5 Teknologi untuk Meningkatkan Promosi Bisnis Perhotelan

Salah satu bisnis yang paling kompetitif di dunia industri adalah bisnis perhotelan. Para pelancong milenial semakin selektif dalam memilih kenyamanan hotel saat liburan. Jaringan hotelier, hotel butik hingga hotel budget, turut meramaikan kancah hospitality.

Untungnya, kini ada banyak teknologi hebat yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman para tamu menginap. Berikut adalah beberapa cara yang inovatif untuk meningkatkan pelayanan bagi tamu di hotel:

1. Membagikan Pembaruan Penting di Wall Video

Hotel bisa berbagi pembaruan penting dengan para tamu di area umum atau lift. Info bisa berupa hari libur nasional, event wisata, festival, atau laporan cuaca. Melalui dinding video digital, Anda bisa menyampaikan informasi menarik dengan tamu. Termasuk promosi dan diskon di tempat – tempat wisata lokal.

Wall video bisa menjadi sumber info yang praktis bagi para traveller dan tamu hotel untuk mengetahui apa saja atraksi wisata lokal dan tempat kuliner di kota destinasi. Jika para tamu ada yang tertarik, mereka bisa langsung bertanya pada resepsionis atau staf hotel.

2. Mempercepat Proses Check-In

Dengan akses internet, semua aktivitas jadi semakin cepat dan mudah. Mulai dari menyewa mobil hingga pesan tiket pesawat. Industri perhotelan juga tak boleh ketinggalan. Teknologi yang memudahkan proses check - in akan menjadi tren di masa depan. Para tamu bisa memilih sendiri ruangan, dan memakai smartphone untuk membuka pintu akses menuju kamar. Tak perlu lagi ke meja resepsionis saat check – in dan memegang kartu plastik sebagai kunci kamar.

Check – in digital yang sederhana dan praktis ini bisa membuat staf hotel lebih efektif. Karena tidak banyak melayani tamu di meja resepsionis, front – desk bisa memberikan layanan yang lebih maksimal. Misalnya memberi rekomendasi wisata di kota destinasi, atau membantu menangani masalah para tamu.

3. Tawarkan Semua Tamu Wi-Fi Gratis di Seluruh Hotel

Meskipun saat ini layanan Wi-Fi sudah sangat umum di sebagian besar jaringan hotel, namun tetap saja ada segelintir hotel yang menagih biaya untuk akses Wi-Fi para tamu. Kenyataannya, para tamu selalu mengharapkan Wi-Fi gratis. Mereka berharap koneksi internet di hotel memiliki kecepatan yang stabil dan bisa diandalkan.

Bahkan, 70% tamu menilai akses Wi-Fi gratis sebagai prioritas yang lebih penting dibandingkan lokasi hotel, parkir atau sarapan. Jadi, jika pihak hotel masih berpikir untuk membebani biaya Wi-Fi pada para tamu, sebaiknya mereka berpikir ulang.

Karena dari survey yang ada, para tamu akan memberikan rating yang kecil dan tidak segan mencari alternatif hotel lainnya yang menawarkan Wi-Fi gratis. Wi-Fi gratis juga harus bisa menangani acara besar seperti konferensi, meeting korporasi, atau event - event besar lainnya dengan kecepatan koneksi yang stabil. Selain itu, kapasitas bandwidth yang memadai juga harus dipertimbangkan, karena harus mampu menangani semua data yang dibutuhkan oleh para tamu hotel.

4. Kumpulkan Umpan Balik Dari Tamu

Kritik, saran atau masukan dari para tamu sangat penting untuk membangun dan meningkatkan kinerja hotel. Bisnis apa pun, akan berkembang maksimal jika selalu memperhatikan dan peduli dengan umpan balik atau masukan dari para pelanggan. Alat survey seperti kertas yang dimasukkan dalam kotak saran sudah tidak relevan di era digital.

Pihak hotel bisa memakai Wi-Fi atau aplikasi khusus dan situs web untuk mengadakan survey paperless dan mendapatkan tanggapan para pelanggan. Hasil survey ini dapat ditampilkan dalam satu database yang bisa dikelola untuk mengumpulkan data dan melacak tren respon pelanggan.

5. Pembaruan Soundscape Hotel

Suasana hotel akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan dengan memilih musik yang tepat. Hotel modern biasanya memilih musik yang berirama beat cepat. Sementara, resort fokus pada musik yang menentramkan dan menenangkan pikiran agar para tamu bisa lebih santai. Anda bisa memilih soundtrack berdasarkan hari, acara yang diadakan di hotel, atau bahkan musim liburan dengan musik yang tepat.

Semoga menambah inspirasi Anda dalam berbisnis. Hubungi tim Wificolony Whatsapp: 0811 218 7007 atau hello@wificolony.com untuk mengembangkan pelayanan bisnis Anda yang lebih optimal di era digital.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia