Alasan Kenapa Bisnis Bisa Kehilangan Pelanggan

Sebuah kompetisi yang sangat ketat memuat sebagian pemilik usaha takut dan khawatir terhadap kepuasan pelanggan dan kehilangan pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi. Keterbatasan waktu dan sumber daya menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan Anda untuk melihat lebih dalam apa yang menjadi sumber utama kenapa bisnis bisa kehilangan pelanggan.

Kenapa bisnis bisa kehilangan pelanggan ?

Berikut akan kami jabarkan kesalahan pemilik bisnis dan manager-nya dalam melayani customer

  1. Mengabaikan pelanggan

Mengabaikan pelanggan menjadi hal buruk yang sering terjadi dalam dunia usaha, banyak dari karyawan yang membuat pelanggan untuk menunggu. Pelanggan tidak hanya menunggu pelayanan anda saja, tetapi masih banyak hal-hal penting lainnya yang harus mereka lakukan. Ajarkan staf Anda untuk memprioritaskan pelanggan! Mengabaikan pelanggan sama saja memberikan kesempatan pelanggan untuk memilih usaha lainnya yang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dari usaha anda.

2. Memperlakukan pelanggan baru dan yang sudah ada terlalu berbeda

Menawarkan diskon atau insentif untuk mendapatkan pelanggan baru sangat diperlukan, namun pelanggan yang sudah ada dapat dengan cepat membenci kenyataan loyalitas mereka yang tidak dihargai. Jangan pernah lupa bahwa pelanggan baru hanya menciptakan dampak top-line secara langsung, sedangkan penjualan kepada pelanggan lama biasanya menghasilkan dampak yang lebih besar pada bottom line.

3. Tidak Memberikan Pelatihan

Anda yakin bahwa karyawan Anda akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan, maka harus dipastikan untuk mengajarkan mereka tentang bisnis, produk, kebijakan dan norma-norma. Berikan kepercayaan kepada karyawan untuk meluangkan waktunya untuk mempelajari segala sesuatu tentang layanan pelanggan dan bisnis Anda. Mengadakan pertemuan evaluasi atau sharing juga diperlukan untuk meningkatkan keakraban dan berbagi ilmu dengan mereka.

4. Tidak mendengarkan dan menanggapi pelanggan

Bagi pelanggan hal yang sangat menjengkelkan ialah ketika mereka merasa tidak didengarkan atau tidak dianggap. Biasanya ketika mereka meninggalkan pesan, mengirim email atau Tweet, dan tidak mendapatkan respon dari bisnis Anda. Pelanggan perlu merasa dihargai tentang pendapat mereka. Jangan ragu dengan menjawab keluhan dan memberikan umpan balik lainnya.

5. Tidak menghargai pelanggan

Pelanggan ingin dihargai ketika menghabiskan uang mereka di tempat usaha Anda. Maka berikanlah senyuman dan ucapan terima kasih. Tanpa harus merasa rugi secara uang anda bisa memberikan senyuman dan terima kasih yang tulus, itu menjadi hal yang lebih indah untuk diterima pelanggan Anda.

6. Membuat pelanggan merasa tidak nyaman

Banyak tempat yang hanya memikirkan keuntungan saja tetapi tidak melihat dari sisi kenyamanan dan kebersihan. Maka cipatakanlah lingkungan yang nyaman, dengan design yang unik dan memiliki tema tersendiri sehingga mereka akan merasa nyaman berada ditempat anda.

7.Tidak menyediakan Wi-Fi publik

Sebagian besar pelanggan Anda ingin menelusuri website atau sosial media dan bahkan ingin selalu terhubung dengan teman, keluarga, atau pasangan mereka. Maka saat berada di salah satu public place mereka mengharapkan koneksi internet yang dapat membantu merek untuk tetap terhubung. Banyak dari mereka yang mempertimbangkan koneksi wifi untuk dijadikan sebagai loyalitas customer.

Sumber : https://about.wifi.garden/blog/6-mistakes-make-lose-customers

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia