Tiga Keterampilan yang Harus Dimiliki dalam Layanan Bantuan Pelanggan

“Bagaimana kita dapat memaksimalkan pelayanan terhadap para customer?”

“Bagaimana cara mendapatkan kepercayaan customer?”

Mungkin itulah beberapa pertanyaan mengenai pelayanan dan customer. Dua hal ini tentunya memiliki kaitan yang cukup erat. Dengan pelayanan yang maksimal, customer akan memberikan kepercayaannya kepada bisnis Anda. Lalu, bagaimana cara meningkatkan pelayanan yang dapat kita berikan kepada para customer?

Yuk simak penjelasan mengenai customer service skill lebih lanjut!

Customer service skill adalah seperangkat perilaku yang Anda andalkan saat berinteraksi dengan pelanggan. Mereka juga dapat berguna saat menindaklanjuti setelah percakapan awal. Setiap usaha tentunya akan melakukan kegiatan pemasaran agar perusahaannya dapat tetap berjalan di pasaran serta unggul dari kompetitor. Tujuan dari kegiatan pemasaran yang dilaksanakan oleh setiap usaha adalah untuk dapat mendekati para pelanggannya. Beberapa cara yang biasanya dilakukan seperti melalui pemberian pemenuhan kebutuhan hingga keinginan pelanggan tersebut secara memuaskan. Oleh karenanya lah, sebuah usaha dapat terus membina dan mengembangkan usahanya agar terus memuaskan para pelanggan. Sehingga nantinya berdampak pada peningkatan dan pengembangan pasarnya.

Di masa pandemi ini, kondisi pasar semakin ketat. Dalam persaingan akhir-akhir ini, setiap usaha bersaing dalam memanjakan pelanggannya, terutama dengan memberikan pelayanan jasa yang terbaik sesuai dengan kondisi pandemic kepada pelanggannya. Para pelanggan akan mencari produk, berupa barang atau jasa dari perusahaan yang dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepadanya. Dengan kondisi seperti ini, maka secara tidak langsung dapat kita simpulkan bahwa terciptanya kondisi tersebut apabila Anda dapat meningkatkan keterampilan dalam pemberian pelayanan atau customer service kepada para pelanggan Anda.

Tidak jarang suatu usaha bisnis yang mempunyai keterampilan yang tinggi dalam pemberian pelayanan kepada pelanggannya yang akan mampu menguasai atau dominan di pasar. Dalam upaya peningkatan pemberian pelayanan jasa kepada pelanggan, Anda haruslah terlebih dahulu menekankan pada suatu visi untuk berorientasi pada pelanggan, terutama dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan dan keinginan para pelanggan Anda.

Melalui penekanan orientasi kepada pelanggan, Anda akan berupaya dalam merancang pelayanan yang terbaik kepada pelanggan Anda. Hal ini dilakukan karena kepuasan pelanggan dapat dicapai melalui hasil kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan. Selain itu, Anda juga harus menjaga serta meningkatkan mutu jasa atau pelayanan yang bisnis Anda berikan. Suatu pelayanan terbaik hanya dimungkinkan, apabila bisnis mampu menjaga serta meningkatkan mutu jasa atau pelayanan yang diberikannya.

Dalam menjaga serta meningkatkan mutu jasa atau pelayanan yang akan diberikan, Anda perlu memahami serta mengimplementasikan yang disebut dengan customer service skill. Suatu bisnis ketrampilan ini dapat mencerminkan suatu kualitas bisnis Anda karena keterampilan layanan pelanggan adalah wajah manusiawi perusahaan. Bisnis Anda juga perlu melibatkan karyawan sebagai perantara kemampuan tersebut. Bisnis akan mengandalkan karyawan yang dapat menciptakan kenyamanan bagi pelanggan, membantu menumbuhkan loyalitas dan reputasi yang baik.

Untuk melakukannya, Anda mungkin akan menggunakan beberapa keterampilan berbeda:

Komunikasi

Dalam memberikan pelayanan yang baik salah satu hal yang perlu dikuasai adalah komunikasi. Oleh karenanya, bisnis Anda dapat tanggap secara tepat. Perlu diketahui, salah satu cara dalam membangun komunikasi yang baik adalah dengan meningkatkan teknik untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif. Selain itu, dalam berkomunikasi penting untuk memahami etika dalam berkomunikasi, baik etika komunikasi langsung maupun melalui internet, baik komunikasi verbal maupun nonverbal. Dengan komunikasi yang tepat, Anda dapat memahami bagaimana mengelola emosi secara positif untuk membangun komunikasi efektif untuk bisnis Anda.

Empati

Keterampilan selanjutnya adalah empati. Dalam menjalin interaksi dengan pelanggan, usahakan memulai komunikasi yang sesuai dengan situasi keadaan sekitar. Selain menguasai komunikasi, empati penting bagi Anda untuk memahami dan mengidentifikasi dengan perasaan orang lain dan berkomunikasi dengan sesuai khususnya para pelanggan.

Selain itu, kamu perlu mengingat bahwa empati terkadang tidak memuaskan pelanggan sepenuhnya. Untuk itu, Anda memerlukan standar pelayanan yang sesuai dengan bisnis Anda. Sehingga, para karyawan memiliki pendirian sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Kesabaran

Selain empati, keterampilan satu ini menjadi salah satu kemampuan yang harus Anda asah. Mengapa demikian? Setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda. Tentu, kalian harus memahami bahwa tidak semua orang memiliki kepribadian serta karakter yang sama. Sama halnya dengan empati, kesabaran yang Anda berikan tentu harus sewajarnya. Kesabaran penting untuk menjaga percakapan tetap pada jalurnya, tetap menarik, dan memberikan pengalaman positif. Berbekal standar pelayanan yang telah ditetapkan, harapannya nantinya karyawan maupun pelanggan tidak berlaku di luar kendali.

Itulah tiga keterampilan umum yang harus diperhatikan dalam penerapannya. Bisnis apapun dapat meraih keuntungan melalui pelayanan yang baik dan optimal. Menjadi komunikator yang baik, memiliki empati dan mendengarkan secara aktif, misalnya, akan membantu bisnis Anda mendapatkan kepercayaan para pelanggan.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia