Benefit Menyediakan Wi-Fi Gratis pada Hotel

Selama beberapa tahun terakhir, hampir semua hotel dan resort dihadapkan pada masalah teknologi dan layanan pelanggan yang sama. Yaitu, bagaimana cara meningkatkan infrastruktur Wi-Fi sehingga para tamu bisa menikmati akses internet yang cepat dan stabil tanpa ada batasan waktu.

Secara umum, hotel masih lemah dalam memberikan kualitas layanan koneksi internet. Hal ini karena biaya untuk memperbaiki infrastruktur jaringan tidak seimbang dengan pendapatan yang dihasilkan. Tidak heran, ada beberapa hotel yang kemudian membebankan biaya tertentu untuk layanan Wi-Fi.

Bila kenyataannya seperti itu, bagaimana para pelaku bisnis perhotelan dapat menghasilkan pendapatan dari layanan Wi-Fi gratis? Jawabannya sederhana, dengan teknologi Wi-Fi Social. Ada tiga langkah yang bisa dilakukan yakni mengakses, menganalisa dan tindakan. Berikut ulasannya, simak terus ya.

Mengakses

Memberikan akses sederhana dan mudah ke layanan Wi-Fi gratis Anda adalah kuncinya. Izinkan tamu masuk hanya satu kali ke layanan Wi-Fi menggunakan saluran media sosial favorit. Misalnya seperti Instagram, Facebook, Google Plus, dll.

Para tamu sengaja didorong agar terhubung ke akun media sosial atau akun page hotel yang secara otomatis akan meningkatkan jumlah fans page dan memberikan visibilitas hotel semakin meningkat. Para tamu juga akan terbiasa terhubung ke Wi-Fi dengan cara ini, terutama para wisatawan yang ada di bandara.

Menganalisa

Tahap kedua adalah menganalisa. Saat tamu menikmati akses internet berkecepatan tinggi, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang tamu Anda. Entah itu, dari sisi demografi, minat tamu, berapa lama mereka online, dan apa alamat emailnya.

Data yang diperoleh dari para tamu yang sudah terhubung ke layanan Wi-Fi management kemudian dapat diolah sebagai target kampanye pemasaran hotel. Selain itu, dapat dipakai tim marketing untuk menawarkan layanan dan promosi yang lebih sesuai dengan kebutuhan setiap tamu (personalisasi).

Tindakan

Setelah Anda memiliki data dan informasi tentang tamu yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, sekarang saatnya mengambil tindakan. Pertama, langsung dari halaman pendaftaran, Anda dapat mempromosikan acara atau promosi khusus yang saat ini sedang berlangsung.

Dengan mengetahui pada jam – jam berapa saja mayoritas tamu terhubung koneksi Wi-Fi, Anda juga bisa membuat para tamu mengetahui apa yang sedang digelar di hotel atau hanya meminta para tamu untuk memberikan umpan balik (feedback), kritik, saran, komentar tentang pelayanan hotel selama mereka menginap. Kemudian, komentar – komentar ini dapat Anda minta agar dibagikan ke Google Plus, Facebook, atau Tripadvisor.

Cara lain untuk menghasilkan pendapatan adalah memberikan peluang iklan pada perusahaan lain yang memiliki jasa atau produk untuk ditampilkan melalui Wi-Fi hotel. Misalnya seperti agen travel wisata, rental mobi atau bus pariwisata, transportasi online, dan lain – lain.

Singkatnya, dengan memakai teknologi Wi-Fi management, Anda tidak hanya membuat tamu lebih mudah terhubung internet, tetapi juga bisa memasarkan dan mengumpulkan data yang penting bagi sasaran pemasaran hotel. Data – data yang diperoleh dari para tamu ini, sebagian besar adalah akurat karena dapat diintegrasikan dengan nomor ponsel, akun email, atau akun media sosial yang umumnya satu orang hanya memiliki satu akun yang dipakai.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia