Sejarah dan Perkembangan Wifi

Sejak awal wifi membantu kita untuk terhubung dengan jaringan internet. Wifi dapat ditemukan di tempat umum seperti bandara, halte, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan restoran/cafe. Seiring perkembangannya, teknologi wifi berkembang memberikan kontribusi yang memungkinkan kita untuk lebih terhubung dengan dunia luas. Tapi berapa banyak dari kita yang tahu mengenai sejarah wifi? Kapan wifi diciptakan? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja perkembangan wifi yang membuat kita lebih terhubung dari sebelumnya?

Apa itu wifi dan bagaimana cara kerja wifi?

Wireless fidelity atau biasa disingkat dengan wifi adalah suatu teknologi yang memakai gelombang radio untuk menghubungkan device elektronik (komputer, laptop, smartphone, dll) ke sebuah jaringan. Untuk terhubung ke wifi diperlukan adaptor nirkabel untuk membangun hotspot, sehingga user dapat terhubung ke internet dalam cakupan tertentu.

Kapan wifi diciptakan?

Pada tahun 1997, sebuah lembaga independen bernama IEEE membuat spesifikasi atau standar wireless local area network (wlan) pertama yang diberi kode 802.11. Peralatan yang sesuai dengan standar 802.11 dapat bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dan kecepatan transfer data 2 Mbps.

Perkembangan Wifi

Pada tahun 2002, IEEE membuat spesifikasi baru yang dapat menambahkan kemampuan 802.11. Spesifikasi yang diberi kode 802.11g ini bekerja pada frekuensi 2,4Ghz dengan kecepatan transfer data teoritis maksimal 54Mbps. Pada tahun 2006, MIMO (Multiple Input Multiple Output) merupakan teknologi terbaru dari wifi. MIMO menawarkan peningkatan transfer data, keunggulan reabilitas, dan peningkatan jumlah klien yang dapat terkoneksi. Peralatan wifi MIMO dapat menghasilkan kecepatan transfer data sebesar 108 Mbps. Hingga saat ini teknologi wifi berkembang terus untuk semakin meningkatkan kecepatan dan keamanan saat terhubung ke sebuah jaringan atau internet.

Di sisi lain, perkembangan wifi bukan hanya menyambungkan perangkat ke jaringan internet tetapi wifi juga dimanfaatkan untuk membantu dan meningkatkan perkembangan bisnis. Wifi dapat digunakan sebagai salah satu marketing tools. Dengan memanfaatkan wifi, kini Anda dapat mengumpulkan data pelanggan hingga mengirimkan email marketing. Wifi juga dikenal sebagai salah satu marketing platform yang dapat diandalkan dan tidak hanya sebagai cost generator.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pemanfaatan wifi dapat dilihat di link ini.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia