Kesuksesan Campagin Social Media yang Bisa Dipelajari

Tahukah kamu jika 78% dari kegiatan bisnis sekarang telah mempunyai team khusus yang menanganai sosial media? Hal ini lebih tinggi dari tahun 2012 yang hanya 67%, dengan peningkatan ini, menunjukkan bahwa perusahaan makin mengakui kekuatan sosial media dalam menarik dan mendapatkan customer.

Kabar buruknya, Webbiquity melaporkan bahawa sebanyak 83% customer memiliki pengalaman yang buruh dengan social media marketing. Sebagai pemiliki bisnis, sangat jelas bahwa penggunaan sosial media marketing untuk keuntungan bisnis adalah penting, namun apakah kalian tahu cara memaksimalkan sosial media marketing? Apakah kamu tahu tujuanmu seharunya, dan bagaimana cara mencapainya?

Terdapat beberapa contoh campaign yang telah mengguncang beberapa platform sosial media termasuk Facebook, Twitter, dan Instagram. Apakah bisnismu masih awam dengan sosial media marketing, atau sudah handal, beberapa campaign sosial media berikut dapat memberikan inspirasi untuk menjalan trik marketing yang dapat menarik respon customer.

1. Dacia

Platform

Facebook

Tentang Perusahaan

Dacia (anak perusahaan Renault) adalah salah satu merek mobil dengan pertumbuhan tercepat di Eropa. Terkenal dengan mobil yang menawarkan harga yang menakjubkan. Pasar pelanggan tumbuh sebanyak 60.000 mobil dalam tiga tahun terakhir.

Goal

Untuk menghasilkan lead dan menciptakan brand awareness

Solusi

Dengan menggunakan Facebook boosted post, Dacia memasang iklan yang berkaitan dengan beberapa model produk mereka. Fokusnya pada pengguna desktop dan mobile. Dengan menggabungkan data dari aktivitas sebelumnya, perusahaan memastikan bahwa berbagai pengujian iklan telah dilakukan, yang pasa dasarnya mengoptimalkan dampak iklan terhadap pelanggan.

Hasil

Mereduksi 45% dari biaya per lead, dibandingkan dengan iklan standar. Peningkatan penangkapan iklan sebanyak 27 poin. Peningkatan 6 poin pada brand favorability dan minat pembelian.

2. Redbull

Platform

Instagram

Tentang Perusahaan

Siapa yang tidak kenal Red Bull, berada pasa posisi 76 dalam majalah Forbes Most Powerful Brand list pada tahun 2015. Minuman berenergi ini dapat ditemukan di hampir lebih 170 negara, menjadi tidak mengejutkan jika perusahaan ini telah menjual 60 miliar kaleng minuman. Sejak produksi tahun 1987, merek ini telah menciptakan empat varian rasa untuk memenuhi selera masing-masing penikmatnya.

Goal

Untuk mendorong kesadaran dan perluasan merek.

Tujuan dari campaign Instagram mereka didasarkan pada boosting awareness dan penjualan varian tropical minuman berenergi “Summer Edition, untuk pasar Aaustralia.

Solusi

Perusahaan berfokus pada kesederhanaan dan brand building, Red Bull menjalankan campaignnya sesaat sebelum puncak musim panas. Untuk mendapatkan perhatian pasar terhadapat tampilan baru kaleng mereka, mereka menggabungkan filter kuning diberbagai gambar dan video yang mencerminkan kekhasan hari musim panas. Brand ini menjadi dua kali lebih berpeluang untuk dikaitkan pada hashtag Instagram #thissummer dibandingkan dengan pesaing terdekatnya.

Hasil

10 poin peningkatan pada top-of-mind awareness. 9 poin pada brand favorit. Penurunan 7 poin pada pasar yang tidak pasti. Berhasil menjangkau 1,2 juta pelanggan.

3. Girl Scout

Platform

Twitter

Tentang Perusahaan

Sebagai organisasi non-profit, Girl Scouts USA bermula 100 tahun lalu dengan seorang perempuan yang percaya bahawa setiap perempuan memiliki kekuatan yang besar. Sejak pasukan pramuka pertama pada Maret 1912, mereka telah tumbuh, membantu perempuan-perempuan lain untuk menemukan passion, bakat,dan kekuatan. Kebanyakan dari kita mengetahui Girl Scouts dengan kue kukis mereka yang menakjubkan; kue-kue kukis yang digunakan oleh para perempuan ini untuk berjuang dan mengumpulkan dana, yang digunakan untuk berbagai kegiatan luar biasa pada komunitas.

Goal

Untuk mendorong jumlah download applikasi.

Team sosial media mereka menyadari bahwa banyak pelanggan yang kesulitan menemukan cabang Girl Scout terdekat saat musim kue kukis tiba. Mereka ingin mengarahkan pencarian cabang penjualan kukis mereka melalui website resemit dan meningkatkan jumlah unduhan applikasi mobile Girl Scout Cookie Finder. Hal ini tidak hanya menguntungkan organisasi, namun juga membantu pelanggan untuk mencari dan membeli kue kukis.

Solusi

@GirlScouts menggunakan sebuah App Card(menampilkan produk leza mereka) dalam sebuah campaign Install Aplikasi Twitter, yang dapat dengan nyaman dan mudah dilakukan oleh pengguna untuk download dan memuka applikasi Girl Scout Cookie Finder dari akun twitter pelanggan. Campaign ini menghasilkan konversi yang meningkat secara signifikan!

Hasil

19.500++ Pemasangan applikasi Twitter

“Twitter menawarkan proposisi nilai yang unik pada kita, karena pelanggan kita adalah pengguna yang aktif dan menggunakan handphone 24/7. Report konversi Twitter juga sangat jelas. Interface sangat mudah digunakan, kami memasang campaign kurang dari sehari setelah ide ini muncul. Secara keseluruhan, Twitter begitu cocok dengan kami.” - Kayla Santalla, Senior Digital Media Stategist di Girl Scouts USA.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia