top of page

Memanfaatkan Teknologi pada Small & Medium Business

Mengembangkan bisnis bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, sebagai business owner Anda diwajibkan untuk berpikir kritis dan menemukan cara bagaimana agar bisnis Anda tetap bertahan dan tentunya bertumbuh. Anda akan berpikir bagaimana cara untuk memperoleh pelanggan, dan selanjutnya adalah bagaimana untuk mempertahankan pelanggan setia Anda. Sebagai business owner seakan dituntut untuk memikirkan solusi yang akan membantu pengembangan bisnis dan tentunya untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor yang ada. Saat ini ada beberapa teknologi yang dapat membantu Anda sebagai business owner untuk mengurangi beban kerja dan melakukan otomasi beberapa pekerjaan.

Jadi, teknologi apa yang dapat membantu bisnis Anda?

1. The Internet

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda adalah dengan menggunakan internet. Layanan internet marketing seperti google Adwords dapat membantu Anda beriklan di mesin pencarian untuk meningkatkan jangkauan audience dan mendapatkan potensial pelanggan baru. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan social media sebagai salah satu channel yang akan membantu untuk meningkatkan awareness bisnis Anda tetapi dan juga juga memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan setia.

2. Automation tools

Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dalam waktu singkat dan relatif lebih mudah, yaitu dengan memanfaatkan otomatisasi. Seperti mengirimkan email secara otomatis sesuai dengan workflow atau content yang sudah ditentukan sebelumbnya. Platform CRM (Customer Relation Management) dapat membantu Anda untuk melakukan otomasi ini. Bantu pelanggan setia Anda mendapatkan update terbaru dari business Anda dan pastikan mereka untuk datang atau menghubungi Anda kembali.

3. Wifi

Terlepas dari apakah Anda mengoperasikan hotel, tempat gym atau restoran, Wifi pada umumnya menjadi standard keharusan yang harus ada. Ini bukan hanya standard yang diharapkan pelanggan tetapi juga bermanfaat bagi bisnis Anda. Apabila Anda yang sudah memiliki wifi, buat wifi Anda menjadi lebih pintar. Dengan menggunakan Wificolony sebagai platform marketing Anda dapat memanfaatkan wifi untuk mengidentifikasi pelanggan, mendapatkan feedback dari pelanggan, bahkan menginformasikan promo atau informasi peluncuran produk terbaru Anda. Dengan menggunakan Wificolony, Anda dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan sarana berkomunikasi dengan pelanggan dan tentu kepuasan pelanggan Anda akan meningkat.

Recent Posts
bottom of page