, Snapchat, Twitter, LinkedIn dan masih banyak lagi. Artinya, media sosial menjadi semakin penting bagi merek untuk menjangkau pelanggan sasaran usaha Anda.

Sosial media kini tidak hanya sebatas membagikan foto maupun video satu dua orang saja. Sosial media kini juga dapat menarik masyarakat dalam dunia bisnis. Dapat dikatakan sosial media sebagai salah satu solusi agar suatu bisnis dapat mengurangi biaya operasional yang nantinya akan diubah menjadi suatu revenue. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya sosial media, sebuah bisnis tidak harus mengeluarkan biaya operasional tinggi seperti penyewaan toko hingga mengiklankan produk di platform – platform tertentu yang memiliki harga cukup tinggi.

Mulai sebatas sosial media saja, bisnis Anda dapat dikembangkan agar meraup banyak keuntungan. Namun, untuk menggunakan media sosial menjadi suatu keuntungan bisnis, diperlukan suatu keterampilan. Keterampilan tersebut harus dimiliki seorang sosial media manajer sebagai pencipta maupun pengarah penggunaan platform hingga konten yang sesuai dengan bisnis Anda.

Sosial media manajer merupakan spesialis dalam pemasaran media sosial. Ia lah yang menyadari dasar-dasar pemasaran melalui saluran media sosial, memahami berbagai alat dan analitik media sosial. Seorang ahli media sosial sangat menyadari bagaimana mencapai tujuan pemasaran melalui saluran media sosial dan bagaimana menulis pesan yang bagus yang dapat meyakinkan pelanggan di media sosial.

Dalam mengembangkan pemasaran melalui media sosial juga memerlukan teknik atau keterampilan. Kali ini, kita akan membahas seputar teori yang akan mendukung keterampilan dalam mengembangkan pemasaran melalui media sosial. Misalnya, teori mengenai sumber daya pemasaran melalui facebook.

Dalam menggunakan sosial media bisnis, kita dapat mengenal target audiens yang akan menjangkau konten bisnis Anda. Dengan adanya target audiens akan membantu Anda memfokuskan upaya marketing kepada orang yang kemungkinan besar akan tertarik dengan bisnis Anda. Misalnya, platform facebook bisnis terdapat pemirsa target dimana kelompok orang yang ingin Anda jangkau dengan pesan marketing bisnis Anda. Anda dapat memilih pemirsa target utama dan sekunder Anda, sebagaimana diperlukan.

Facebook bisnis juga menerangkan sebuah alur Perjalanan pelanggan mengacu pada pengalaman yang dimiliki orang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk atau layanan. Tahapan pertama adalah awareness yakni ketika audiens pertama kali mempelajari tentang bisnis atau produk. Tahapan kedua adalah pertimbangan ketika audiens mulai memiliki ketertarikan terhadap produk Anda. Hingga kemudian audiens berada di tahap untuk membeli produk atau layanan usaha Anda atau konversi.

Dari alur tersebut, dapat disimpulkan bahwa upaya marketing Anda bertujuan untuk membantu menggerakkan audiens target dalam prosesnya. Tidak jarang setiap bisnis melihat proses ini sebagai corong. Hal ini dikatakan karena jumlah calon pelanggan menjadi lebih kecil saat mereka berpindah dari awareness ke konversi.

Tampaknya hal tersebut adalah hal yang wajar. Mengapa demikian? Karena tidak semua audiens yang melihat produk Anda akan mempertimbangkan untuk membelinya atau bahkan tidak semua audiens yang mempertimbangkan melakukan pembelian produk atau layanan akan membelinya.

Biasanya masyarakat menghabiskan waktu onlinenya untuk menjalin hubungan dengan teman, anggota keluarga, dan hal - hal yang penting bagi mereka. Hal ini juga terjadi dalam menemukan dan berinteraksi dengan bisnis. Artinya, audiens dapat dengan mudah menemukan informasi selengkapnya tentang penawaran produk maupun layanan dari bisnis Anda. Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan kehadiran online untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan memberikan informasi terbaru tentang bisnis Anda.

Kehadiran online ini akan membantu Anda untuk tetap menjalin hubungan dengan pelanggan Anda di mana mereka menghabiskan waktunya. Dengan akun bisnis seperti facebook bisnis, Anda dapat menyertakan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda dan mendorong orang untuk berhubungan. Misalnya ketika Anda menuliskan informasi kontak di bagian Informasi Bisnis Publik, tombol kontak akan muncul di profilnya untuk membantu orang menghubungi menggunakan email atau telepon dengan cepat.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses fitur insight yang disediakan platform tersebut. Misalnya facebook bisnis, Instagram bisnis atau yang lainnya. Fitur insight ini disediakan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang dapat menjangkau akun atau bahkan konten bisnis Anda. Sehingga nantinya Anda dapat menyesuaikan konten yang sesuai untuk mendapatkan audiens yang lebih banyak nantinya. Memiliki bisnis yang didukung dengan akses media sosial nyatanya memiliki keuntungan. Apalagi dikelola dengan baik sesuai dengan perkembangannya.


Recent Posts