5 Tips Sukses Ciptakan Program Loyalitas Pelanggan untuk Kaum Milenial

Pernah mengecek isi dompet Anda? Sudah berapa banyak kartu yang Anda kumpulkan, mulai dari kedai kopi, restoran, butik, hingga pusat kebugaran. Kartu-kartu yang terlihat mulus bukan saja menunjukkan jika Anda belum pernah menggunakannya sekali pun selama berbukan-bulan bahkan bertahun-tahun tapi juga tidak pernah lagi mengunjungi tempat bisnis si pemilik kartu.

Dalam kasus ini, kartu punch atau pun snail mail tidak lagi efektif untuk mendongkrak penjualan dan program loyalitas pelanggan yang Anda tawarkan dipastikan gagal mencapai target jika Anda bersikukuh untuk menggunakan cara lama ini. Dewasa ini pelanggan baru program loyalitas tidak hanya menjadi serba digital, tapi mereka juga kreatif dan unik. Berikut 6 cara yang dapat Anda tempuh untuk membuat customer loyalty program bekerja.

1. Gunakan kartu reward digital

Program kartu loyalitas digital, semisal CandyBar, dapat secara efektif menggantikan kartu punch lama yang biasa digunakan oleh bisnis berskala kecil untuk diberikan kepada pelanggan yang kembali. Anda dapat menyesuaikan tawaran kepada pelanggan dan mengirimkan reward dalam stempel digital.

2. Tawarkan reward lebih kecil dengan waktu lebih singkat

Pelanggan akan lebih senang menerima sesuatu yang realisis meskipun lebih kecil daripada harus menunggu lama untuk hadiah yang lebih besar. Meski begitu, besarnya hadiah setidaknya 10 persen dari total nilai pembelian terakhir pelanggan.

Jika selama ini hadiah gratis atau diskon diberikan setelah sepuluh kali pembelian, Anda dapat meminimalkan waktu menjadi lima pembelian. Ketepatan waktu dan kemurahan hati akan mendorong pembelian di masa akan datang dan meningkatkan citra bisnis Anda di mata publik.

3. Berikan diskon eksklusif di media sosial dan email

Follower sosial media dan subcriber email mungkin bukan pembeli terbesar, namun mereka loyal dengan brand Anda. Loyalitas yang mereka tunjukkan dapat Anda ubah menjadi pembelian dengan menawarkan diskon berbatas waktu melalui saluran media sosial dan buletin email. Ciptakan hastag unik untuk tawaran tersebut agar promo lebih menarik.

4. Berikan hadiah untuk pelanggan yang memberikan feedback

Masukan dari pelanggan adalah aset yang tak ternilai dari bisnis Anda. Dari feedback tersebut, Anda akan mendapatkan gambaran seberapa baik pelayanan yang Anda berikan, pendapat mereka tentang bisnis Anda dan bagaimana Anda dapat meningkatkannya.

Imbalan berupa hadiah gratis atau diskon dapat Anda berikan untuk mengapresiasi pelanggan yang sudah bersedia memberikan masukan tepat waktu. Perhatikan untuk hanya memilih email, teks, interaksi langsung, atau pesan media sosial untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan karena panggilan telepon dapat dinilai sebagai gangguan oleh sebagian besar generasi milenial.

5. Pertimbangkan kebijakan tukar tambah untuk pelanggan setia

Salah satu kebijakan perdagangan paling terkenal dalam sejarah bisnis modern adalah membiarkan pelanggan membawa barang-barang lama mereka untuk mendapatkan pengembalian uang penuh dari produk-produk tersebut. Perusahaan retail L.L Bean telah sukses menjaring pelanggan setia dengan program tersebut, mengapa Anda tidak menirunya.

Sekarang Anda tak perlu bingung lagi menghadapi kegagalan customer loyalty program yang telah Anda buat. Lakukan langkah-langkah mudah di atas untuk membuat program loyalitas pelanggan Anda bekerja secara maksimal. Selamat mencoba!

Untuk urusan advertising bisnis, Anda dapat mempercayakan kepada Wificolony. Start up di bidang platform wifi marketing yang memberikan study case, solusi kreatif, dan penawaran terbaik untuk campaign Anda. Hubungi tim Wificolony sekarang juga untuk info lebih detail.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia