top of page

5 Cara Bisnis untuk Menunjukkan Kepedulian dan Apresiasi Terhadap Pelanggan

Bagi sebuah bisnis, pelanggan merupakan urat nadi kehidupannya. Bisnis Anda bisa bertahan dalam dinamikan apa pun dengan adanya dukungan para pelanggan. Namun, sayangnya masih banyak perusahaan yang tidak menggunakan kampanye efektif untuk berterima kasih kepada para pelanggan mereka.

5 Cara Bisnis untuk Menunjukkan Kepedulian dan Apresiasi Terhadap Pelanggan | Wificolony

Jangan sampai bisnis Anda melakukan kesalahan yang sama. Temukan beberapa cara bisnis berikut ini, untuk mengapresiasi para pelanggan dan menunjukkan “terima kasih” kepada orang – orang yang senantiasa membuat bisnis Anda berkembang.

Mengapa Apresiasi Terhadap Pelanggan Penting?

Apresiasi terhadap pelanggan bukan sekadar strategi bisnis yang penting. Siapa pun dalam kondisi apa pun bentuknya, setiap orang pasti akan senang jika dihargai dan diberikan apresiasi atas tindakannya yang positif.

Bisnis yang ingin selalu sukses, sudah seharusnya mengedepankan para pelanggan dan memprioritaskan kebutuhan mereka. Alasannya sederhana, mereka ingin tetap mendapatkan para pelanggan yang loyal dan tidak berpaling kepada pihak pesaing.

Cara untuk Menunjukkan Apresiasi Terhadap Pelanggan

Anda kini sudah tahu betapa penting membawa pelanggan tetap setia menggunakan merek Anda. Jadi, mari kita lihat beberapa cara untuk menunjukkan apresiasi terhadap para pembeli dan klien bisnis Anda:

1. Melacak pelanggan

Lebih selektif dalam mengenali siapa saja pelanggan terbaik dan loyal. Caranya, siapkan beberapa alat yang dapat mengelola hubungan pelanggan dan mengumpulkan info terkait data pelanggan. Misalnya, aplikasi khusus untuk mencatat info dan data pelanggan serta melacak kebiasaan mereka membeli produk bisnis Anda.

2. Tawarkan program loyalitas pelanggan

Sudah pasti program loyalitas pelanggan akan menjadi senjata efektif untuk mengidentifikasi dan memberikan apresiasi kepada pelanggan. Jika Anda ingin membuat program loyalitas pelanggan, pastikan untuk mengumpulkan data pelanggan dengan imbalan seperti souvenir atau voucher yang membuat pelanggan dengan senang hati akan memberikan data seperti nama, atau nomor telepon yang bisa dihubungi.

3. Memberikan hadiah secara berkala

Setelah Anda memiliki sistem untuk melacak kebiasaan para pelanggan, cobalah untuk merancang program hadiah yang bisa diberikan secara berkala. Misalnya, program hadiah tahunan, triwulanan, bulanan, dan sebagainya.

Untuk mengenali siapa saja pelanggan terbaik dan loyal, temukan pelanggan yang paling sering menghabiskan uangnya atau paling gemar berkunjung ke toko Anda. Hadiah yang bisa diberikan sangat bervariasi, di antaranya:

- Peningkatan layanan, menginap, atau pembelian berikutnya secara gratis

- Peningkatan atau fasilitas VIP

- Kupon dan diskon

- Souvenir atau merchandise gratis

- Akses eksklusif untuk berkunjung lebih awal sebelum toko atau tempat bisnis buka.

4. Mengundang event khusus

Tunjukkan apresiasi kepada para pelanggan dengan mengundang mereka ke acara event spesial. Misalnya, acara makan siang, makan malam, jalan santai atau pesta musik. Setiap pelanggan yang telah membeli produk senilai tertentu, akan mendapatkan undangan ke acara menarik yang menawarkan door prize atau pertunjukkan seni.

5. Unggah di media sosial

Platform digital masih menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menunjukkan apresiasi pelanggan, terutama melalui media sosial. Unggah foto dan nama pelanggan yang terbaik dan loyal di akun media sosial resmi merek bisnis Anda. Berterima kasihlah kepada pelanggan tersebut dengan membagikan akun media sosial mereka. Atau cukup tampilkan foto dan ucapan terima kasih dalam sebuah gambar poster yang diunggah ke media sosial agar mereka tahu bahwa bisnis Anda sangat menghargai mereka

Pelanggan adalah bagian terpenting dari bisnis. Tanpa mereka, kemungkinan merek atau brand Anda tidak akan bisa berkembang bahkan gagal eksis. Jadi, tunjukkan apresiasi pada pelanggan dengan beberapa tips di atas.

Hubungi tim Wificolony untuk membantu bisnis Anda memasarkan produk secara efektif dan efisien.

Recent Posts
bottom of page