Social Media Login untuk Bisnis: Good or Bad?

Seiring dengan berkembangnya internet, semakin banyak orang yang mengandalkan teknologi internet dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari hal sederhana untuk menanyakan kabar, berbelanja hingga menyelesaikan tugas-tugasnya.

Sejauh ini, tidak ada indikasi penjualan via internet mengalami penurunan. Yang ada malah peningkatan hingga dua kali lipat dalam kurun 5 tahun terakhir. Tak heran jika kepopuleran sosial media dan online shopping pun semakin meningkat. Social media sebagai platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat menjadi salah satu kunci untuk memenangkan persaingan dengan mengintegrasikannya sebagai social media login.

Social Media Login untuk Bisnis: Good or Bad? | Wificolony

Sepopuler itukah social media login?

Saat ini, banyak brand yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk mereka, namun sayangnya masih belum banyak yang mengintegrasikan website mereka dengan platform media social untuk proses login. Padahal selain email, platform seperti Instagram dan Facebook dipakai oleh mayoritas konsumen dan akan sangat memudahkan apabila mereka dapat login menggunakan akun medsos yang sudah mereka miliki.

Sebuah survey sehubungan dengan hal ini menemukan bahwa 86% pengguna merasa bahwa membuat akun baru dalam proses registrasi adalah hal yang merepotkan. Terutama bagi kaum milenial yang melek teknologi dan menginginkan proses yang cepat. Tentu akan sangat memakan waktu apabila harus mengetikkan nama, alamat, kombinasi password baru hanya untuk berbelanja.

Apa manfaat social media login untuk bisnis?

Dalam perspektif marketing, menawarkan opsi login dengan social media akan memberikan manfaat tambahan untuk mempersonalisasi konten Anda kepada calon pembeli yang memang berpotensi untuk membeli. Dengan social media login, Anda dapat menciptakan kampanye marketing yang tertarget dan dapat memasarkan produk ke orang yang tepat.

Mengapa hal ini penting?

Social media login memastikan bahwa pengguna mendapatkan informasi yang tepat untuk mereka. Konsumen seringkali mendapatkan email newsletter yang tidak sesuai dengan harapan mereka karena data yang diperoleh tidak lengkap. Jangan sampai keinginan untuk memasarkan produk Anda malah menjadi spamming. Dengan social media login, profil data konsumen memungkinkan Anda untuk memperoleh buyer persona yang tepat sehingga produk yang ditawarkan tepat sasaran.

Lalu, mengapa Sebagian konsumen masih tidak menggunakan social media login?

Konsumen seringkali tidak percaya akan keamanan datanya sehingga ragu untuk memberikan informasi social media mereka ke website. Berikut adalah beberapa alasan mengapa konsumen tidak mau menggunakan social media login

  • Konsumen tidak percaya kepada website yang menampung informasi mereka

  • Konsumen berpikir bahwa Anda akan mengirimkan spam ke social media feed mereka

  • Konsumen khawatir kalua social medianya diretas karena data login dan password yang didapatkan dari website Anda.

Jadi, bagaimana solusinya?

  • Memastikan bahwa kebijakan website Anda tidak membagikan data pribadi yang diperoleh lewat sosial media pengguna

  • Pastikan bahwa kebijakan ini terlihat jelas di halaman login

  • Gunakan banyak opsi selain social media login, yaitu penggunaan email untuk membuat akun, demi kenyamanan konsumen

Apakah ini aman?

Peretasan di dunia maya memang sangat marak, dan ini menjadi salah satu kekhawatiran konsumen. Dengan memberikan keyakinan pada mereka bahwa akun mereka aman di tangan Anda.

Jadi, haruskah bisnis Anda menawarkan social media login?

Dari perspektif bisnis, social media login memberikan kesempatan bagi para pemilik brand bisnis, untuk lebih dekat pada konsumen dan mencari tahu apa yang menjadi keinginan terbesar mereka.

Manfaatkan social media login secara optimal untuk rencana marketing Anda sekarang!

Recent Posts