Pentingnya Captive Portal untuk Wireless Guest Access

Kalau Anda pernah login ke jaringan internet gratis yang disediakan oleh kafe atau restoran, Anda pasti pernah melihat halaman captive portal. Halaman captive portal atau captive portal page ini adalah halaman standar website yang biasanya akan langsung di-klik oleh pengunjung tanpa berpikir panjang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan akses internet gratis yang ditawarkan.

Pentingnya Captive Portal untuk Wireless Guest Access | Wificolony

Bagi Anda yang ingin menyediakan internet gratis, menyediakan layanan wireless guest access perlu menggunakan solusi captive portal. Sering kali bisnis kecil atau bahkan rumah sakit akan memberi tamu mereka akses gratis ke jaringan nirkabel mereka tanpa menggunakan solusi captive portal. Padahal, ini bisa memberikan dampak negatif bagi pengguna dan bisnis Anda.

Mulai dari persoalan hukum sampai mendatangkan keuntungan yang lebih besar, menerapkan solusi captive portal akan menjadi bagian integral dari strategi bisnis Anda secara keseluruhan.

1. Membentuk Identitas Bisnis Online

Salah satu cara mudah para hacker mencuri data adalah dengan menyediakan layanan internet gratis. Begitu pelanggan Anda masuk ke jaringan mereka, berbagai data penting bisa dicuri. Dengan menyediakan internet gratis yang dilengkapi captive portal, Anda tidak hanya melindungi pelanggan Anda, tapi juga membangun identitas bisnis online yang terpercaya. Pastikan Anda selalu waspada jika ada pihak luar yang menyediakan WiFi dengan nama mirip dengan bisnis Anda.

2. Memasukkan Term and Condition untuk Disetujui oleh Pengguna

Dalam jaringan WiFi yang menggunakan captive portal biasanya Anda akan menemukan berbagai aturan penggunaan jaringan. Untuk bisa menggunakannya, ada ketentuan yang harus disetujui oleh pengguna termasuk tanggung jawab penggunaannya. Anda bisa memasukkannya di halaman depan captive portal. Memasukkan term and condition untuk disetujui seperti ini bisa mencegah adanya tuntutan hukum di masa depan akibat adanya penyalahgunaan jaringan WiFi yang Anda sediakan.

Salah satu contoh sederhananya adalah ketika tamu di restoran menggunakan jaringan WiFi Anda untuk melakukan tindak kejahatan seperti peretasan atau pembajakan, IP Anda akan terlacak. Kalau ada tuntutan hukum, maka peluang Anda ikut terseret sangat besar. Dengan adanya captive portal tempat memasukkan term and condition, Anda bisa menghindari terjadinya hal-hal seperti ini.

3. Memanfaatkan Data Pengguna untuk Meningkatkan User Experience

Adanya captive portal tidak hanya dapat memberikan pengalaman berinternet nirkabel yang aman dan menyenangkan bagi pelanggan, tapi juga memberikan data yang berharga untuk Anda. Data ini bisa berasal dari login yang dibuat oleh pelanggan dari dari riwayat penjelajahan internet yang mereka lakukan. Bagaimana caranya?

Salah satu cara termudah adalah dengan mengizinkan tamu Anda menggunakan social media login pada captive portal yang sudah dipasang. Sebagai imbalan atas opsi ini, Anda akan diberi izin untuk mengakses beberapa data dari akun media sosial mereka.

Contoh sederhananya adalah ketika seseorang menggunakan captive portal Anda masuk dengan akun Facebooknya, Anda bisa memiliki izin mengumpulkan informasi seperti tanggal lahir, usia sampai hobi mereka. Dengan informasi ini Anda dapat membuat pengalaman yang lebih dipersonalisasi, berdasarkan informasi nyata. Meskipun terlihat sederhana, tapi data ini bisa menjadi permulaan bagi Anda untuk melakukan promosi yang lebih efektif dan terarah.

Itulah beberapa alasan kenapa captive portal penting untuk Anda yang menyediakan wireless guest access. Jika Anda punya pertanyaan lain seputar captive portal dan optimalisasinya, hubungi Wificolony untuk mendapatkan solusi terbaik untuk bisnis Anda.


Recent Posts