Era Internet of Things (IoT): Pentingnya Fasilitas WiFi Management di Universitas

Perguruan tinggi atau universitas merupakan tempat di mana para pemimpin masa depan dibina dan dibentuk. Lebih dari puluhan juta mahasiswa menghabiskan sebagian besar waktunya di kampus. Berjam – jam menghabiskan waktu di kelas atau ruang kuliah, perpustakaan, taman hingga kantin. Mereka tentunya mengharapkan adanya fasilitas WiFi yang cepat untuk mencari informasi di internet.

Dilaporkan bahwa pada tahun 2020, lebih dari $1 triliun dollar atau setara dengan sekitar Rp 14 Quadrilion Rupiah dikeluarkan untuk mengembangkan perangkat IoT di kampus perguruan tinggi negara maju. Dengan lalu lintas akses data internet yang padat, terkadang jaringan Wi-Fi bisa melambat. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dipertimbangkan untuk menyediakan jaringan nirkabel yang aman dan handal di kampus perguruan tinggi.

1. Monitor Jaringan Wi-Fi

Pastikan WiFi Management platform memungkinkan pihak kampus mendapatkan akses perangkat lunak untuk memantau jaringan dan statistik kinerja jaringan secara real-time. Laporan statistik fungsional dan kinerja jaringan dapat ditampilkan berdasarkan kebutuhan harian atau mingguan sehingga Anda mendapatkan informasi terkini tentang status jaringan Wi-Fi. Hal ini akan memudahkan penanganan dan identifikasi ketika jaringan Wi-Fi terdapat kendala dan segera menemukan solusi untuk diperbaiki dalam waktu singkat.

Selain itu, penyedia jasa WiFi Management platform harus menawarkan monitoring selama 24/7 yang dapat terhubung ke setiap komponen jaringan dalam bisnis Anda. Nilai dari alat monitoring ini sangat berharga, mengingat visibilitas dan pengetahuan tim WiFi Management platform yang sudah berpengalaman sehingga mereka bisa menginformasikan kepada tim IT di kampus sebagai pengelola jaringan Wi-Fi apabila terdapat kendala.

2. WiFi Management

Banyak masalah yang terjadi pada sistem WLAN dapat diprediksi dengan alat analisis WiFi yang tepat. Ini artinya, Anda bisa secara proaktif mencegah kendala dan mempertahankan konektivitas Wi-Fi yang stabil untuk semua jenis perangkat.

Setiap komponen sistem WLAN memiliki perangkat lunak yang perlu dikelola dan diperbarui. Nah, penyedia jasa WiFi Management platform akan membantu dan memeriksa kinerja jaringan Anda secara berkala. Hal ini akan meminimalisir kerusakan perangkat dan biaya operasional keseluruhan. Jika terdapat kendala, Anda bisa menghubungi tim Wi-Fi management platform dan bekerja sama untuk menyelesaikan kendala jaringan.

3. Mengukur Pengalaman Pengguna

Alat monitoring jaringan konvensional hanya mengukur kinerja jaringan semata. Tetapi, ukuran keberhasilan adalah pengalaman pengguna (User Experience). WiFi Management platform akan mengukur kinerja WiFi dan menghubungkan data dari perspektif para pengguna. Meskipun layanan WiFi terkelola dengan baik, tetapi sangat penting untuk memperhatikan masalah keamanan, kestabilan dan kecepatan konektivitas. Karena ketiga desain inilah yang sangat diharapkan oleh para pengguna.

Nah, jika kampus Anda ingin menjalankan teknologi WiFi management di era Internet of Things, langkah ini sudah tepat. Saatnya untuk meningkatkan layanan Wi-Fi di kampus perguruan tinggi dengan teknologi yang lebih modern. Karena dari tahun ke tahun, tentu jumlah para pengguna fasilitas Wi-Fi akan semakin meningkat di universitas.

Bila Anda ingin meningkatkan layanan WiFi Management platform yang modern untuk instansi pendidikan Anda, jangan ragu menghubungi tim Wificolony melalui Whatsapp: 0811 218 7007. Kami siap mendukung layanan dan desain WiFi management yang reliable dan aman untuk kampus perguruan tinggi.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia