Strategi Pemasaran Lewat Social Media yang Wajib Diketahui (Part 2)

Bukan rahasia lagi jika social media marketing merupakan salah satu bahan bakar penting yang dinamis dan mampu memperkuat branding, menghasilkan prospek berkualitas dan mendorong penjualan. Tapi di sisi lain, penggunaan strategi yang salah dengan media sosial juga bisa merugikan para pelaku bisnis.

Strategi Pemasaran Lewat Social Media yang Wajib Diketahui (Part 2) | Wificolony

Kunci penting yang harus Anda pahami adalah bagaimana mengetahui cara membuat, melaksanakan dan menganalisis keseluruhan rencana secara strategis. Dengan perencanaan yang tepat, bisnis Anda pasti bisa melampaui hasil yang direncanakan. Simak bagian kedua dari strategi pemasaran media sosial yang wajib diketahui berikut ini!

Jadikan Engagement Sebagai Target Utama

Salah satu kesalahan paling umum yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis adalah terlalu menargetkan koversi saat mereka menggunakan sosial media. Tapi, Anda perlu memahami bahwa orang-orang biasanya scrolling di media sosial hanya untuk mencari hiburan, bukan untuk membeli produk apalagi memberikan alamat email mereka pada Anda.

Jadi, akan lebih baik jika di media sosial Anda fokus pada engagement atau keterlibatan terlebih dahulu. Cobalah dengan memposting gambar atau video hiburan yang berhubungan dengan niche Anda kemudian buat jangkauannya sampai ke audiens yang Anda targetkan.

Buat Impresi yang Selalu Diingat

Ingat bahwa fokus Anda dalam engagement adalah menciptakan kesan atau impresi yang akan membuat orang selalu teringat dengan konten asli kita. Alih-alih hanya menggunakan tren dan bahasa gaul yang mudah berubah dari waktu ke waktu, tone dari merek Anda harus nyata, konsisten dan mencerminkan image yang sesuai dengan perusahaan dan target pasar Anda.

Manfaatkan Hashtag dengan Tepat

Hashtag atau tanda pagar perlu ditampilkan pada semua posting di akun media sosial Anda. Dengan mengklik tagar tertentu, konten yang relevan akan muncul. Selain itu, tagar adalah cara untuk mengidentifikasi merek Anda dan membantu Anda memulai obrolan dengan pengikut Anda.

Tapi ada yang perlu Anda ingat. Semakin banyak tagar yang Anda gunakan, semakin sedikit engagement yang akan Anda dapatkan. Kenapa bisa begitu? Penggunaan terlalu banyak hashtag ternyata bisa membuat orang merasa kesal dan bahkan bisa menurunkan tingkat engagement Anda. Untuk menghindarinya, gunakan 2 atau 3 tagar bertarget per postingan dan pastikan Anda hanya menggunaka hashtag yang punya volume pencarian tinggi. Anda bisa mencarinya dengan mudah lewat tools pembuat hashtag online.

Lihat Lebih Dekat Proses Penjualan untuk Memahami Buyer’s Journey

Seperti halnya strategi marketing yang lain, kunci pentingnya berada pada seberapa besar pengetahuan Anda terhadap audiens. Oleh karena itu, marketer harus bekerja sama dengan tim penjualan untuk mempelajari perjalanan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan dan berbagai faktor yang dapat memengaruhi proses pengambilan keputusa mereka.

Setelah marketer sosial media memahami hal ini, mereka harus membuat konten yang sesuai dengan proses ini.

Akui Kesalahan Anda

Manusia adalah tempatnya salah dan hal ini berlaku juga untuk aktivitas di media sosial. Oleh karena itu, alih-alih mengabaikan kesalahan, kita harus belajar dan mau meminta maaf. Bagi marketer sosial media adalah mau meminta maaf atas setiap kesalahan yang ada. Mereka akan merasa kagum dengan fakta bahwa brand Anda berupaya memperbaiki kesalahan untuk memberi mereka layanan yang lebih baik.

Aktivitas Sosial adalah Kunci

Seperti namanya, aktivitas yang sifatnya sosial adalah kunci dari strategi pemasaran dengan media sosial. Terlepas dari berapa banyak postingan yang Anda buat di semua akun Anda, Anda harus menumbuhkan engagement dengan memberikan umpan balik, meretweet, mengikuti dan melakukan berbagai hal untuk terhubung secara sosial dengan audiens target Anda.

Gunakan Analitik

Analitik akan membantu Anda mengetahui tentang audiens Anda dan mencari cara yang bisa mendatangkan lebih banyak traffic. Karena itu, Anda harus menggunakan data media sosial secara efektif agar kinerjanya semakin cepat.

Itulah beberapa strategi pemasaran lewat media sosial yang penting untuk Anda ketahui. Implementasikan setiap poinnya dalam bisnis Anda untuk hasil yang optimal.


Recent Posts